13 Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah & Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah – Komedo memang menjadi salah satu masalah wajah yang kerap dibenci oleh setiap orang terutama wanita. Pasalnya, komedo dengan cepat muncul dan juga bertambah banyak. Lantas, apa penyebab munculnya komedo di wajah? Berikut kami akan paparkan beberapa penyebabnya untuk Anda.

Munculnya komedo pada wajah tentu membuat setiap orang tidak merasa percaya diri akan penampilannya. Hal ini dikarenakan wajah selalu menjadi pusat perhatian bagi setiap orang. Jika ada masalah pada wajah tentunya hal ini akan merembet pada semuanya juga, tidak terkecuali bagi penampilan. Selain mengurangi rasa percaya diri, komedo juga sangat mengganggu tampilan wajah kita.

Seperti yang kita tahu bahwa komedo ialah sebuah benjolan kecil yang ada pada bagian hidung, pipi, dagu, tidak terkecuali area bawah hidung. Komedo memiliki dua jenis yakni komedo hitam dan juga komedo putih. Komedo disebut sebagai jerawat yang tergolong ringan dan juga muncul di beberapa bagian wajah yang cukup penting. Tidak heran jika munculnya komedo di wajah kita sangat menyita perhatian kita untuk segera mengatasinya. Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami Agar Wajah Bersih

Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah

penyebab munculnya komedo di wajah

Kita sering mengenal komedo yang terbagi menjadi dua warna yaitu komedi hitam dan juga komedo putih. Kedua jenis komedo tersebut tentunya muncul bukan tanpa sebab. Masing-masing komedo memiliki penyebab muncul yang sama.

Komedo terdiri dari sehelai rambut dan juga kelenjar minyak yang tentu menjaga kulit tetap halus. Pada umumnya, komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan juga minyak yang berkumpul di ujung luar folikel kulit. Jika kulit di atas komedo terbuka dan juga terpapar udara, maka tidak heran jika warna komedo tersebut berubah menjadi warna hitam. Akan tetapi, ada beberapa penyebab munculnya komedo di wajah, diantaranya disebabkan oleh:

1. Jumlah bakteri bertambah

Bagaimanapun juga, komedo yang muncul di wajah disebabkan oleh adanya peningkatan bakteri pada wajah. Bakteri pada wajah dikenal dengan sebutan propionibacterium acnes yang berkumpul dan juga berkembang biak di permukaan kulit. Selain bakteri, munculnya komedo juga karena adanya iritasi folikel rambut yang dapat menyebabkan beberapa sel kulit mati tidak rontok secara berkala.

Lihat juga: Masker Wajah Alami Agar Wajah Awet Muda | Tips & Teknik

2. Hormon yang tidak stabil

Hormon pada setiap orang tentunya sangat berbeda-beda. Tidak sedikit orang yang mengalami ketidakseimbangan hormon. Jika seseorang memiliki kadar testosteron yang cukup tinggi, tentu saja ia akan mudah diserang oleh jerawat dan juga komedo. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan rangsangan aktivitas pada kelenjar sebaceous yang menyebabkan produksi sebum berlebihan.

3. Faktor Stres

Selain ketidakseimbangan hormon, munculnya komedo pada wajah juga disebabkan oleh tingkat stres yang cukup tinggi. Stres di sini tentunya disebabkan oleh beberapa faktor baik faktor keluarga, lingkungan maupun beban pekerjaan. Menjadi pribadi yang cuek terhadap perawatan diri sendiri yang terlalu memikirkan stres tentunya memicu seseorang untuk tidak melakukan perawatan kulit secara intens. Hal inilah yang menyebabkan kotoran dan juga sel yang menumpuk pada wajah akan sangat mudah menjadi komedo dan juga jerawat.

4. Lingkungan

Faktor eksternal yang dapat memicu munculnya komedo yaitu faktor lingkungan. Faktor ini tentunya sangat membuat wajah kita terpapar polusi secara berlebih. Polusi kendaraan, asap dan juga industri tentunya sangat berperan aktif dalam membuat wajah menjadi sarang komedo dengan cepat. Jika lama kelamaan wajah kita terpapar polusi tentunya akan terjadi akumulasi mikro pada pori-pori sehingga menyebabkan komedo.

