10 Penyebab Munculnya Jerawat Di Dada & Cara Mengatasinya Secara Alami

Diposting pada

Penyebab Munculnya Jerawat Di Dada Dan Di Punggung – Jerawat memang menjadi masalah yang cukup besar yang dapat mengganggu penampilan Anda. Namun ternyata, wajah bukanlah satu-satunya tempat yang dapat ditumbuhi oleh jerawat. Jerawat tentunya dapat pula tumbuh di dada dan juga punggung. Ingin tahu penyebab munculnya jerawat di dada? Yuk kita langsung simak saja paparan kami di bawah ini!

Tidak dapat dipungkiri bahwa jerawat menjadi masalah wajah yang cukup menyita pikiran kita. Bagaimanapun juga, jerawat memang dapat mengganggu penampilan kita sehari-hari. Dengan munculnya jerawat di wajah tentunya kita tidak akan merasa 100% percaya diri ketika harus tampil di depan umum. Saking sulitnya untuk diatasi, tidak heran jika jerawat menjadi permasalah yang dapat membuat kita sangat geram.

Akan tetapi, jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, namun juga di beberapa bagian tubuh lainnya seperti leher, punggung tidak terkecuali dada. Jerawat hanya tidak bisa tumbuh di telapak tangan dan juga telapak kaki, namun jerawat dapat tumbuh di bagian tubuh saja kecuali dua bagian tubuh tersebut. Kedua area tersebut tentunya tidak memiliki kelenjar minyak sehingga sanagt sulit untuk ditumbuhi oleh jerawat.

Faktanya. sekitar 92% orang pernah ditumbuhi jerawat, sedangkan sekitar 60% pernah memiliki jerawat di area punggung dan juga dada. Jerawat di dada juga umumnya dialami baik oleh pria maupun wanita. Namun, yang sering dialami tentunya ole pria, sedangkan wanita rentan mengalami jerawat pada wajah. Untuk itu, memang sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab munculnya jerawat di dada seperti yang akan kami sajikan berikut ini! Baca juga: Penyebab Bibir Hitam Yang Harus Anda Hindari Sekarang Juga!

Penyebab Munculnya Jerawat Di Dada

penyebab munculnya jerawat di dada

Penyebab munculnya jerawat di dada tentunya tidak bisa lepas dari penyebab timbulnya jerawat di dada. Bagaimanpun juga, jerawat di dada menjadi hal yang paling membuat kita geram. Selain membuat kita tidak percaya diri, jerawat di dada memang sangat sulit untuk di atasi. Tidak terkecuali kondisi ini dapat membuat dada mulai dipenuhi oleh noda-noda hitam bekas jerawat tersebut.

Beberapa pakar kesehatan dan juga kecantikan belum dapat mengetahui penyebab yang pasti akan timbulnya jerawat di dada. Akan tetapi, ada beberapa faktor yang mengindikasi penyebab munculnya jerawat di dada dan faktor ini tentunya tidak terlepas dari gaya hidup Anda. Untuk lebih jelasnya lagi, secara umum kami sajikan beberapa faktor penyebab munculnya jerawat di dada sebagai berikut:

Iritasi

Penyebab munculnya jerawat di dada yaitu adanya iritasi yang terjadi di dalam tubuh Anda. Jerawat ini biasanya dikenal dengan istilah Acne Mechanica yang memang sangat mudah muncul di dada ataupun di punggung. Hal ini tentunya dapat disebabkan oleh beberapa aktivitas yang biasa Anda lakukan sehari-hari.

Penyebab munculnya jerawat di dada juga tidak terlepas dari pakaian yang Anda pakai. Gesekan yang terjadi ketika memakai baju seringkali menimbulkan iritasi. Terutama jika Anda memakai baju yang tidak mudah menyerap keringat, hal ini tentu akan memperparah keadaan Anda.

