Penyebab Wajah Berjerawat Saat Mencuci Muka yang Salah

Diposting pada

Penyebab Wajah Berjerawat Saat Mencuci Muka yang Salah – Wajah berjerawat akan tentu membuat anda merasa tidak percaya diri dengan kondisi ini. Selain akan dapat mengurangi kecantikan wajah, jerawat yang timbul pun akan mungkin membuat kemulusan wajah menghilang. Oleh karenanya, penting sekali mengetahui penyebab wajah berjerawat pada saat cuci muka yang penting untuk diketahui dengan baik.

Mencuci muka adalah salah satu ritual kecantikan yang paling umum dilakukan. Hal ini pun menjadi serangkaian tindakan pembersihan wajah yang paling mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, mencuci muka yang tidak diperhatikan dengan benar metodenya akan mungkin menyebabkan wajah berjerawat.

Beberapa hal dalam mencuci muka perlu diperhatikan dengan baik dan seksama. Hal ini dilakukan selain untuk membersihkan wajah dari kotoran, pun untuk menjaga agar masalah atau keluhan kecantikan lainnya tidak terjadi. Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Flek Hitam Di Wajah yang Ampuh

Lantas kesalahan apa saja yang pada umumnya seringkali dijumpai pada saat mencuci muka yang dapat menyebabkan jerawat? Mari kita simak informasi menariknya yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa? Mari simak dibawah ini.

Penyebab Wajah Berjerawat Saat Mencuci Muka yang Salah

Penyebab Wajah Berjerawat Saat Mencuci Muka yang Salah

Meski anda seringkali mencuci muka setelah melakukan aktivitas. Namun masalah pada wajah seperti jerawat dan bekas jerawat tetap muncul. Maka mungkin kesalahan terletak pada saat anda mencuci muka anda.

Hal ini dikarenakan tindakan mencuci muka yang dilakukan secara salah akan mungkin menyebabkan masalah atau keluhan kecantikan muncul. Oleh karenanya, perhatikan dengan baik masalah yang satu ini. Mari simak penyebab wajah berjerawat saat mencuci muka yang salah.

Penggunaan Produk yang Sembarangan

Hal pertama yang seringkali dilakukan pada saat mencuci muka yang salah adalah penggunaan produk yang sembarang. Tidak semua jenis kulit wajah memiliki pH yang sama. Jadi demikian, pada saat anda tidak membawa pencuci wajah anda. Maka anda tidak bisa dengan bebas menggunakan produk pencuci wajah milik siapa saja.

Jangan asal comot pembersih wajah dengan alasan rekomendasi dari teman atau mungkin tergoda karena aroma wanginya yang enak. Entah itu flek hitam membandel, komedo atau bahkan jerawat, kita semua memiliki keluhan kecantikan masing-masing. Jadi demikian, penggunaan produk pencuci wajah secara asal bukan malah membersihkan wajah anda. Sebaliknya, kondisi ini mungkin akan dapat membuat jerawat semakin parah.

Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka atau wajah memang menjadi ritual yang penting untuk membersihkan wajah dari kotoran dan kuman. Akan tetapi, intensitas mencuci wajah pun perlu diperhatikan dengan baik. Terlalu sering mencuci wajah akan dapat membuat anda mengalami masalah dengan wajah anda.

Salah satunya adalah kulit wajah yang mengering. Kondisi ini terjadi sebab dari penggunaan produk pembersih wajah yang digunakan. Formula yang ada didalamnya berguna untuk membersihkan kelebihan minyak dan kotoran. Sementara pada penggunaan yang berlebihan maka dampaknya akan membuat anda mengalami masalah dengan kulit wajah yang kering.

Jadi demikian, mencuci wajah sebaiknya dilakukan seperlunya saja. Jangan terlalu sering atau bahkan terlalu jarang. Sebab kondisi ini akan dapat berpengaruh terhadap kecantikan wajah anda.