5. Kurang asupan air minum

Memasukkan air minum ke dalam salah satu penyebab munculnya komedo memang terdengar klise. Namun, hal ini tidak dapat ditepis karena memang tubuh manusia membutuhkan asupan air minum minimal 8 gelas perhari. Selain itu, air minum akan berhubungan langsung dengan kondisi kesehatan tubuh manusia, terutama organ ginjal. Air putih juga memiliki sifat melembapkan bagi kulit. Sehingga jika asupan air terpenuhi, maka bakteri dan juga kuman yang ada di pori-pori wajah.

6. Mengaplikasikan make up secara berlebihan

Bagi wanita, hal yang normal dalam mengaplikasikan makeup pada wajah. Polesan inilah yang tentunya membuat penampilan wanita menjadi lebih cantik dan juga menarik. Namun, mengaplikasikan makeup secara berlebih dapat memberikan peluang bagi kuman dan juga bakteri untuk tumbuh di pori-pori kulit. Aplikasi makeup yang berlebih pada wajah tentunya membuat wajah memproduksi minyak berlebih sehingga membuat kulit wajah menjadi lebih parah. Terlebih jika dalam keseharian Anda Anda tidak membersihkan makeup dengan segera. Makeup akan menumpuk dan terkontaminasi dengan bakteri sehingga akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. Kondisi inilah yang menjadi penyebab timbulnya komedo pada wajah.

7. Makanan berminyak

penyebab munculnya komedo di wajah

Tidak hanya faktor eksternal, faktor internal tentunya menjadi penyebab munculnya komedo pada wajah. Kulit tentunya dipengaruhi oleh asupan makanan dan juga minuman yang kita makan sehari-hari. Komedo yang muncul di wajah dapat disebabkan oleh makanan berminyak yang kita konsumsi.

Jika Anda seseorang yang rutin mengonsumsi gorengan, jangan heran jika tiba-tiba jerawat dan juga komedo muncul di wajah Anda. Bagi penikmat gorengan, tentunya harus dibarengi dengan mengonsumsi buah-buahan dan juga sayuran agar dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan kuman yang nantinya akan berkolaborasi dengan minyak di produksi oleh wajah.

8. Wajah kotor

Memiliki wajah dalam keadaan kotor tentunya sangat berisiko menimbulkan masalah kulit lainnya, tidak terkecuali komedo. Penyebab yang paling sering terjadi dan berisiko munculnya komedo dengan cepat tidak lain ialah wajah yang kotor. Pada wajah yang kotor tentunya menumpuk bekas makeup, debu, polusi dan juga kotoran lainnya yang kemungkinan menempel pada wajah Anda. Untuk itu, Anda disarankan untuk membersihkan wajah Anda terlebih dahulu sebelum tidur. Karena jika Anda tidur dalam keadaan wajah yang kotor dapat menjadi peluang bagi bakteri dan juga kuman untuk berkembang dan menutup pori-pori kulit.

9. Kopi dan alkohol

Memang tidak selamanya munculnya komedo pada wajah disebabkan oleh konsumsi kopi dan juga alkohol. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam  takaran yang tinggi dan juga berlebihan dapat menjadi peluang juga bagi tubuh untuk memproduksi minyak berlebih. Kondisi inilah yang tentunya membuat wajah mulai muncul komedo. Kopi dan juga alkohol tentunya dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi minyak yang berlebih pada wajah Anda.

10. Sering menyentuh wajah

Jika Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah, tentunya berpeluang besar komedo pada wajah akan muncul dengan tiba-tiba. Hal ini dikarenakan terlalu sering menyentuh wajah tidak menjamin tangan Anda dalam keadaan bersih dan terbebas dari kuman dan juga bakteri. Namun, jika tangan terdapat kuman dan juga bakteri menyentuh wajah adalah suatu hal yang dilarang. Kuman dan juga bakteri pada tangan akan pindah ke wajah dan akan menyumbat pori-pori. Kondisi inilah yang menyebabkan komedo muncul pada wajah. Maka dari itu, sebaiknya Anda menyentuh wajah dalam keadaan tangan yang bersih.

