Penting! Ikutilah Step Mencuci Muka Yang Tepat Berikut Ini!

Diposting pada

Step Mencuci Muka Yang Tepat – Wajah yang kotor, berminyak serta masalah wajah lainnya dapat disebabkan oleh step yang salah saat mencuci muka. Mungkin orang beranggapan bahwa mencuci muka dengan sabun atau hanya air saja ialah sesuatu yang cukup. Namun, ternyata anggapan tersebut tidaklah benar. Di bawah ini  kami sajikan step mencuci muka yang tepat untuk Anda!

Setiap orang tentunya menginginkan wajah yang putih dan juga bersih. Tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan budget tidak sedikit hanya untuk merawat wajah. Bagaiamanapun juga, wajah menjadi aset yang cukup penting bagi setiap orang. Banyak orang yang merasa tidak percaya diri dikarenakan memiliki wajah yang tidak mulus dan cenderung bermasalah.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa wajah yang bermasalah dapat disebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari sepenuhnya. Ternyata masalah wajah yang terjadi pada Anda dapat disebabkan oleh hal sepele diantaranya dengan mencuci muka yang salah. Jika Anda sering mengabaikan akan cuci muka, maka tidak heran jika Anda memiliki masalah wajah yang cukup mengganggu.

Terlepas dari hal tersebut tentunya banyak orang yang tidak mengetahui akan cara dan juga step mencuci muka yang benar. Padahal cara ini cukup penting bagi Anda dalam merawat wajah. Menggunakan produk pembersih wajah juga tidak menjamin kulit wajah Anda dapat bersih dengan sempurna. Hal ini karena muka yang bersih berhubungan dengan step mencuci muka yang tepat. Baca juga: 10 Tips Menghilangkan Jerawat Dengan Tea Tree Oil Yang Terbukti Ampuh

Step Mencuci Muka Yang Tepat

step mencuci muka yang tepat

Mencuci muka memang harus dilakukan oleh setiap orang baik selepas beraktivitas di luar ruangan ataupun tidak. Hal ini dikarenakan mencuci muka dapat membantu menghilangkan kotoran dan juga debu yang kemungkinan masuk ke dalam kulit Anda. Mencuci muka tentu tidak hanya dapat dilakukan oleh wanita, namun juga pria. Mencuci muka tentunya menjadi langkah bagi kita untuk senantiasa menjaga kebersihan dan juga kesehatan kulit.

Perlu Anda ketahui bahwa muka yang tidak dibersihkan akan memicu timbulnya noda hitam, jerawat dan juga komedo. Jerawat dan juga komedo memang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh kotoran sehingga membuat wajah menjadi tidak bersih. Untuk itu, diperlukan cara khusus untuk mencuci muka dengan langkah yang tepat. Berikut ini kami sajikan beberapa step mencuci muka yang tepat untuk Anda lakukan sekarang juga diantaranya:

Lihat juga: 15 Cara Memutihkan Wajah Dengan Cuka Apel Berikut Langkah Mudah

Cuci Tangan

Step pertama yang bisa Anda lakukan yakni dengan memastikan tangan Anda bersih. Banyak sekali orang yang banyak menganggap sepele akan step yang satu ini. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mencuci muka dengan langkah yang tepat. Cara yang dapat Anda lakukan yakni dengan mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan tangan dari debu dan juga kotoran. Dalam hal ini tentunya dapat menyebabkan kotoran pada kulit menjadi semakin menumpuk. Jika kondisi ini sudah terjadi, maka akan berpotensi menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Bersihkan Makeup Terlebih Dahulu

Setelah Anda mencuci muka, step selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan membersihkan makeup ataupun sisa makeup terlebih dahulu. Anda tentunya jangan menggunakan sabun secara langsung kepada wajah yang masih bermakeup karena akan memperparah penyumbatan pada pori-pori. Untuk membersihkan makeup tentunya Anda dapat menggunakan pembersih khusus seperti misalnya micellar water hingga wajah Anda benar-benar bersih. Kemudian, basuh wajah Anda dengan air hangat, dan keringkan dengan menggunakan kain lap lembut.

