Penyebab Jerawat Di Punggung & Cara Mengatasi Paling Ampuh

Diposting pada

Penyebab Jerawat Di Punggung – Jerawat dipunggung menjadi salah satu masalah yang cukup besar setelah wajah. Pasalnya, jerawat di punggung dapat mengganggu penampilan kita baik wanita maupun pria. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui dan juga mengenali beberapa penyebab timbulnya jerawat dipunggung berikut ini!

Seperti yang kita tahu bahwa jerawat menjadi salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu penampilan kita. Tidak hanya di wajah, jerawat juga kerap kali muncul di bagian tubuh lainnya seperti dada dan juga punggung. Punggung dan juga dada memang menjadi salah satu tempat yang berpeluang sebagai tempat tumbuhnya jerawat.

Pada dasarnya, jerawat dipunggung memang tidak menjadi masalah yang cukup signifikan. Namun, tetap saja jerawat di punggung dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri dan juga sedikit mengganggu penampilan. Biasanya, jerawat di punggung tidak terlalu menyakitkan. Namun, beberapa dampak psikologis mungkin saja dapat timbul dari timbulnya jerawat ini. Selain itu, jerawat dapat menyebabkan krisis percaya diri ketika menggunakan gaun yang terlihat punggungnya. Baca juga: 15+ Cara Menghaluskan Wajah Dari Bekas Jerawat Yang Paling Ampuh

Penyebab Jerawat Di Punggung

penyebab jerawat di punggung

Jerawat di punggung tentunya menjadi satu masalah yang cukup menyita pikiran kita. Jerawat sebenarnya tumbuh dibeberapa bagian tubuh yang tentunya memiliki kelenjar minyak yang cukup banyak seperti jerawat dada dan juga punggung. Tentunya, penyebab jerawat di punggung bukan tanpa sebab melainkan adanya beberapa faktor yang mendukung penyebab tersebut terjadi.

Namun, beberapa hal yang harus Anda ketahui bahwa penyebab tumbuhnya jerawat di dada dan juga punggung menjadi salah satu hal yang kerap membuat kita geram. Pasalnya, jerawat di punggung terasa sangat sulit untuk diatasi dengan mudah meski menggunakan berbagai cara apapun. Penyebab jerawat di punggung memang sangat erat kaitannya dengan faktor dan juga gaya hidup kita.

Seperti halnya wajah, punggung juga memiliki kelenjar minyak yang menjadi tempat untuk memproduksi minyak secara berlebih. Kelenjar sebaceous memang merupakan salah satu kelenjar yang berfungsi untuk memproduksi minyak dan juga sebum pada kulit. Tumpukan sebum dan juga sel kulit mati yang berada pada pori-pori tentunya sangat memungkinkan sebagai penyebab timbulnya jerawat pada punggung. Berikut ini kami sajikan beberapa penyebab jerawat di punggung yang rentan terjadi baik kepada pria maupun kepada wanita. Lihat juga: 13 Penyebab Munculnya Komedo Di Wajah & Cara Mengatasinya

Salah Menggunakan Pakaian

Penyebab pertama yang menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat di punggung ialah kesalahan dalam pemakaian pakaian. Hal ini terutama ketika Anda memakai pakaian yang tidak menyerap keringat atau pakaian yang ketat. Selain itu, memakai pakaian yang tidak menyerap keringat akan menimbulkan penumpukan kotoran pada pori-pori kulit. Kondisi ini jika dibiarkan, maka akan terkontaminasi dengan kelenjar yang produksi minyak. Jika terus dibiarkan, maka pori-pori kulit akan tersumbat dan memproduksi minyak berlebih yang nantinya akan menimbulkan jerawat pada punggung.

Keringat Berlebihan

Ketika Anda melakukan aktivitas yang cukup menguras tenaga, tentunya Anda tidak dapat dipungkiri bahwa Anda akan keringat akan menempel begitu saja pada pori-pori kulit. Keringat yang keluar secara berlebih tentunya akan memicu timbulnya jerawat terutama ketika jerawat bereaksi dengan sebum pada punggung. Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja, maka jangan heran jika secara tiba-tiba jerawat akan muncul pada punggung.

