15 Penyebab Bibir Kering & Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab Bibir Kering – Bibir kering tentunya membuat penampilan seorang wanita menjadi kurang percaya diri. Bagaimanapun juga, bibir yang kering dapat menghambat penampilan kita tampak sempurna. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa penyebab bibir menjadi kering agar dapat mengetahui cara dan juga alternatif untuk mencegahnya.

Bibir yang kering dan juga pecah-pecah memang sangat umum dan juga biasa terjadi baik pada wanita maupun pada pria terlebih pada musim panas. Berapapun usia seseorang tentunya dapat mengalami bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Hal ini dikarenakan penyebab bibir kering dapat dipicu oleh berbagai faktor yang tentunya dialami oleh setiap orang.

Bibir yang kering tentu saja bukan tanpa sebab dan alami terjadi. Akan tetapi, dipicu oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Faktor-faktor tersebut tentunya sangat berperan dalam membuat bibir menjadi lebih kering dan juga pecah-pecah. Tentunya sangat penting bagi Anda untuk mengenali penyebab bibir kering sehingga dapat mengobati dan juga menghindari penyebab tersebut. Baca juga : Masker Wajah Alami Agar Wajah Awet Muda | Tips & Teknik

Penyebab Bibir Kering

penyebab bibir kering

Apakah Anda mempunyai masalah pada bibir? Atau Apakah bibir Anda rentan mengalami pecah-pecah dan juga kering? Tentunya, kondisi tersebut membuat Anda tidak merasa nyaman. Bagaimanapun juga, bibir memiliki lapisan yang tipis dan juga transparan sehingga jika bibir kering dan juga pecah-pecah dapat terlihat dengan jelas.

Kulit bibir memang berbeda dengan kulit wajah dimana kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Hal ini tentunya dapat membuat bibir menjadi lebih kering dan juga pecah-pecah. Ditambah dengan cuaca yang cukup ekstrim terutama pada musim panas. Lihat juga: 30 Cara Alami Merawat Kesehatan Bibir Agar Tidak Hitam dan Pecah-Pecah

Bibir pecah-pecah dan juga kering tentunya menjadi sebuah tanda bahwa kurangnya perawatan pada seseorang. Bibir yang bermasalah tentunya memiliki beberapa tanda dan juga gejala diantaranya bersisik, luka, kering, retak, pendarahan dan juga mengelupas. Kondisi tersebut tentunya dikarenakan beberapa sebab. Maka dari itu, kami sajikan beberapa penyebab bibir kering yang harus Anda ketahui diantaranya:

1. Dehidrasi

Salah satu penyebab bibir kering yang pertama yaitu kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh yang biasa kita sebut dengan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan zat mineral alami tentunya dapat menyebabkan kerusakan sistem di dalam organ tubuh sehingga akan membuat dampak negatif pada kulit Anda, tidak terkecuali bagi bibir Anda.

Selain itu, dehidrasi menyebabkan berbagai masalah kesehatan diantaranya menurunnya produksi urin, sembelit, pusing, bibir kering dan juga sakit kepala. Untuk beberapa kasus, dehidrasi dapat menyebabkan demam, jantung berdebar dan juga tekanan darah yang rendah. Jika cairan tubuh tercukupi sedikitnya dapat menghindari diri dari dehidrasi sehingga membuat bibir Anda menjadi lebih lembab. Untuk itu, penuhilah kebutuhan air setidaknya 8-12 gelas setiap harinya.

2. Sering menggigit bibir

Jika Anda kerap melakukan kebiasaan ini tentunya Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut pada saat ini juga. Menggigit bibir memang dapat terjadi secara spontan terlebih jika kita gugup dan juga cemas atau juga sedang fokus pada hal-hal tertentu. Kebiasaan menggigit bibir selain dapat mengganggu kesehatan bibir juga dapat membuat bibir semakin pecah-pecah dan juga kering. Dengan menggigit bibir tentunya Anda sudah membuka jalan untuk membuat bibir Anda terkoyak dan juga retak parah bahkan berdarah. Untuk itu, jangan sekali-kali menggigit bibir terutama ketika bibir kering pada saat musim panas. Hal ini dikarenakan dapat membuat kondisi bibir menjadi semakin parah.

