10+ Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami Yang Paling Aman

Diposting pada

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat – Sepertinya tidak akan ada habisnya jika kita berbicara tentang jerawat. Ia akan terus tumbuh dan mati didalam kulit kita sebagaimana yang ia mau. Untuk mencegahnya, tentu dibutuhkan cara yang ekstra seperti yang akan kami sajikan berikut ini!

‘Jerawat’ kata yang sudah tidak asing lagi untuk kita dengar terutama bagi para wanita. Jerawat dapat dikatakan seperti sebuah teror yang dapat menyerang siapa saja yang ia mau. Jika seseorang baik wanita ataupun pria dapat bertingkah luar biasa dan uring-uringan bahkan sampai marah-marah takala jerawat timbul di wajahnya.

Jerawat yang sedang panen didalam wajah kita tentu akan sangat mengganggu penampilan kita. Selain itu, membuat kita tampil tanpa rasa percaya diri, kan?

Faktanya, memang jerawat adalah suatu penyakit wajah yang biasa dialami oleh sebagian besar orang. Kemunculan penyakit wajah ini memang membuat kita malu untuk tampil diluar sana. Intinya, jerawat adalah penyakit wajah yang sangat mengganggu bagi setiap orang terlebih yang mempunyai kulit sensitif.

Penyebab Timbulnya Jerawat

tips mencegah timbulnya jerawat

Jerawat datang tentunya bukan tidak ada sebab sama sekali melainkan ada faktor pemicu yang menyebabkan teror jerawat ini muncul di wajah Anda. Tentunya, Anda harus mengenali faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab timbulnya jerawat. Setelah kita tahu, besar kemungkinan kita akan menjauhi penyebab jerawat tersebut muncul diwajah kita.

Jerawat pada umumnya disebabkan oleh gangguan kondisi kulit akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan sehingga dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran pori-pori kulit dan saluran folikel rambut. Biasanya, bagian tubuh yang rentan akan kemunculan jerawat diantaranya muka, punggung, tubuh bagian atas lengan dan dada.

Untuk itu, daripada Anda sibuk kesana kemari mencari solusi cara merawat wajah agar jerawat tersebut tidak timbul lagi, alangkah baiknya jika Anda mengetahui penyebab timbulnya jerawat berikut ini!

Perubahan Hormon

Penyebab timbulnya jerawat yang satu ini memang tidak bisa diabaikan. Perubahan hormon terutama pada wanita semenjak ia memasuki usia puber dan saat mengalami siklus menstruasi. Kondisi ini memang harus diterima oleh wanita dengan timbulnya jerawat yang tiba-tiba meradang. Tentunya, perubahan hormon yang ada pada tubuh seseorang dapat berakibat pula pada wajah Anda.

Pada umumnya perubahan hormon terjadi akibat kulit wajah memproduksi minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori pada wajah sehingga kotoran akan hidup didalamnya dan muncul menjadi jerawat. Pada wanita yang sudah menikah, jerawat dapat timbul karena penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB. Maka dari itu, setiap orang pasti mengalami masa dimana kulit wajah berjerawat karena perubahan hormon pada tubuh. Baca juga: Cara Mengatasi Jerawat Pada Ibu Hamil yang Aman

Kurangnya Kebersihan Kulit

Faktor kebersihan memang sangat utama dalam hal apapun. Kurangnya memperhatikan kebersihan wajah dapat menjadi langkah awal bagi jerawat timbul diwajah Anda. Tersumbatnya pori-pori pada wajah merupakan faktor utama penyebab timbulnya jerawat. Pori-pori yang tersumbat ini biasanya diakibatkan oleh pemakaian makeup yang tidak dibersihkan dengan cepat serta kotoran yang terus menumpuk pada wajah.

Anda jangan heran jika dengan tiba-tiba jerawat muncul diwajah Anda ketika Anda lupa membersihkan wajah Anda terutama setelah beraktifitas diluar ruangan. Debu, kotoran dan polusi kendaraan tentunya memiliki andil untuk menyumbat pori-pori wajah Anda. Jika Anda membersihkan wajah secara teratur, kemungkinan jerawat untuk hinggap di wajah kita sangatlah kecil.

Jenis Kulit

Tidak dapat dipungkiri bahwa jenis kulit menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Tentunya, kita sering melihat seseorang dengan jenis kulit yang sensitif sangat rentan memiliki wajah yang berjerawat. Jenis kulit yang berminyak tentu memiliki potensi yang sangat besar dalam timbulnya jerawat.