Kelenjar Sebasea

Tentunya, sudah bukan rahasia lagi bahwa punggung kita memiliki kelenjar sebasae yang lebih banyak jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Hal ini tidak heran jika kelenjar sebasae bereaksi dengan keringat, maka akan menyebabkan pori-pori pada kulit punggung menjadi terganggu. Jika pori-pori kulit terganggu, maka akan menyebabkan tersumbatnya kotoran yang nantinya akan menyebabkan timbulnya benjolan jerawat pada punggung Anda. Hal ini juga mengakibatkan folikel yang ada di punggung akan rentan mengalami kelebihan sebum dan juga sel kulit mati sehingga akan menimbulkan jerawat dengan mudah.

Paparan Benda Tidak Steril

Selain dari pemakaian baju yang ketat dan juga tidak menyerap keringat, munculnya jerawat dipunggung juga diakibatkan oleh adanya paparan benda yang tidak steril dan langsung berhubungan dengan punggung kita. Hal ini bisa saja disebabkan oleh pakaian kotor dan juga jarang diganti. Selain itu, pemakaian selimut dan juga sprei dalam jangka waktu yang cukup lama dapat menyebabkan bakteri dan juga kuman bersarang di dalamnya. Jika bakteri terus bergesekan dengan kulit punggung kita, maka tidak dapat dicegah bahwa kondisi ini akan menyebabkan munculnya jerawat di punggung kita.

Memakai Produk Yang Dapat Menyumbat Pori-Pori

Selain baju yang Anda pakai, ternyata memakai produk yang dapat menyumbat pori-proi kulit tentunya dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung. Beberapa produk yang dapat menyumbat pori-pori kulit diantaranya sunscreen, massage oil, body cream dan juga body lotion. Jika sisa-sisa lotion ataupun cream menumpuk pada kulit punggung tentunya ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada punggung Anda. Tentunya, Anda harus berhati-hati dalam penggunaan cream dan juga lotion pada punggung. Hal ini dikarenakan residu dari lotion tersebut dapat menyumbat pori-pori kulit punggung Anda.

Kulit Anda Cenderung Mudah Berjerawat

Kondisi ini tentunya tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang memiliki kulit yang cenderung berjerawat. Hal ini juga berkaitan dengan faktor genetik dimana adanya riwayat keluarga yang berjerawat. Maka dari itu, jangan heran jika tiba-tiba Anda memiliki jerawat yang dapat tumbuh di punggung dengan sangat mudah.

Jarang Mengonsumsi Makanan Pencegah Jerawat

Perlu Anda ingat bahwa makanan yanng bernutrisi dan juga bergizi dapat sedikitnya mencegah timbulnya jerawat pada kulit Anda. Sayuran dan juga buah-buahan yang mengandung antioksidan tentunya dapat mencegah timbulnya jerawat pada punggung. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mengurangi konsumsi makanan yang cepat saji dan juga instan seperti burger dan juga milkshake.

Jarang Membersihkan Punggung Ketika Mandi

Setiap hari tentunya Anda tidak akan melewatkan untuk membersihkan diri. Meskipun sulit untuk dijangkau, akan tetapi membersihkan area punggung menjadi sesuatu hal yang harus Anda lakukan. Jika tidak dibersihkan atau jarang dibersihkan, maka residu dari sabun akan menyebabkan kotoran yang nantinya akan menimbulkan jerawat pada punggung.

Bahaya Jerawat Pada Punggung

Jika jerawat pada punggung tetap dibiarkan begitu saja, maka adanya kemungkinan jerawat tersebut menimbulkan efek yang cukup berbahaya bagi Anda. Hal ini dikarenakan banyak yang menganggap bahwa jerawat di punggung adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya, namun kenyataannya jerawat di punggung dapat diindikasi sebagai pertanda adanya gangguan pada tubuh Anda. Beberapa bahaya yang kemungkinan dapat timbul dari jerawat di punggung, diantaranya:

Kulit akan mengalami iritasi

Iritasi pada kulit tentunya menjadi sesuatu hal yang sangat membuat Anda tidak nyaman. Selain perih, iritasi pada punggung juga dapat menimbulkan bekas-bekas hitam sehingga akan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Iritasui pada punggung akibat munculnya jerawat dapat diakibatkan penggunaan pakaian yang terlalu ketat, produksi keringat yang berlebih serta seringnya terpapar oleh bahan yang tidak steril.