3. Makanan pedas dan juga asin

Rasa pedas pada menu makanan tertentu pastinya dapat membuat bibir menjadi panas. Rasa panas inilah yang membuat keadaan bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Jika Anda orang yang memiliki masalah dalam bibir, sebaiknya kurangi porsi untuk memakan makanan asin dan juga pedas.

Rasa asin yang berasal dari garam tentunya dapat menyebabkan iritasi pada lapisan bibir sehingga dapat menyebabkan peradangan. Kondisi ini juga berlaku pada makanan pedas. Dengan mengurangi dan juga menghindari makanan asin dan juga pedas, tentunya Anda dapat mencegah bibir pecah-pecah dan juga kering. Sebagai solusinya, Anda dapat memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur untuk mengembalikan keseimbangan pH pada tubuh.

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Kemungkinan besar bibir yang kering dan juga pecah-pecah disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat tentunya dapat meningkatkan resiko bibir pecah-pecah dan juga kering, diantaranya:

– Obat-obatan kemoterapi

– Lithium (obat-obatan gangguan bipolar)

– Suplemen vitamin A

– Retinoid (Retin-A dan Differin)

– Obat anti-jerawat isotretinoin atau Accurate

Beberapa obat tersebut tentunya dapat beresiko menyebabkan kulit bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah.

5. Paparan sinar matahari berlebih

Penyebab bibir kering selanjutnya yaitu seringnya terkena paparan sinar matahari berlebih dan juga langsung ke dalam wajah Anda. Ketika cuaca panas, berawan dan juga mendung tentunya dapat mengakibatkan bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Untuk itu, Anda dapat mengoleskan lipbalm dan juga SPF 15 setiap kali Anda akan melakukan aktifitas di luar ruangan.

Tentunya, Anda dapat memilih lipbalm yang mengandung avobenzone, zinc oxide, dan titanium dioxide sebagai pelindung UVA. Kandungan yang terdapat di dalam lipbalm tentunya dapat membantu melembabkan bibir sehingga akan meminimalisir efek pengeringan pada bibir. Maka dari itu, Anda dapat mengoleskan lipbalm pada bibir setiap keluar rumah.

6. Menjilat bibir

Salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering ialah dengan selalu menjilat bibir. Kebiasaan buruk ini tentunya harus Anda hindari jika tidak ingin memiliki bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Meskipun menjilat bibir dapat melembabkan bibir sementara, akan tetapi kebiasaan ini dapat membuat air liur menggerogoti kulit bibir sehingga kelembabannya dapat berkurang.

Faktanya, air liur mengandung enzim yang dapat membantu mencerna makanan buka sebagai pelembab alami bibir. Ketika air liur berada pada bibir tentunya akan menyatu dengan udara luar sehingga dapat membuat bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Untuk itu, kebiasaan menjilat bibir yang dilakukan berulang tentunya dapat memperparah keadaan dan juga kondisi bibir.

Sebagai solusinya, Anda dapat menghentikan kebiasaan menjilat bibir meski bibir Anda kering dan juga pecah-pecah. Dengan mengaplikasikan lipbalm dan juga obat pelembab bibir, Anda tentunya dapat mengurangi kebiasaan buruk tersebut. Atau Anda juga dapat mengoleskan gel alami seperti lidah buaya pada bibir Anda. Lidah buaya mengandung zat yang dapat menyembuhkan kulit bibir dari rasa pahit dan juga kekeringan.

7. Bernafas dengan menggunakan mulut

Salah satu penyebab bibir kering dan juga pecah-pecah yaitu dengan melakukan kebiasaan bernapas melalui mulut. Ketika bernapas melalui mulut tentunya memiliki jumlah udara di dalam ruangan menjadi lebih sedikit sehingga udara menjadi kering. Dengan kondisi tersebut tentunya menjadikan bibir menjadi kering sangatlah mudah. Mendengkur ketika tidur juga dapat menyebabkan kulit bibir menjadi kering. Maka dari itu, Anda dapat melembapkan bibir yang kering sebelum Anda tidur.

