Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah yang Kering dan Menghitam

Diposting pada

Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah yang Kering dan Menghitam – Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami bibir pecah-pecah yang kering dan timbul kehitaman. Kondisi ini seringkali berpengaruh terhadap rasa percaya diri seseorang dan membuat mereka terkadang salah tingkat dengan hal ini. Mari simak tips atasi bibir pecah-pecah yang kering dibawah ini.

Sebagian wanita mengira bahwa bibir pecah-pecah yang kering hanya datang pada saat musim panas saja. Sehingga ketika kondisi serupa dialami umumnya membuat mereka menyalahkan perubahan musim dan cuaca yang terlalu panas.

Panas bibir pecah-pecah dapat muncul kapan saja, bahkan termasuk dengan musim hujan dengan cuaca yang cenderung lembab. Lalu sebenarnya apa itu penyebab dari bibir pecah-pecah yang kering dan menghitam?

Bibir memiliki kondisi kulit yang lebih unik dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Bagian ini tidak dibekali dengan kelenjar minyak untuk bisa menjaga kelembabannya dengan baik. Itulah mengapa ketika bagian bibir terkena dengan paparan sinar matahari sedikit saja maka bibir akan mudah mengering dan pecah-pecah. Baca juga: Tips Memerahkan Bibir Secara Alami Kurang dari 24 Jam

Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah yang Kering dan Menghitam

Tips Atasi Bibir Pecah-Pecah yang Kering dan Menghitam

Akan tetapi, selain pengaruh dari paparan sinar matahari yang membuatnya kering. Bibir pecah-pecah pun dapat disebabkan oleh pemicu lainnya. Misalkan kebiasaan seseorang sering menjilati bibir atau menggigit bibir. Namun tak perlu khawatir dibawah ini kami berikan tips atasi bibir pecah-pecah yang kering dan menghitam agar kembali merona.

Hindari Kebiasaan Menjilat Bibir

Terkadang pada saat bibir terasa kering seseorang akan secara otomatis menjilat atau menggigit bibirnya. Hal ini pada umumnya dilakukan untuk melembabkan bibir dengan cepat. Akan tetapi, sebenarnya hal ini bukanlah solusi yang baik untuk kesehatan.

Menjilat bibir untuk menjadikannya lebih lembab justru malah semakin membuat bibir kering. Oleh karenanya, sebaiknya kurangi kebiasaan menjilati bibir mulai saat ini. Meski terkadang bibir yang kering terasa kurang nyaman dan menyenangkan. Namun menjilatnya pun tidak menjadikan bibir anda lebih baik.

Gunakan Pelindung Bibir

Hal lain yang penting dalam mengatasi bibir pecah-pecah yang kering adalah dengan menggunakan pelindung bibir. Salah satunya adalah dengan menggunakan lips balm. Hanya saja, dalam rangka menjaga kesehatan bibir dengan lebih baik maka perhatikan pula untuk memilih lip balm dengan tabir surya yang baik untuk memerahkan bibir. Dengan begini maka bibir anda akan bisa mendapatkan perlindungan yang optimal.

Selain itu, perhatikan pula untuk menggunakan produk yang aman dan sesuai dengan kulit anda. Hindari memilih bahan produk dengan kandungan bahan kimia yang terlalu banyak. Sebab hal ini bisa mungkin beresiko membuat bibir semakin menghitam.

Penuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Selain beberapa hal diatas, hal lain yang juga penting anda perhatikan dalam memastikan kelembaban bibir terjaga dengan baik adalah memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Hal Ini dikarenakan pada saat cairan tubuh tercukupi maka kelembaban kulit anda pun akan ikut terlindungi, termasuk dengan kelembaban bibir.

Nah, oleh karenanya perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Pastikan anda mendapatkan asupan air mineral kedalam tubuh untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi. Jadi dengan begini masalah bibir pecah-pecah yang kering akan dapat diatasi dengan lebih baik dan lebih mudah.