Adanya kelainan hormon

Bahaya kedua akibat dari munculnya jerawat di punggung ialah adanya kelainan hormon pada tubuh Anda. Meskipun sudah menjalankan hidup sehat dan juga rutin membersihkan diri. Namun, jerawat di punggung juga dapat menjadi indikasi bahwa keadaan hormon pada tubuh Anda sedang tidak stabil. Pada umumnya, orang yang mengalami kelainan hormon akan terus menerus mengalami wajah ataupun punggung yang berjerawat.

Kelainan hormon tentunya akan membuat kulit memproduksi minyak berlebih pada punggung. Jika terus dibiarkan, maka kulit akan memproduksi minyak berlebih yang nantinya akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat sehingga akan mulai timbulnya jerawat dan juga flek hitam pada area punggung. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda selalu menggunakan pelembab anti jerawat dan juga kulit berminyak untuk menjaga kesehatan kulit punggung Anda.

Punggung menanggung beban yang cukup berat

Faktor bahaya karena timbulnya jerawat di punggung bisa juga disebabkan oleh punggung yang terlalu berat dalam menahan beban. Jerawat yang mulai muncul pada punggung akibat beban berat, tentunya ini menjadi salah satu usaha Anda untuk mengurangi beban yang ditumpukkan pada punggung. Contoh yang paling berpengaruh dalam menyebabkan jerawat di punggung akibat beban berat ialah mengurangi membawa tas ransel yang cukup berat.

Ketika Anda menanggung beban tas yang cukup berat, hal ini tentunya akan menyebabkan adanya tekanan pada kulit sehingga akan membuat otot terasa pegal dan membuat kulit menjadi tidak nyaman. Jika tekanan pada otot dan kulit terus berlanjut, maka tidak menutup kemungkinan akan memudahkan bakteri dan juga kuman untuk mengiritasi kulit Anda sehingga akan mudah timbulnya jerawat.

Terbentuknya abses

Faktor selanjutnya yang dapat mengindikasi bahwa kulit punggung Anda berjerawat ialah adanya abses yang terbentuk pada punggung Anda. Perlu Anda tahu bahwa abses adalah kumpulan nanah yang berkumpul pada suatu titik pada bagian tubuh termasuk juga pada punggung. Kondisi ini juga akam menimbulkan jerawat yang bernanah pada kulit. Abses terbentuk karena adanya reaksi alami dari dalam tubuh sebagai perlawanan dari adanya infeksi yang menyerang bagian tubuh tertentu. Abses akan menimbulkan gejala yang cukup buruk jika dibiarkan begitu saja dan tidak segera diobati.

Adanya kelainan genetik

Kelainan genetik yang pada tubuh seseorang tentunya dapat ditandai dengan tumbuhnya jerawat pada punggung. Tanda bahwa Anda memiliki kelainan genetik ialah neurofibromatosis yanng merupakan suatu benjolan pada bagian kulit Anda akibat adanya gangguan sel di dalam tubuh Anda sehingga akan tumbuh tumor yang bersifat jinak pada jaringan saraf. Meskipun tumor tersebut bersifat jinak, namun tetap saja Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih serius.

Cara Mengatasi Jerawat Di Punggung

Jika Anda termasuk pada orang yang memiliki jerawat yang berlebih, tentunya ini menjadai salah satu usaha bagi Anda untuk mencari cara dan juga alternatif untuk mengatasi jerawat di punggung. Berikut ini cara yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi timbulnya jerawat di punggung, diantaranya:

Menggunakan sabun antibakteri

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan selalu menggunakan sabun antibakteri. Jerawat di punggung tentunya dapat disebabkan oleh adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Penggunaan sabun antibakteri tentunya dapat Anda coba sebagai cara untuk mengatasi jerawat yang menempel di punggung.