Jika Anda memiliki jenis kulit yang berminyak dan sensitif, tentu Anda harus berhati-hati karena kemungkinan besar jerawat akan meradang di wajah Anda. Pada umumnya, produksi minyak pada kulit wajah ditambah dengan kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat memperparah kulit wajah Anda. Memang, jerawat dapat timbul pada jenis kulit wajah yang berminyak, namun tidak menutup kemungkinan pula bagi kulit kering ataupun kulit normal.

Genetik

Penyebab wajah berjerawat tentu tidak dapt dipisahkan dengan faktor genetik dimana faktor ini disebabkan oleh pengaruh dari keluarga. Faktanya, jika orangtua mempunyai wajah yang berjerawat, maka tidak menutup kemungkinan bagi anaknya untuk mengalami hal yang sama. Faktor genetik ini dapat disebut sebagai faktor keturunan yang biasanya sangat sulit untuk diatasi maupun dicegah.

Tentu, faktor genetik bukan berarti Anda tidak bisa melakukan tips timbulnya jerawat, namun dengan kebiasaan dan gaya hidup yang baik, makan sedikitnya dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah Anda.

Paparan Sinar Matahari

Berbagai masalah kulit wajah memang tidak bisa dipisahkan dengan penyebab yang satu ini. Paparan sinar matahari tentu dapat berakibat buruk bagi kulit wajah Anda. Selain mengakibatkan kekusaman dan hitam pada kulit, sinar matahari langsung juga dapat mengakibatkan produksi minyak yang berlebih pada wajah Anda sehingga memproduksi keringat yang berlebih.

Dalam kondisi ini, maka tidak menutup kemungkinan jika minyak dan keringat bersatu ditambah dengan debu yang menempel pada wajah Anda, lambat laun akan menyebabkan wajah Anda berjerawat. Untuk itu, selalu hindari paparan matahari langsung dengan outfit yang dapat Anda pakai ketika berada diluar ruangan.

Makanan

tips mencegah timbulnya jerawat

Jangan heran jika kami memasukkan makanan kedalam salah satu penyebab kulit wajah berjerawat. Pasalnya, makanan yang kita konsumsi dapat berakibat fatal bagi kulit wajah kita. Tentunya, bukan hanya makanan yang berminyak dan berlemak yang dapat menimbulkan jerawat, tetapi makanan berjenis pedaspun dapat menyebabkan datangnya jerawat secara tiba-tiba.

Bagi Anda penyuka makanan pedas,  Anda harus berhati-hati terlebih jika wajah Anda cenderung berjerawat. Faktanya, makanan terutama yang pedas dapat memicu timbulnya keringat berlebih yang bersatu dengan minyak pada kulit wajah Anda. Untuk itu, jagalan makanan Anda dengan mengonsumsi makanan pedas dengan porsi yang lebih sedikit dari biasanya jika didapati jerawat pasca makan makanan pedas.

Penggunaan Makeup Yang Berlebihan

Tentunya, jika Anda sudah mengetahui jenis kulit wajah Anda, maka Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan makeup yang berlebihan. Hal ini selain membuat wajah Anda cenderung rusak, penggunaan makeup yang berlebihan akan menimbulkan efek yang tidak kita inginkan.

Memang, jika kita menggunakan makeup dengan wajar dan tidak berlebihan serta diperhatikan dalam hal kebersihannya, tentu timbulnya jerawat pada wajah Anda dapat diminimalisir. Jika kita menggunakan makeup secara berlebihan, maka besar kemungkinan makeup akan menempel pada wajah kita dan akan menjadi sarang menumpuknya kotoran pada pori-pori kulit wajah kita. Cepat atau lambat, maka wajah kita akan berjerawat.

Stress

Seseorang yang mengalami tingkat stress yang tinggi sangat rentan terkena jerawat. Pada umumnya orang yang mengalami depresi atau stres yang disebabkan oleh pekerjaan atau hal apapun itu, maka metabolisme dalam tubuh menjadi terganggu pula. Tentu saja, jika seseorang mengalami tingkat stres yang tinggi, maka inilah faktor pemicu timbulnya jerawat pada wajah Anda.