Terjadinya gesekan yang berulang dapat memicu timbulnay jerawat. Seperti waxing dan juga shaving ikut juga andil dalam membuat kulit menjadi iritasi sehingga dapat melukai dan juga menggores kulit. Penyebab timbulnya jerawat juga dapat disebabkan oleh penggunaan sabun dan juga deterjen yang tidak cocok ketika Anda mencuci. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Anda menghindari penggunaan produk yang mengandung pewarna dan juga parfum tentunya dapat menyumbat pori-proi kulit Anda. Lihat juga: 13 Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah & Cara Mengatasinya

Keringat

Penyebab kedua yang dapat menyebabkan munculnya jerawat di dada ialah munculnya keringat di dalam tubuh. Keringat dan juga kelembapan yang ada di dalam tubuh dapat mempengaruhi timbulnya jerawat di dada. Keringat yang terkontaminasi dengan bakteri dan juga sabun tentunya dapat menyumbat pori-pori pada tubuh. Oleh karena itulah wanita ataupun pria yang lebih aktif bergerak pada umumnya lebih rentan terkena jerawat di dada dan juga punggung.

Hormon

Tentunya, munculnya jerawat di wajah dan juga bagian tubuh lainnya tidak akan terlepas dari adanya gangguan hormon pada tubuh. Dapat disimpulkan bahwa orang yang rentan memiliki jerawat di dada, juga sangat rentan mengalami jerawat di dada dan juga punggung. Hal ini tentunya berkaitan pula dengan adanya faktor hormon yang mereka miliki. Adanya perubahan dan juga ketidakseimbangan hormon tentunya dapat memicu produksi minyak berlebih yang tentunya dapat memicu timbulnya jerawat.

Zat berminyak dan juga sebum yang sering diproduksi oleh kelenjar minyak memang dapat menyumbat pori-pori bersama kotoran dan juga sel kulit mati. Selain itu, penyebab munculnya jerawat di dada dan punggung dipicu oleh produksi minyak yang lebih banyak dibandingkan di wajah. Tubuh juga tentunya memiliki pori-pori yang lebih besar dan juga lapisan kulit yang lebih tebal sehingga jika jerawat muncul, maka akab lebih memperparah kondisi pada bagian tubuh tersebut.

Pakaian

Selain faktor hormon, ternyata penyebab munculnya jerawat di dada dapat juga dipengaruhi oleh pakaian yang kita pakai. Tentunya, ada beberapa bahan pakaian yang terbuat dari material polyester dan juga lycra yang tidak dapat menyerap keringan sehingga menahan kelembapan yang akhirnya dapat bercampur dengan minyak yang diproduksi oleh tubuh. Bahan pakaian yang tidak menyerap keringat serta pakaian yang terlalu ketat tentunya dapat juga menghalangi sirkulasi yang ada pada udara di kulit sehingga dapat menahan keringat. Kondisi inilah yang memang sangat memungkinkan sebagai penyebab timbulnya jerawat di dada dan juga punggung.

Penyakit kulit tertentu

Penyebab lain sebagai munculntya jerawat di dada dikarenakan seseorang yang mengidap penyakit kulit tertentu. Tidak dapat dipungkiri bahwa penyebab munculnya jerawat di dada dan juga punggung dapat disebabkan oleh adanya penyakit kulit tertentu yang ada di dalam tubuh. Seperti contoh Pityriasis capitis (ketombe) yang menyebabkan adanya pengelupasan pada kulit secara berlebihan. Selain ketombe, ada beberapa jenis penyakit kulit lainnya seperti polycyctis ovarian diseases (PCOD) dan juga seborrheic dermatitis (peradangan yang disertai dengan keadaan kulilt yang bersisik dan juga erythema).

Sprei dan selimut

Penyebab lain yang dapat memicu munculnya jerawat di dada ialah sprei dan juga selimut. Hal ini tentunya berkaitan dengan kain yang digunakan dalam pembuatan sprei dan juga selimut tersebut. Apakah sprei dan juga selimut yang Anda gunakan dapat menyerap keringat dan juga kotoran yang ada di kulit ataukah tidak. Kotoran yang terus menumpuk tentunya menjadi tempat bersarangnya bakteri pada tubuh. Kotoran yang semakin menumpuk ditambah dengan sprei dan juga selimut yang jarang dicuci secara teratur. Hal ini tentunya dapat menyebabkan penumpukan kuman dan juga bakteri sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat di dada dan juga punggung.