11. Malas keramas

Jika Anda termasuk seseorang yang malas untuk keramas, tentunya memberikan kesempatan pada komedo untuk tumbuh dan juga berkembang pada pori-pori wajah. Lantas, apa hubungannya muncul komedo dengan malas keramas? Produksi minyak berlebih pada rambut tentunya dapat mengalir pada wajah dengan sendirinya. Bagaimanapun juga, rambut dalam keadaan kotor dan tidak berkeramas dapat merangsang produksi minyak pada rambut sehingga akan membuat wajah terkena minyak terutama pada pori-pori. Kondisi inilah yang tentunya menyebabkan sebuah penyumbatan pada pori-pori wajah sehingga menimbulkan komedo.

12. Faktor genetik

Segala sesuatu yang berhubungan dengan genetik tentunya menjadi sebuah permasalahan yang cukup sulit. Hal ini dikarenakan genetik telah melekat pada diri masing-masing individu dan tentunya tidak dapat diubah bagaimanapun caranya. Jika Anda memiliki warisan tipe kulit dari orangtua yang berminyak pula, tentunya kondisi ini memang sangat sulit untuk dihindari, tidak terkecuali bagi seseorang yang memiliki masalah komedo pada wajah.

Rata-rata seseorang yang memiliki kondisi kulit yang berminyak akan sangat mudah untuk memberikan kesempatan pada komedo untuk tumbuh. Bagaimanapun juga, minyak yang berlebih dapat mengakibatkan masalah wajah lainnya seperti jerawat dan juga komedo. Untuk itu, jika Anda memiliki masalah wajah komedo karena faktor genetik, sebaiknya Anda melakukan perawatan pencegahan kosmetik dengan sangat sempurna.

13. Akibat pil KB

Ketika seorang wanita menggunakan pil KB tentunya memberikan kesempatan yang baik untuk komedo muncul pada wajah Anda. Pil KB tentunya dapat mengakibatkan ketidakseimbangan hormon sehingga sangat berpotensi mengakibatkan berbagai masalah pada wajah seperti jerawat dan juga komedo. Kondisi ini tidak lain dikarenakan produksi kelenjar sebasea yang lebih banyak menimbulkan sebuah di kulit. Hal ini tentunya membuat kulit wajah sangat berminyak. Tidak heran jika secara tiba-tiba komedo akan muncul pada wajah Anda.

Cara Menghilangkan Munculnya Komedo Pada Wajah

penyebab munculnya komedo di wajah

Beberapa sebab yang mengakibatkan timbulnya masalah pada wajah memang wajib untuk diatasi. Begitupula dengan beberapa penyebab munculnya komedo yang telah kami bahas di atas. Cara menghilangkan komedo berikut ini tentunya menggunakan cara dan juga bahan alami yang mudah untuk Anda temukan sehari-hari. Berikut beberapa cara menghilangkan komedo pada wajah yang dapat Anda lakukan sekarang juga:

1. Uap panas

Bagaimanapun juga uap panas akan membuat pori-pori wajah menjadi terbuka. Jika sudah terbuka, inilah kesempatan bagi Anda untuk mulai menghilangkan komedo. Pori-pori yang terbuka dapat dengan mudah membuka kotoran yang ada pada pori-pori tersebut. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan uap panas, diantaranya:

– Siapkan air panas di dalam baskom atau wadah

– Lalu, siapkan handuk dan tempatkan sebagai alat untuk menutup kepala dan wajah.

– Posisikan wajah Anda tepat pada uap panas yang ada di dalam wadah tersebut.

– Setelah itu, gosok area yang banyak munculnya komedo terutama bagian mulut dan juga dagu.