Terjadinya Infeksi

Penyebab timbulnya jerawat pada wajah karena infeksi memang kerap terjadi pada sebagian orang. Infeksi ini dapat terjadi karena wajah mengalami masalah komedo yang terbilang cukup berat. Terkadang orang-orang tidak sadar ketika mereka memencet komedo menggunakan tangan yang justru akan menimbulkan infeksi sehingga kuman dan bakteri menempel pada bagian wajah yang lain sehingga tumbuh jerawat yang tidak kita diinginkan.

 

Tips Mencegah Timbulnya Jerawat

tips mencegah timbulnya jerawat

Anda pasti akan melakukan apapun sebagai tips mencegah timbulnya jerawat baik secara alami maupun modern. Sebagian besar wanita kerap melakukan perawatan wajah modern demi mendapatkan kulit yang mulus dan terbebas dari jerawat. Mereka rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang cukup besar demi melakukan perawatan kecantikan.

Namun, tidak jarang perawatan kecantikan modern justru akan memperparah wajah Anda. Menggunakan pelembab dan krim yang saat ini tengah marak dipasaran menjadi pilihan alternatif bagi wanita. Akan tetapi, penggunaan krim berjerawat pun akan mengakibatkan kulit wajah Anda lebih parah. Maka dari itu, kami menyarankan untuk melakukan tips mencegah timbulnya jerawat secara alami. Sesuatu yang alami memang tidak akan kita dapatkan dengan instan, namun tentunya tidak akan ada efek yang ditimbulkan oleh sesuatu yang alami. Semuanya akan tergantung  pada keuletan dan kerajinan kita dalam menjalankannya.

Berikut cara dan tips mencegah timbulnya jerawat secara alami yang harus Anda lakukan demi mendapatkan wajah yang Anda inginkan!

Perhatikan Kebersihan Wajah

Kebersihan wajah memang harus dilakukan oleh setiap orang, tidak hanya orang yang mempunyai wajah yang berjerawat karena ini menjadi faktor utama timbulnya jerawat pada wajah. Membersihkan wajah setiap hari memang sangat dianjurkan bagi setiap orang. Hal ini tentunya dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menumpuk pada wajah akibat dari radikal bebas ataupun polusi udara.

Dengan membersihkan wajah secara teratur, maka sel-sel kulit mati dan produksi minyak berlebih pada wajah tentu akan berkurang. Anda juga harus memperhatikan berbagai hal jika hendak membersihkan wajah. Sebaiknya Anda gunakan air hangat dan juga facial wash pilihan Anda yang cocok untuk kulit wajah Anda. Jangan sampa Anda salah memilih sabun muka yang justru mengandung banyak bahan kimia didalamnya. Selain berbahaya bagi kulit, zat kimia juga dapat menyebabkan iritasi dan luka pada kulit wajah Anda.

Anda juga dilarang untuk menggosok kulit wajah Anda dengan handuk dan sponge yang bertesktur keras karena dapat menyebabkan kulit wajah Anda menjadi lebih kasar. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan handuk lembut setelah mencuci muka Anda dan gunakan pembersih antibakteri paling tidak dua kali sehari terutama setelah melakukan aktifitas diluar ruangan.

Konsumsi Air putih

Terdengar klise memang jika memasukkan air putih kedalam tips mencegah timbulnya jerawat, namun tidak bisa dipungkiri akan kegunaan dan segudang manfaat dari air ini. Dengan mengonsumsi air putih dalam takaran yang terbilang banyak, maka akan membantu Anda utnuk melarutkan lemak dan minyak berlebih didalam wajah Anda.

Rajin Berolahraga

Lagi, lagi, olahraga dimasukkan kedalam tips mencegah timbulnya jerawat. Anda jangan mengira bahwa olahraga hanya membuat tubuh kita lebih sehat, namun manfaat yang kita peroleh dari olahraga selain membuat kulit tubuh kita menjadi lebih sehat. Dengan melakukan olahraga yang teratur dapat menjadi tips mencegah timbulnya jerawat. Tidak bisa dipungkiri memang kita sangat malas untuk melakukan gerak tubuh kita, padahal olahraga sangat mudah untuk dilakukan, cukup dengan berlari, tentu Anda sudah melakukan gerakan pada tubuh Anda.

Jangan Menyentuh Muka Terlalu Sering

Ini termasuk kedalam tips larangan yang jangan dilakukan oleh Anda. Wajah yang berjerawat timbul karena permukaan kulit yang kotor dan debu yang menempel pada pori-pori kulit. Untuk itu, Anda harus menghindari kontak langsung antara tangan dengan wajah Anda.