Hindari Mencuci Muka Dengan Air Hangat

Kesalahan yang cukup fatal dimana Anda serung menggunakan air hangat untuk mencuci wajah Anda. Dalam hal ini air mencuci wajah dengan air hangat justru akan membuat pori-pori wajah menjadi lebih besar. Selain itu, air hangat berpotensi untuk membuat kulit wajah Anda menjadi lebih kering sehingga rentan terjadi iritasi. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan air hangat dengan suhu suam-suam kuku untuk membersihkan wajah Anda.

Gunakan Sabun Wajah Berbentuk Gel

Jika kita menggunakan sabun dan sering membuat wajah menjadi kering, kenapa tidak untuk mencoba pencuci yang berbagan gel ataupun krim. Seperti yang kita tahu bahwa sabun dapat menyebabkan kulit kering sehingga tidak dapat menghapus keseluruhan kotoran dan juga debu yang ada di wajah. Terlebih pada sabun yang terlalu keras di kulit yang dapat mengangkat lapisan minyak alami pada kulit. Kondisi ini justru akan memperjelas garis-garis halus pada kulit wajah Anda.

Maka dari itu, Anda dapat mengganti produk pembersih wajah yang berbentuk sabun dengan gel ataupun krim. Kedua jenis pembersih wajah ini dipercaya dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sehingga dapat membantu pengelupasan pada kulit, membersihkan pori-pori yang tersumbat dan juga membersihkan sisa makeup.

Pijat Wajah Dengan Lembut

Step selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan melakukan proses pemijatan pada wajah. Tentu, dalam mencuci muka Anda jangan terburu-buru karena langkah demi langkah harus Anda nikmati. Bagaimanapun juga, terburu-buru hanya akan membuat minyak dan juga kotoran menjadi tidak hilang dengan sempurna. Tentu, jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang bebas dari kotoran dan juga bersih, maka Anda dapat meluangkan waktu setidaknya beberapa menit saja untuk memberikan pijatan yang lembut pada wajah Anda. Bagian wajah yang harus Anda pijat yakni sekitar dahi dan juga hidung yang memiliki wajah cenderung berminyak. Setelah itu, Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hingga bersih.

Gunakan Lap Untuk Mengeringkan Wajah

Setelah kita memijat kulit wajah, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan yakni dengan mengeringkan wajah menggunakan lap. Lap dengan tekstur yang lembut tentunya dapat membantu mengelupaskannya kulit-kulit mati, kotoran yang menempel di wajah dan juga membersihkan sisa makeup. Anda tentunya juga dapat mencelupkan kain lap dalam air hangat, setelah itu peras dan tempelkan pada leher, wajah dan juga dada. Cara ini tentunya dapat membuka pori-pori wajah. Anda dapat membersihkan secara perlahan pada bagian tersebut. Jangan lupa pula untuk membersihkan bagian belakang leher dan juga dahi. Perlu Anda tahu bahwa menggosokkan handuk ke wajah ketika mengeringkan wajah akan mengancam elastisitas kulit wajah Anda. Setelah itu, biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau Anda dapat menepuk-nepuk muka dengan menggunakan handuk hingga bersih. Anda dapat menepuk kain yang lembap pada kuit wajah dengan menyapunya ke bawah.

Gunakan Toner

Step selanjutnya dalam cara mencuci wajah yakni dengan selalu menggunakan toner. Setelah mencuci wajah, Anda dapat mengaplikasikan toner sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Dalam hal ini toner berfungsi untuk membersihkan semua bekas makeup, debu dan juga minyak yang tidak bisa dibersihkan secara optimal dengan pembersih wajah biasa. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengangkat sisa sabun untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan kulit Anda juga menghilangkah kelebihan minyak dan menghaluskan kulit wajah Anda.