– Diam beberapa saat, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

2. Garam

Ternyata bumbu dapur yang satu ini dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo pada wajah secara alami. Seperti yang kita tahu bahwa garam mengandung yodium yang cukup tinggi. Kandungan inilah yang memang berperan aktif dalam mengatasi munculnya komedo pada wajah. Berikut langkah yang dapat Anda gunakan untuk menjadikan garam sebagai bahan utama dalam menghilangkan komedo, diantaranya:

– Anda dapat menyediakan garam secukupnya yang sekiranya cukup untuk area wajah yang terdapat komedo.

– Lalu, haluskan garam dengan cara menumbuknya

– Tambahkan air perasan lemon pada garam yang telah ditumbuk tadi

– Gosokkan garam tersebut kepada area wajah selama 10 detik terutama pada bagian yang terdapat komedo yang sangat banyak

– Diamkan masker garam pada wajah kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat

3. Baking soda

Selain berperan penting dalam bahan utama pembuatan kue, ternyata baking soda menyimpan khasiat alami yakni mampu menghilangkan komedo pada wajah. Memiliki sifat yang cukup abrasif tidak heran jika bahan ini dapat mengatasi komedo yang bandel sekalipun. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda tahu, jika komedo pada wajah sudah tidak ada. Maka, sebaiknya Anda mulai menghentikan pemakaian dengan segera. berikut tips cara menghilangkan komedo dengan baking soda, diantaranya:

– Siapkan baking soda secukupnya

– Larutkan baking soda dengan air hangat secukupnya sampai berupa pasta

– Anda harus mendiamkan baking soda pada wajah Anda setidaknya 15 menit atau sampai kering dan juga kaku.

– Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat sampai wajah Anda bersih

4. Kulit jeruk

Sudah makan jeruk? Eits, jangan dibuang kulitnya. Kenapa? Banyak yang menyangka bahwa kulit jeruk tidak mempunyai manfaat sama sekali. Namun, Anda harus buang-buang jauh sangkaan itu karena ternyata kulit jeruk dapat menghilangkan komedo secara alami dan juga tidak perlu ribet. Ada dua metode yang dapat Anda lakukan jika ingin menggunakan kulit jeruk sebagai cara menghilangkan komedo, diantaranya:

– Cara pertama, Anda dapat langsung menggosokkan kulit jeruk pada bagian wajah yang terdapat komedo yang cukup banyak

– Cara kedua, Anda dapat jadikan kulit jeruk sebagai scrub alami penghilang komedo dengan cara menghaluskan kulit jeruk dan campurkan dengan gula pasir. Kemudian, oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Diamkan beberapa saat, lalu bilas.

5. Es batu dari madu, lemon dan teh hijau

Kenapa es batu? Jangan salah bahwa bahan yang mudah dan juga murah serta ditemukan sehari-hari ini memiliki sifat dingin yang dapat meringkas pori-pori wajah. Hal ini tentunya dapat meminimalisir produksi minyak berlebih yang ada pada bagian wajah terutama pada pori-pori yang cukup besar. Dengan mencampurkan bahan penghilang komedo dalam bentuk es batu tentunya menjadi cara yang paling simpel dan juga mudah untuk digunakan. Berikut cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan es batu sebagai cara yang alami penghilang komedo, diantaranya:

– Siapkan seduhan teh hijau, perasan lemon dan juga madu secukupnya

– Anda dapat mencampurkan semua bahan tadi menjadi satu, lalu tambahkan air secukupnya

– Lalu, masukkan ke dalam frezzer untuk membiarkannya membentuk es batu

– Setelah beku, ambil satu bagian kemudian gosokkan pada wajah yang terdapat komedo. Jika memungkinkan Anda dapat menggunakan es batu tersebut sampai habis. Lakukan tips ini setidaknya 3 kali dalam seminggu.

Mengetahui penyebab munculnya komedo di wajah sera melakukan cara untuk menghilangkan komedo tersebut dengan cara yang alami memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Itulah beberapa penyebab munculnya komedo di wajah sekaligus cara mengatasinya dengan bahan alami yang dapat Anda lakukan sekarang juga. Semoga bermanfaat!