Tangan yang kotor jika ditempelkan pada wajah akan memicu timbulnya jerawat terlebih jika wajah Anda sensitif. Ketika jerawat timbul pada wajah Anda, sebaiknya Anda menghindari untuk tidak memencet jerawat tersebut dengan tangan karena akan memperparah kondisi wajah Anda.

Jangan Mengaplikasikan Makeup Yang Berlebihan

tips mencegah timbulnya jerawat

Jika Anda termasuk seorang wanita yang suka berdandan, sebaiknya Anda mengaplikasikan makeup pada wajah sewajarnya saja. Terlebih lagi Anda harus selektif dalam memilih makeup terutama bagi jenis wajah yang  berminyak.

Wajah yang berminyak jika ditempeli dengan makeup yang tebal, maka kemungkinan besar sisa-sisa makeup tersebut akan masuk kedalam pori-pori kulit wajah Anda sehingga menyebabkan penyumbatan pada kulit wajah. Jika setelah Anda memakai makeup, sebaiknya Anda secepat mungkin untuk membersihkan wajah Anda dengan sabun.

Aplikasikan Obat Jerawat

Dalam pemilihan obat jerawat, ada baiknya Anda memilih obat jerawat diapotek meskipun tanpa resep dokter. Obat jerawat dari apotek mungkin terbilang lebih aman daripada obat jerawat yang beredar saat ini dipasaran.

Namun, menggunakan obat jerawat dengan baham alami menjadi tips mencegah timbulnya jerawat yang sangat direkomendasikan untuk Anda lakukan.

Obat jerawat alami yang dikenal ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat adalah madu. Anda cukup oleskan madu asli hanya kedalam jerawat yang sedang meradang. Diamkan beberapa menit sampai madu tersebut kering, lalu bilas dengan air bersih.

Menggunakan Masker Alami

Tips mencegah timbulnya jerawat secara alami juga harus dilakukan pada penggunaan masker wajah. Anda dapat merawat wajah dengan membuat masker alami terutama dari buah-buahan. Anda dapat mengaplikasikan masker buah-buahan ini dengan mudah tanpa harus pergi ke dokter kecantikan ataupun ke salon.

Adapun buah-buahan yang bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih yaitu alpukat. Anda dapat membuat masker buah alpukat ini dengan sangat mudah, cukup dengan memblender buah alpukat tersebut, lalu campurkan dengan minyak zaitun. Selain sebagai penyerap minyak berlebih pada wajah, kedua bahan tersebut berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit serta menghaluskan permukaan kulit.

Konsumsi Makanan Yang Seimbang

Makanan yang seimbang disini tentunya jenis makanan yang dapat mencegah timbulnya jerawat. Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan lemak dan minyak yang tinggi karena akan mengakibatkan produksi minyak berlebih pada wajah Anda. Konsumsi banyak buah dan sayur untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh dan juga kulit Anda.

Istirahat Yang Cukup

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, istirahat yang cukup dan teratur dapat dikatakan sebagai tips mencegah timbulnya jerawat secara alami dan sangat mudah untuk dilakukan. Sebaiknya Anda tidur selama 7-8 jam perhari secara teratur agar dipagi hari wajah dan tubuh Anda lebih bugar.

Hindari tidur terlalu larut malam dan bergadang karena akan menimbulkan wajah kusam, mata panda dan jerawatan.

Gunakan Pelembab

Wajah dengan produksi minyak berlebih tentunya membutuhkan krim yang dapat membuat wajah lebih lembab. Anda sebaiknya menggunakan krim wajah atau pelembab wajah yang sekiranya cocok dan sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan pelembab setiap kali akan melakukan aktifitas diluar rumah atau setelah wajah dibersihkan.

Merawat wajah dengan tips mencegah timbulnya jerawat secara alami memang tidak akan menunjukkan hasil yang sangat instan. Akan tetapi, dengan ketekunan dan ketelatenan kita dalam merawatnya, justru akan mendapatkan hasil yang kita inginkan meskipun dalam waktu yang cukup lama, namun tentunya aman bagi wajah Anda. Semoga tips mencegah timbulnya jerawat secara alami diatas dapat bermanfaat untuk Anda.  Jangan lupa untuk mengaplikasikan cara dan tips ini dirumah ya!