Adanya kelenjar minyak yang aktif

Penyebab selanjutnya yang dapat memicu munculnya jerawat di dada ialah adanya kelenjar minyak yang cukup aktif di dalam tubuh. Faktanya memang bahwa setiap anggota tubuh pastinya memiliki kelenjar minyak yang dapat berguna untuk melembapkan kulit secara alami. Selain wjaha, dada dan juga punggung tentunya memiliki kelenjar minyak. Itulah mengapa jerawat bisa tumbuh di dada dan juga punggung. Jika kelanjar minyak pada dada dan juga punggung terlalu aktif, maka tidak menutup kemungkinan bahwa jerawat akan tiba-tiba saja muncul di kedua bagian tubuh Anda.

Kelenjar minyak yang terlalu aktif tentunya dipengaruhi oleh asupan makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Jenis makanan terutama karbohidrat dan juga gula dapat memicu munculnya jerawat di dada dan juga punggung. Tentunya ada cara terbaik dalam mencegah adanya kelanjar minyak yang terlalu aktif yaitu dengan membatasi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan juga karbohidrat yang tinggi. Hal ini tentunya bertujuan untuk membuat bagian dada dan juga punggung agar lebih mulus dan juga terbebas dari jerawat.

Kurang kebersihan

penyebab munculnya jerawat di dada dan juga punggung tidak dapat terlepas dari kebersihan diri Anda. Rutin mandi sebanyak dua kali sehari memang sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Mandi memang bertujuan untuk menghilangkan kotoran dan juga debu akibat aktivitas yang kita lakukan sehari-hari.

Dalam hal ini memang mandi dilakukan sebanyak dua kali sehari, namun tidak dapat dipungkiri bahwa pembilasan yang kurang bersih dapat membuat kotoran dan juga kuman masih menempel di dada dan juga punggung. Hal ini tentunya tidak jarang pembilasan sabun pada bagian dada dan juga punggung dapat memicu timbulnya jerawat di dada. Alangkah baiknya jika Anda melakukan pembilasan setelah mandi dengan bersih, lembut dan juga seluruh badan. Hidari mandi yang terburu-buru agar ceoat selesai karena ini kebiasaan yang buruk bagi Anda.

Cara Mengatasi Penyebab Munculnya Jerawat Di Dada

penyebab munculnya jerawat di dada

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat di dada, maka pada poin ini kita akan menyajikan beberapa cara mengatasi jerawat di dada dan juga punggung. Hal ini memang sangat perlu untuk Anda lakukan. Meskipun berada di tempat yang tidak terlihat, namun tetap saja jerawat di dada dapat mengganggu penampilan Anda. Untuk itu, berikut kami bagikan beberapa tips dan juga cara mengatasi jerawat di dada dan juga punggung yang tentu harus Anda lakukan sekarang juga, diantaranya:

Jaga kebersihan diri Anda

Cara mengatasi jerawat di dada tentunya tidak dapat lepas dari kebersihan diri Anda. Rajin membersihkan diri tentunya menjadi faktor utama yang memicu jerawat di dada untuk tidak muncul. Hal pertama yang mungkin dapat Anda lakukan ialah dengan mandi sesegera mungkin ketika tubuh berkeringat terutama setelah beraktivitas.

Dalam membersihkan diri dengan menggunakan sabun dan juga air tentunya dapat mengangkat keringat, minyak dan juga suncreen yang menempel pada kulit. Bagaimanapun juga, pelembab yang menempel pada kulit dapat memicu timbulnya jerawat dikarenakan kotoran yang menyumbat pori-pori pada kulit. Dengan membersihkan kotoran pada tubuh tentunya dapat mengurangi sedikitnya peradangan dan mampu mengangkat kotoran pada pori-pori kulit Anda.