Menggunakan masker tomat

Selain menggunakan sabun antibakteri, bahan alami juga dipercaya dapat mengatasi jerawat pada punggung. Tomat memang sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya pada jerawat membandel di kulit punggung Anda. Seperti yang kita tahu bahwa tomat mengandung beberapa vitamin seperti A, C, K, E dan juga vitamin B kompleks. Vitamin-vitamin tersebut tentunya dapat membunuh bakteri dan juga kuman yang mengendap di dalam kulit.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada tomat dapat menyingkirkan sel kulit mati, debu dan juga kotoran sehingga akan sangat mudah untuk mencegah jerawat di punggung untuk tidak muncul kembali. Cara yang dapat Anda lakukan tentunya sangat mudah, hanya dengan memblender tomat, lalu oleskan pada kulit punggung yang terkena jerawat.

Menggunakan putih telur

Putih telur memang sudah terkenal akan keampuhannya dalam mengatasi wajah yang berjerawat. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya untuk diaplikasikan pada kulit punggung Anda. Putih telur memang memiliki sifat eksfoliate yang dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit punggung. Dalam menggunakan putih telur tentunya Anda bisa meminta bantuan keluarga Anda untuk mengoleskan putih telur ke punggung Anda.

Menggunakan lemon

Selain menggunakan tomat, Anda juga dapat menggunakan lemon sebagai cara alami untuk mengatasi jerawat pada punggung. Cara ini memang menjadi cara yang paling ampuh untuk mengatasi jerawat yang ada pada punggung. Hal ini dikarenakan lemon mengandung vitamin C dan juga asam yang terbukti dapat mencegah peradangan jerawat yang ada di punggung.

Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan juga kelembapan kulit. Lemon juga dipercaya dapat membunuh kuman dan juga bakteri sebagai penyebab jerawat di punggung. Cara yang dapat Anda lakukan ialah dengan memeras lemon terlebih dahulu, lalu oleskan campuran lemon tersebut pada bagian kulit punggung yang terkena jerawat dengan menggunakan kapas.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Di Punggung

Setelah kita mengetahui cara mengatasi jerawat pada punggung, tentunya sekarang kita dihadapkan pada cara mencegah timbulnya jerawat pada punggung. Meskipun jerawat disebabkan oleh adanya kelainan genetik, tumor dan juga gangguan kulit lainnya. Tetap saja, diperlukan cara untuk mengatasi timbulnya jerawat pada punggung untuk meminimalisir munculnya benjolan jerawat pada punggung. Cara mencegah timbulnya jerawat di punggung dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Jangan sering menggunakan tas ransel

Seperti yang sduah disebutkan di atas bahwa tas ransel memang memiliki efek yang cukup buruk terhadap kulit area punggung. Selain itu, kulit punggung juga akan rentan terkena iritasi sehingga akan terus bergesekan dan menimbulkan jerawat yang ada pada punggung. Tas ransel yang terlalu berat juga dapat menyebabkan otot menjadi kelelahan.

Ganti pakaian sesering mungkin

Jika Anda termasuk orang yang sering mengabaikan satu kebiasaan ini, maka jangan harap jerawat yang ada di punggung Anda dapat menghilang. Hal ini dikarenakan pakaian yang kotor akan mudah menempelkan bakteri dan juga kuman pada kulit punggung. Maka dari itu, jangan malas untuk selalu mengganti pakaian setelah beraktivitas.

Jangan menggunakan pakaian yang ketat

Selalu menggunakan pakaian yang ketat dan juga tidak menyerap keringat tentunya dapat menyebabkan keringat menumpuk pada pori-pori kulit punggung. Hal ini tentunya menyebabkan kulit punggung tidak dapat bernapas. Maka dari itu, selalu gunakan pakaian yang cukup longgar ketika Anda melakukan aktivitas di luar yang berkeringat.

Menjaga kulit punggung tetap bersih dan juga terhindar dari jerawat memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Itulah beberapa penyebab jerawat di punggung yang harus Anda ketahui dan melakukan cara-cara untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung. Semoga bermanfaat!