8. Adanya iritasi

Jika bibir terkena iritasi, satu hal yang pasti bibir Anda akan mengalami kering dan juga pecah-pecah. Beberapa produk kosmetik dan juga makanan sangat berpotensi membuat bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Iritasi tersebut jika dibiarkan begitu saja tentunya dapat berpotensi membuat bibir kering, pecah-pecah bahkan berdarah. Untuk itu, menghindari makanan dan juga kosmetik yang dapat menyebabkan iritasi ialah suatu keharusan bagi Anda. Anda dapat menghentikan penggunaan kosmetik tersebut sembari menggunakan lip balm untuk mengobatinya.

9. Mengonsumsi vitamin A

Orang yang mengonsumsi vitamin A terlalu berlebihan tentunya dapat menyebabkan bibir  menjadi lebih kering. Untuk itu, Anda dapat menghentikan konsumsi vitamin A untuk tidak berlebihan.

10. Alergi

Seseorang sebagai penderita alergi rentan mengalami bibir kering. Beberapa alergi dapat menyebabkan bibir menjadi lebih kering dan juga iritasi. Maka dari itu, segera konsultasikan kepada dokter spesialis kulit untuk mendapatkan perawatan.

11. Perubahan cuaca yang cukup ekstrim

Tentunya, penyebab bibir kering dapat disebabkan oleh adanya perubahan cuaca yang cukup ekstrim. Perubahan cuaca dari panas ke hujan ataupun sebaliknya tentunya dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Tentunya, Anda harus menjaga kelembapan bibir pada saat cuaca cukup ekstrim. Alangkah baiknya jika Anda mengatasinya dengan menggunakan lipbalm dan juga konsumsi air minum yang cukup untuk mencukupi kebutuhan vitamin E dan juga C.

12. Pemakaian lipstik

Lipstik yang kurang berkualitas tentunya dapat membuat bibir menjadi hitam dan juga kering. Terlebih jika tidak dibersihkan dengan maksimal, kotoran akan menumpuk pada bibir. Untuk itu, sebaiknya Anda membersihkan makeup dan juga lipstik pada saat menjelang tidur. Atau Anda juga dapat memilih produk lipstik yang berkualitas untuk bibir Anda dan juga yang mengandung pelembab pada bibir.

13. Kurang perawatan bibir

Bibir yang kering dan juga pecah-pecah tentunya dapat disebabkan oleh kurangnya perawatan pada bibir. Jenis perawatan di sini tentunya dapat berupa scrubbing secara rutin. Anda dapat melakukan scrubbing pada bibir setidaknya 2 minggu sekali atau sesuai kebutuhan. Anda tentunya dapat menggunakan scrub alami untuk melakukan perawatan pada bibir dengan gula dan madu atau bahan alami lainnya. Penumpukan sel kulit mati pada bibir tentunya dapat membuat bibir menjadi hitam, kering dan juga pecah-pecah.

14. Kekurangan nutrisi dan juga vitamin C

Tubuh yang kekurangan nutrisi dan juga vitamin C tentunya dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan juga pecah-pecah. Terlebih jika tubuh kekurangan vitamin C tentunya dapat membuat bibir kering bahkan berdarah. Untuk itu, gemar mengonsumsi buahan-buahan dan juga sayuran dapat satu langkah mencegah dari penyebab bibir kering.

15. Bibir tidak dilindungi

Tidak hanya kulit wajah yang harus dihindari, tetapi hal ini berlaku juga untuk kulit bibir. Kulit bibir juga harus dilindungi dengan menggunakan pelindung agar bibir terhindar dari kekeringan dan juga pecah-pecah. Jika diperlukan Anda dapat mengoleskan sunblock ke bibir Anda ketika keluar rumah. Anda juga dapat menjaga kelembapan bibir dengan menggunakan petroleum jelly atau beeswax terutama pada saat cuaca ekstrim.

Penyebab bibir kering dan juga pecah-pecah di atas tentunya menjadi tugas bagi kita untuk mencegahnya agar tidak terjadi. Itulah beberapa penyebab bibir kering yang harus Anda ketahui agar dapat menghindarinya sebaik mungkin.