Menggunakan Air Panas

Sering kali karena beberapa alasan atau anjuran dari teman atau mungkin sahabat. Penggunaan air panas atau air hangat direkomendasikan pada saat membasuh wajah. Alasannya tentu beragam, mulai dari memberikan efek yang menenangkan untuk wajah. Sampai dengan uap panas dari air yang dianggap baik untuk kecantikan wajah.

Selain itu, ada anjuran yang menyatakan bahwa menggunakan air panas untuk mencuci wajah akan dapat membuka pori-pori wajah. Sementara setelah itu, ikuti dengan air dingin yang akan dapat menutup kembali pori-pori wajah.

Namun nyatanya tidak demikian, sebab otot pori-pori tidak memiliki kemampuan untuk dapat membuka dan menutup dengan cepat. Air panas justru akan dapat membuat kulit wajah anda kering dan mudah teriritasi.

Oleh karenanya, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk ini. Sebab kondisi ini bukan bermanfaat justru malah akan dapat merugikan anda.

Terlalu Sering Menggunakan Scrub

Penggunaan scrub untuk wajah memang akan dapat berdampak baik untuk kecantikan. Salah satunya adalah dengan mengelupas sel kulit mati dan mengangkatnya dengan baik. Proses ini dikenal dengan sebutan exfoliasi dimana proses ini akan baik dalam memunculkan kembali warna putih dan merona pada wajah.

Akan tetapi, terlalu sering melakukan tindakan scrubing pada wajah pun kurang baik dampaknya. Hal ini malah akan membuat kulit menjadi lebih kering dan anda pun akan cenderung mengalami kulit yang lebih tipis dan mudah teritasi.

Untuknya, exfoliasi hanya dianjurkan untuk dilakukan sebanyak minimal 1 sampai dengan 3 kali dalam satu minggu. Selain itu, pilihlah exfoliator yang memang baik dan dapat bekerja dengan efektif. Selain itu, gunakan jemari dan lakukan pemijatan dengan lembut pada saat anda mengaplikasikan bahan ini kedalam wajah anda secara merata.

Terburu Membilas Wajah

Sama halnya dengan mempraktikan mandi kilat yang tidak membuat anda merasa bersih dan segar. Terburu membasuh atau membilas wajah pun akan mungkin kurang efektif untuk anda. Sementara bakteri dan kotoran mungkin masih menempel pada wajah dan bersarang pada bagian tersebut.

Oleh karenanya, pada saat mencuci muka hindari terlalu cepat membasuh wajah anda dengan air. Sebaliknya, biarkan terlebih dahulu agar produk yang anda gunakan bisa meresap kedalam pori wajah dan mengatasi masalah kecantikan wajah yang anda hadapi saat ini.

Setelah itu, baru bilas dan bersihkan dengan air pada suhu ruangan. Hal ini akan membantu anda untuk bisa membersihkan wajah secara merata dan manfaatnya bekerja dengan lebih efektif.

Menggunakan Produk Berbahan Kimia

Jangan asal menggunakan produk pembersih wajah, coba cermati apa saja komposisi yang ada didalamnya. Hal ini akan sangat penting untuk mencegah anda terpapar dari bahan kimia yang akan mungkin merusak kulit wajah anda.

Apalagi saat ini ada banyak bahan pembersih wajah yang akan mungkin menyebabkan masalah dari penggunaan bahan kimia yang kurang baik untuk kesehatan.

Selain akan dapat merusak kulit wajah, penggunaan bahan kimia pun perlahan akan mulai membuat anda mengalami ketergantungan. Bila bahan ini digunakan dalam jangka waktu yang lama maka dampaknya kanker kulit bisa menjadi mimpi buruk untuk siapa saja.

Menggosok Terlalu Keras

Apapun jenis kulit anda dan keluhan wajah yang anda hadapi saat ini. Menggosok wajah pada saat mencuci muka sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan dengan keras. Hal ini dikarenakan, menggosok wajah terlalu keras bisa mungkin membuat wajah menjadi iritasi dan kulit menjadi tipis.

Bila kondisi ini terjadi maka mungkin dampak perih dari kondisi ini akan sulit untuk dihindari. Untuk itu, perhatikan dengan baik agar tidak menggosok wajah anda dengan tekanan yang terlalu keras.