Gunakan Krim Mata

Langkah yang satu ini terbilang step akhir dimana krim mata. Krim mata ini yakni dapat membantu menyamarkan garis halus di sekitar mata. Dalam hal ini kulit mata membutuhkan perhatian khusus. Tentu saja, alangkah baiknya Anda memakai krim mata setiap hari. Namun, jika mata Anda cenderung sensitif dan rentan mengalami bengkak, maka pakailah krim mata yang mengandung bahan herbal dan juga peptida. Anda tentunya dapat mengambil krim mata dengan seujung jari, lalu oleskan pada bagian mata hingga sudut terluar. Kemudian, tekan perlahan area yang sudah dioleskan krim dengan menggunakan ujung hari agar krim mata dapat terserap dengan mudah.

Kesalahan Saat Mencuci Muka

Setelah kita mengetahui beberapa step mencuci muka yang tepat, kini kita diharuskan untuk mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan saat mencuci muka yang sering kita lakukan. Bukannya bertambah baik, justru dengan melakukan beberapa kesalahan di bawah ini akan memperburuk kondisi wajah Anda. Lantas, apa saja kesalahan saat mencuci muka yang banyak dilakukan oleh sebagian besar? Yuk kita simak langsung berikut ini!

Menggunakan Sembarang Produk

Kesalahan yang pertama yakni dimana Anda sering menggunakan produk sembarangan baik sabun, toner ataupun krim. Bagaimanapun juga, memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit akan membuat kondisi wajah menjadi lebih parah. Untuk itu, Anda jangan sampai termakan dengan iklan yang ada di televisis yang menawarkan produk pembersih. Karena belum tentu produk tersebut akan cocok pada wajah Anda. Pembersih muka yang bagus tentunya yang dapat menghilangkan segala jenis kotoran, debu dan juga sisa makeup yang kemungkinan menempel lama pada pori-pori wajah Anda. Maka dari itu, pilihlah jenis produk pencuci muka yang tidak terlalu ringan, namun juga tidak terlalu keras.

Membilas Wajah Terburu-buru

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan oleh hampir setiap orang yakni selalu melakukan kebiasaan wajah yang terburu-buru. Mencuci muka dengan terburu-buru tentunya membuat pembersihan wajah menjadi tidak optimal. Debu dan juga kotoran tentunya tidak dapat diangkat dengan benar saat kita mencuci muka dengan terburu-buru. Padahal, Anda juga dapat meluangkan waktu setidaknya dua menit saat mencuci muka. Jika Anda menggunakan  milk cleanser, setidaknya usapkan cleanser secara perlahan dengan gerakan yang melingkar ke seluruh wajah dalam keadaan kering. Diamkan setidaknya tiga puluh detik agar pembersih dapat memecah minyak dan juga sisa makeup.

Menggosok Wajah

Bagaimanapun juga, kebiasaan selanjutnya yang dapat merusak wajah yakni sering menggosok wajah. Tentu, saja apapun jenis kulit wajah Anda, Anda harus tetap berhati-hati saat mengaplikasikan pembersih dan juga masker. Hal ini dikarenakan jika pembersih terlalu kencang  akan membuat kulit sedikit tertarik. Selain itu, Anda jangan menggosokan handuk pada wajah saat mengeringkan wajah Anda. Artinya, biarkan wajah mengering dengan sendirinya. Penting bagi Anda untuk membedakan handuk mandi dengan handuk khusus untuk mencuci muka karena jika disatukan, handuk di sini yakni sebagai tempat berkembangnya bakteri.

Menggunakan Produk Berbahan Kimia

Kebiasaan sepele selanjutnya yakni sering menggunakan produk berbahan kimia. Produk yang mengandung bahan kimia memang memiliki tingkat bahaya yang cukup besar. Untuk itu, Anda harus menghindarkan diri dari berbagai bahan kosmetik berbahaya. Selain itu, kandungan yang ada di dalam  pembersih lantai seperti sodium laurin sulfat (SLS) benar-benar harus Anda hindari sebaik mungkin. Dalam hal ini SLS ialah faktor risiko yang paling umum, terjadi yang dapat menyebabkan iritasi dan juga alergi pada wajah Anda.

