Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa yang Ampuh

Diposting pada

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa yang Ampuh – Puasa dan kulit kering seolah menjadi dua hal yang tidak terpisahkan. Pancaran cahaya matahari yang terik beradu dengan kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Membuat kulit kering seakan menjadi hal yang sulit untuk dihindarkan. Namun tak perlu khawatir kali ini kami berikan untuk anda tips mengatasi kulit kering saat bulan puasa yang ampuh. Penasaran seperti apa? Simak dibawah ini informasinya.

Ibadah puasa adalah ibadah wajib yang dijalankan oleh seluruh umat Islam di semua belahan dunia. Tidak makan dan minum mulai dari fajar sampai dengan terbenam matahari akan wajar membuat kulit mudah kering. Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh akan rentan membuat anda terkena dengan masalah kulit kering dan pecah-pecah.

Bila dibiarkan begitu saja masalah kulit kering akan dapat menimbulkan kondisi yang tidak nyaman. Hal ini pun akan dapat membuat anda kurang percaya diri dengan tampilan kulit saat ini. Akan tetapi tak perlu khawatir kali ini kami akan berbagi tips mengatasi kulit kering saat bulan puasa yang ampuh. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini. Baca juga: Cara Merawat Kulit Wajah Agar Terhindar dari Dehidrasi

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa yang Ampuh

 

Tips Mengatasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa yang Ampuh

Sebagai wanita yang selalu ingin berusaha tampil cantik dan menarik. Masalah kulit kering akan mungkin membuat anda tidak percaya diri dengan kondisi ini. Akan tetapi, disamping lain ibadah puasa adalah kewajiban utama yang harus anda jalani dengan baik.

Nah, untuk mengatasi masalah ini sebenarnya puasa tidak bisa menjadi alasan untuk anda mengabaikan kondisi ini. Sebab pada kenyataannya ibadah puasa pun ada waktunya untuk anda berbuka. Nah, pada saat inilah perawatan kulit dari dalam dan dari luar akan dapat anda maksimalkan. Penasaran seperti apa? Mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Gunakan Pelembab yang Tepat

Memilih pelembab kulit yang tepat adalah langkah utama yang harus anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan masalah kulit kering diakibatkan karena kulit yang kehilangan kelembabannya akibat kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Masalah ini perlu diatasi dengan baik sejak saat ini sebelum memburuk dan lebih parah.

Oleh karenanya, untuk mengatasi masalah kulit kering selama puasa maka perhatikan penggunaan pelembab. Silahkan pilih pelembab kulit yang tepat yang memang cocok untuk jenis kulit anda. Hal ini akan dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang akan membuatnya menjadi lebih kering.

Sementara itu, untuk menghindari efek samping dari penggunaan pelembab kulit yang kurang aman. Maka sebaiknya perhatikan penggunaan pelembab yang bisa anda cocokan dengan jenis kulit anda.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Salah satu faktor utama yang umum yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kulit kering selama puasa adalah kurangnya asupan cairan. Tidak makan dan minum selama satu harian penuh akan wajar membuat anda rentan mengalami masalah kulit kering. Akan tetapi, ini bukan alasan anda tidak dapat merawat kulit dengan baik selama puasa.

Kebutuhan cairan selama menjalankan ibadah puasa akan dapat anda penuhi pada saat sahur dan berbuka. Diwaktu inilah tidak ada alasan untuk anda mengabaikan asupan cairan kedalam tubuh. Untuk itu, perhatikan asupan cairan dengan baik. Minimal anjuran cairan yang direkomendasikan adalah 8 gelas air mineral dalam satu hari.

Takaran ini akan dapat anda bagi pada saat sahur dan berbuka. Dengan begini saat anda mampu mengasup kebutuhan cairan dengan baik maka masalah kulit kering karena kekurangan cairan akan dapat diatasi dengan lebih baik.