Garam laut

Selain membersihkan tubuh, beberapa bahan yang tentu dapat digunakan untuk mengatasi munculnya jerawat pada tubuh ialah dengan menggunakan garam laut. Dalam hal ini garam laut dipercaya dapat membersihkan, menyembuhkan dan juga menghilangkan jerawat yang kemungkinan akan muncul di dada dan juga punggung.

Untuk menghilangkan jerawat yang ada di dada tentunya Anda dapat melakukannya dengan cara sebagai berikut:

– Siapkan 1 cangkir garam laut dan 1 liter air dalam mangkuk yang cukup besar.

– Rendam kain putih yang bersih ke dalam air tersebut.

– Peras air garam di dalam lap tersebut, namun jangan terlalu kering.

– Usapkan kain lap tersebut ke bagian dada, punggung dan bagian lain yang terdapat jerawatnya.

– Lalu, bersihkn seluruh daerah tersebut, biarkan hingga kering selama 3-5 menit.

– Ulangi langkah tersebut hingga 4-5 kali dalam sehari.

Baking Soda

Bahan yang biasa Anda gunakan untuk membuat kue ini ternyata memiliki kandungan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi jerawat di dada dan juga punggung. Baking soda atau yang lebih dikenal dengan soda kue inimemang dapat digunakan sebagai sebuah bahan alami untuk pengelupasan pada kulit Anda. Baking soda juga memiliki sifat anti peradangan yang bisa membantu mengurangi jumlah dan juga timbulnya jerawat pada tubuh yang Anda miliki.

Berikut beberapa cara yang dapat ANda lakukan jika menggunakan baking soda sebagai cara ampuh untuk mengatasi jerawat di dada, diantaranya:

– Siapkan baking soda dan juga air secukupnya

– Oleskan baking soda pada bagian tubuh yang berjerawat

– Diamkan baking soda selama 10 menit

– Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat

– Lakukan cara ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu

Lemon

Salah satu buah-buahan yang kerap dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi berbagai masalah wajah. Ternyata juga memang sangat baik digunakan sebagai cara untuk mengatasi jerawat di dada. Sifat utama yang dimiliki oleh lemon yaitu kadar asam yang lebih efektif untuk menghilangkan jerawat di dada. Selain itu, lemon juga dapat digunakan sebagai pembersih alami untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada pori-pori kulit.

Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi jerawat di dada dengan menggunakan lemon, diantaranya:

– Siapkan 2 buah lemon, lalu potong menjadi dua bagian

– Gosokkan lemon ke dada, lalu diamkan beberapa menit atau hingga kering

– Bilas dengan menggunakan air bersih

– Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda dapat mencoba memotong lemon dengan ukuran yang kecil atau sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, kemudian campurkan dengan gula sebagai scrub alami

– Anda dapat melakukan cara ini 2-3 kali dalam seminggu dan lakukan cara ini secara rutin demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Kayu manis dan madu

Kedua bahan alami yang biasa kita temui ini ternyata memiliki sifat yang efektif untuk menghilangkan jerawat di dada. Kayu manis atau dikenal dengan istilah cinnamon ternyata memiliki sifat anti mikroba yang dipercaya dapat menyingkirkan bakteri penyebab jerawat di wajah dan juga dada. Di sisi lain, madu memiliki sifat antibiotik yang keudanya dapat dicampur bersama-sama.

Cara yang dapat Anda gunakan dalam mengatasi jerawat di dada yaitu sebagai berikut:

– Cuci terlebih daulu bagian dada yang banyak terdapat jerawatnya dan tunggu sampai kering dan juga bersih

– Campurkan kayu manis dan juga madu sampai berbentuk pasta

– Setelah itu, oleskan pada area dada, diamkan selama 15 menit

– Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

– Lakukan cara ini setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Itulah beberapa hal yang dapat Anda ketahui mengenai penyebab munculnya jerawat di dada dan bagian tubuh lainnya serta cara mengatasinya. Mengidentifikasi dan melakukan cara-cara alami untuk menghilangkan jerawat di dada seperti yang sudah kami jelaskan di atas memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Semoga bermanfaat!