Sering Peeling Wajah

Bagaimanapun juga, wajah yang sering dieksfoliasi akan menyebabkan kulit menjadi tipis. Saat kulit wajah Anda bermasalah tentunya Anda akan melakukan cara instan untuk membuat kulit menjadi mulus dan juga cerah kembali. Dalam hal ini eksfoliasi memang perlu Anda lakukansecara teratur yakni sekitar 2 kali saja dalam seminggu. Namun, hal yang harus Anda ingat jangan sampai Anda melakukan eksfoliasi dengan sering. Hal ini karena akan menyebabkan kulit menjadi kering, peradangan, infeksi dan juga iritasi.

Kondisi ini tentunya akan merusak kulit wajah Anda saat melawan bakteri penyebab jerawat. Gunakan teknik yang tepat saat melakukan eksfoliasi. Gunakan jari Anda untuk mengaplikasikan krim exfoliator, gunakan handuk lembap serta cegah kulit agar tidak tergores. Jika ingin hasil yang terbaik, maka pijatlah dengan pola melingkar mulai dari leher dan secara perlahan bergerak ke atas.

Jangan Sering Menggunakan Air Panas

Saat Anda merawat wajah tentunya hindari wajah dari air panas. Memcuci muka dengan menggunakan air hangat tentunya akan membuka pori-pori. Jika Anda terpaksa harus menggunakan air hangat, maka untuk selanjutnya Anda diharuskan menggunakan air dingin. Hal ini dikarenakan air panas akan membuat kulit menjadi iritasi dan juga kering.

Sering Mencuci Muka

Jika Anda menganggap bahwa semakin sering mencuci muka, maka wajah Anda semakin bagus. Anggapan tersebut sepenuhnya salah, hal ini dikarenakan terlalu sering mencuci muka justru akan membuat kulit menjadi iritasi sehingga merangsang minyak berlebih (sebum). Anda cukup mencuci muka sehari dua kali, pagi dan juga malam saja. Jika Anda terpaksa beraktivitas di dalam ruangan, tidak berkeringat dan tidak memakai makeup, maka Anda cukup membilas wajah dengan menggunakan air hangat saat malam hari saja.

Hanya Menggunakan Produk Mahal

Dalam hal ini produk mahal belum tentu baik. Karena banyak sekali produk mahal yang justru tidak cocok dengan wajah Anda. Daripada Anda harus menghabiskan uang demi membeli produk dengan harga yang mahal, alangkah baiknya jika Anda menggunakan bahan yang alami. Selain itu, Anda dapat menginvestasikan uang Anda untuk membeli produk yang berjangka panjang guna memberikan manfaat yang panjang juga bagi wajah Anda seperti misalnya moisturizer dan juga serum vitamin.

Tidak Menggunakan Face Oil

Sebagian besar orang beranggapan bahwa face oil merupakan musuh terbesar bagi wajah berminyak. Dalam hal ini minyak tentu sangat bersahabat untuk semua jenis kulit. Hal ini karena pada dasarnya minyak akan larut saat bertemu dengan sesama minyak. Tidak heran jika minyak banyak memecah kotoran dan juga bakteri penyebab jerawat yang menumpuk pada pori-pori kulit.

Peru Anda ketahui bahwa minyak dapat membantu melembapkan kulit wajah sehingga kadar pH kulit menjadi seimbang. Dengan memasukkan minyak pada rezim kecantikan Anda tentu tidak  sulit. Namun, pastikan Anda memilih face oil yang ada di pasaran dengan mengandung bahan-bahan alami. Dalam hal ini jenis minyak yang dapat Anda pilih yakni minyak almond, minyak zaitun, biji bunga matahari dan juga minyak grapeseed.

Menjaga dan juga merawat muka dengan mencuci wajah yang benar dan tepat tentu menjadi hal yang harus kita lakukan. Itulah beberapa step mencuci muka yang tepat untuk Anda lakukan. Semoga bermanfaat!