Hindari Makanan Beminyak

Konsusmi makanan yang digoreng dengan kandungan minyak yang berlebihan memang hal yang wajar. Memuaskan hasrat lapar dengan aneka jenis makanan yang anda inginkan pada saat berbuka memang menyenangkan. Apalagi jika hal ini dapat anda lakukan dengan sesuka hati. Tentunya kegiatan berbuka akan semakin semarak dan nafsu makan pun semakin meningkat.

Akan tetapi, menyantap makanan dengan kandungan minyak berlebihan pada saat Ramadhan sebenarnya bukanlah hal yang dianjurkan. Sebab konsumsi makanan ini akan dapat membuat anda cepat merasa haus. Selain itu, makanan dengan kandungan minyak berlebihan akan cenderung membuat anda mudah dehidrasi.

Oleh karenanya, sebaiknya perhatikan untuk tidak mengabaikan anjuran untuk tidak menyantap makanan yang digoreng secara berlebihan. Apalagi untuk anda yang saat ini menghadapi masalah dengan kulit kering yang menyiksa.

Kurangi Asupan Susu, Kafein dan Soda

Terlalu banyak mengkonsumsi susu diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat yang rentan pada wajah. Bukan hanya itu, konsumsi minuman bersoda dan kafein pun akan dapat menyerap mineral yang didapatkan oleh tubuh. Sehingga kondisi ini akan berdampak kurang baik untuk kesehatan anda.

Faktanya bahkan mengkonsumsi soda membuat tubuh hanya dapat menyerap sebanyak 20 sampai dengan 30 persen saja. Sedangkan mengkonsumsi jus buah membaut tubuh dapat menyerapnya hingga 50 persen sampai dengan 60 persen saja.

Jadi demikian, perhatikan asupan susu, soda dan kafein selama bulan puasa. Membuka menu berbuka puasa dengan segelas kopi hangat atau susu soda yang dingin mungkin menyenangkan. Akan tetapi, dampak ini akan kurang baik untuk kesehatan. Jadi demikian, pertimbangkan kembali masalah ini dengan baik. Jangan sampai asal enak dimakan namun dampak yang anda rasakan pada tubuh akan sangat merugikan.

Lakukan Rutinitas Perawatan Kulit Dasar

Selama puasa hanya karena aktivitas yang anda lakukan pada masa ini tidak seaktif seperti hari biasa. Lantas hal ini membuat anda bebas mengabaikan perawatan kulit tentu saja bukan hal yang baik. Justru sebaliknya, perubahan pola makan dan jam makan pada saat puasa akan mungkin berpengaruh terhadap kesegaran dan kekencangan kulit anda.

Hal inilah yang membuat perawatan kulit justru penting dilakukan pada saat bulan puasa. Oleh karenanya maka perhatikan kembali untuk tidak mengabaikan perawatan kulit selama bulan puasa.

Sebaliknya, tetap jaga kulit anda dengan rajin mencuci muka. Selain itu, menerapkan cleanser, pelembab wajah, toner dan sebagainya sebaiknya tetap dilakukan. Sebab dengan begini maka kecantikan wajah anda akan senantiasa terjaga. Sehingga masalah kulit kering akan dapat anda atasi dengan baik pada masa ini.

Jaga Perawatan Kulit Di Malam Hari

Menggunakan krim malam atau pelembab pada malam hari adalah hal penting yang harus anda perhatikan dengan baik. Selain menutrisi kulit dengan lebih baik, perawatan kulit malam hari pun akan sangat menunjang kesehatan kulit. Apalagi pada saat ini proses peremajaan dan regenerasi kulit akan berlangsung dengan baik. Memberikan nutrisi dari perawatan kulit malam akan menjaga kecantikan kulit dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa informasi tentang mengatasi kulit kering ketika puasa yang ampuh. Semoga informasi diatas akan dapat anda terapkan dengan mudah ketika menjalani puasa nanti. Sehingga demikian masalah kulit kering akan dapat anda cegah dengan baik.