Cara Mengatasi Bibir Kering

penyebab bibir kering

Setelah kita mengetahui penyebab bibir kering tentunya kita akan beralih pada cara mengatasi bibir kering baik secara alami maupun modern. Beberapa cara dan juga alternatif dalam mengatasi bibir kering tentunya dapat Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

1. Madu

Tentunya, madu mengandung pelembab alami yang dapat mengobati bibir kering dan juga pecah-pecah. Anda tentunya dapat mengoleskan madu langsung ke bibir Anda setiap malam dan biarkan mengering ketika Anda tidur. Pada paginya harinya, Anda dapat membilas bibir Anda dengan air bersih. Anda juga dapat mencampurkan madu dengan air mawar atau gliserin sebelum tidur.

2. Minyak jarak

Minyak jarak merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan bibir sehingga bibir tidak kering dan juga pecah-pecah. Anda tentunya dapat mengoleskan minyak jarak pada bibir 1-2 kali setiap harinya. Anda dapat mengoleskan minyak jarak dengan mencampurkannya satu sendok gliserin dan juga air lemon. Anda dapat mengoleskan bibir sebelum tidur. Anda juga dapat mengoleskannya dengan menggunakan kapas agar minyak tidak lumer. Keesokan harinya Anda dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat hingga bibir menjadi lembab.

3. Air mawar

Air mawar dan juga kelopaknya dapat berfungsi untuk menjaga kelembapan bibir sehingga dapat membuatnya lebih berkilau. Anda tentunya dapat memetik segenggam bunga mawar yang dapat direndam di dalam gliserin dan susu. Anda juga dapat menambahkan madu kemudian haluskan bunga mawar untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah itu usapkan pada bibir ke seluruh wajah dan lakukan setiap tidur.

4. Kantong teh hijau

Perawatan bibir dengan menggunakan kantong teh hijau merupakan cara yang kuno dan juga tradisional. Anda tentunya dapat menggunakan kantong teh hijau dengan melakukan penekanan pada bibir kurang lebih 4 menit. Anda dapat melakukan perawatan ini setiap hari untuk menjaga kelembapan bibir.

5. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki tekstur gel yang dijadikan sebagai bahan alami untuk merawat wajah.  Hal ini juga berlaku pada perawatan bibir dimana bibir yang pecah-pecah dan juga kering dapat kembali menjadi lembab. Selain itu, gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan juga mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat luka pada bibir.

6. Gula

Dengan menggunakan gula sebagai scrub tentunya dapat menjadi langkah bagi Anda untuk mencegah terjadinya bibir yang kering dan juga pecah-pecah. Gula tentunya dapat membantu pengelupasan kulit bibir sehingga sel-sel kulit mati yang menumpuk pada bibir dapat hilang. Penumpukan sel kulit mati inilah yang menyebabkan kering-kering, pecah-pecah dan juga bibir yang hitam.

Dengan mencampurkan 2 tetes minyak zaitun dan juga setengah sendok gula, kemudian Anda dapat mengoleskan ke bibir dan menggosoknya secara perlahan. Lalu, Anda tunggu sampai 3-5 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Atau sebagai gantinya, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan minyak zaitun dan juga madu.

7. Air lemon

Air perasan lemon tentunya dapat membantu pengelupasan sel kulit mati pada bibir. Dengan mengoleskan perasan lemon, Anda juga memiliki antioksidan yang baik untuk kulit. Anda dapat mengambil 3 tetesan air lemon kemudian campur dengan satu sendok krim susu. Lalu masukkan ke dalam lemari es kurang lebih 1 jam. Anda dapat mengoleskan bibir setiap malam sebelum tidur.

Perawatan bibir tentunya suatu keharusan bagi  Anda untuk mendapatkan bibir yang lembab dan juga terawat. Tentunya, Anda dapat mencegah penyebab bibir kering untuk mendapatkan perawatan yang intensif. Itulah beberapa penyebab bibir kering yang harus Anda ketahui agar dapat mencegahnya semaksimal mungkin. Semoga bermanfaat!