Hindari Pemicu Alergi

Pada saat mengatasi masalah bibir pecah-pecah maka sebaiknya perhatikan kembali penggunaan bahan kosmetik atau bahan-bahan lain langsung pada bagian kulit. Hal ini dikarenakan sebagian orang mungkin menunjukan reaksi alergi terhadap beberapa bahan kosmetik, pelembab bibir atau mungkin bahan berbahan pewangi.

Untuk membantu anda mengetahui reaksi alergi pada kulit, maka hindari menggunakan secara langsung produk yang akan anda pakai. Sebaliknya, lakukan uji coba terlebih dahulu pada bagian kulit yang dianggap sensitive. Tunggu beberapa saat sebelum anda memutuskan untuk menggunakan produk tersebut.

Bila anda menjumpai reaksi alergi seperti gatal, kemerahan atau rasa panas yang membakar pada kulit. Maka kondisi ini menandakan adanya reaksi alergi. Bila anda menjumpai kondisi ini maka sebaiknya perhatikan untuk tidak melanjutkan penggunaan bahan.

Bernapas Melalui Hidung

Cara lain yang akan dapat anda lakukan untuk mengatasi bibir merah yang pecah-pecah adalah dengan bernapas melalui hidung. Beberapa orang mungkin lebih senang bernapas menggunakan mulut. AKan tetapi, tahukah anda kondisi ini akan dapat membuat bibir pecah-pecah menjadi kering. Oleh karenanya, perhatikan kembali hal ini dengan baik.

Lakukan latihan bernapas menggunakan hidung dan lakukan dengan perlahan. Ketika masalah bibir pecah-pecah yang kering sudah dapat anda atasi dengan baik. Maka anda akan dapat kembali bernapas dengan normal lewat mulut.

Batasi Konsumsi Makanan Asam dan Pedas

Beberapa makanan dengan rasa asam dan pedas akan membuat masalah bibir kering dan pecah-pecah semakin parah. Hal ini dikarenakan dua makanan ini akan dapat mengiritasi dan melukai bagian bibir. Tak heran bila kondisi ini akan membuat bibir menjadi mudah mengering. Pada saat kondisi ini terjadi maka masalah bibir pecah-pecah akan sulit untuk dihindari.

Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk mulai mengurangi terlebih dahulu makanan pedas dan asam. Selama anda mengalami masalah bibir pecah-pecah akan lebih baik menghentikan konsumsi terhadap jenis makanan tersebut. Ada baiknya jika anda mengganti konsumsi makanan ini pada jenis makanan yang lebih sehat dan kaya akan nutrisi. Seperti misalkan sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

Hindari Konsumsi Obat-Obatan

Beberapa obat yang dikonsumsi akan mungkin menimbulkan masalah terkait dengan bibir kering dan pecah-pecah. Beberapa obat-obatan seperti obat anti-depresi, obat anti-cemas dan obat-obatan lainnya yang sejenis akan mungkin memperburuk kondisi bibir pecah-pecah yang anda alami.

Oleh karenanya, pada saat anda mengalami keluhan ini dan sedang dalam masa treatment obat. Maka mungkin kondisi ini adalah efek samping dari konsumsi obat-obatan yang anda gunakan. Cobalah untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter dengan baik.

Apalagi bila kondisi bibir pecah-pecah yang kering dan menghitam sudah lebih parah. Hal ini dikhawatirkan akan membuat bibir merah sulit anda dapatkan. Untuk itu, perhatikan kembali cara memerahkan bibir dan merawatnya dengan baik dengan memperhatikan jenis obat yang anda konsumsi.

Hindari Rokok

Kebiasaan buruk merokok mungkin sudah kita pahami sebagai kebiasaan yang akan dapat merusak kesehatan. Bukan hanya kesehatan hati dan paru-paru saja yang dampaknya akan mungkin dirasakan. Resiko lain yang akan mungkin anda hadapi lainnya adalah masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Kondisi ini bisa mungkin membuat bibir kering dan pecah-pecah semakin buruk. Jadi demikian, mulai saat ini hentikan segera kebiasaan merokok dan ubah pola hidup anda pada hal yang lebih baik dan lebih bermanfaat.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga tips atasi bibir pecah-pecah yang kering dan menghitam diatas akan dapat anda praktikan dengan mudah dan sederhana.