Mengetahui Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Mengetahui Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya – Jerawat adalah gangguan kesehatan kulit yang paling sering dihadapi. Kondisi ini akan mungkin menyebabkan seseorang yang mengalaminya dirundung krisis percaya diri. Oleh karenanya, penting sekali mengatasi jerawat dengan mengetahui penyebab jerawat dibawah ini.

Memiliki kulit yang mulus dan tanpa masalah tentu menjadi dambaan untuk setiap orang. Akan tetapi sayangnya, meski sudah bekerja keras mati-matian menjaga kulit agar senantiasa tampil bersih. Namun masalah seringkali muncul secara tidak terduga. Semisal dengan timbulnya jerawat pada bagian wajah dan tubuh. Selain menyakitkan, jerawat yang muncul pada bagian tubuh yang terbuka akan tentu membuat anda tidak percaya diri dengan kondisi ini. Akibatnya, ketika masalah kulit ini muncul maka seringkali mood anda terpengaruh menjadi buruk karenanya. Baca juga: Cara Membersihkan Jerawat Pada Wajah Secara Ampuh

mengetahui penyebab jerawat dan cara mengatasinya

Nah, melihat kondisi seperti ini maka penting sekali mengetahui cara mengatasi jerawat. Hal ini tentu akan erat kaitannya dengan mengetahui terlebih dahulu penyebab dari jerawat itu sendiri. Dengan demikian, setidaknya metode untuk mengatasi kondisi ini akan dapat lebih mudah diatasi. Dibawah ini adalah beberapa informasi untuk mengetahui penyebab jerawat dan cara mengatasinya. Ingin tahu seperti apa? Mari kita simak beberapa informasinya dibawah ini.

Mengetahui Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Jerawat dapat muncul ketika folikel rambut atau bulu halus tersumbat oleh pencampuran sel kulit mati, kotoRan dan sebum. Sebum adalah zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak yang berfungsi untuk mencegah kekeringan pada bagian kulit. Kemudian, kondisi ini pun dapat terjadi sebab infeksi bakteri yang menyebabkan adanya peradangan pada daerah sumbatan tersebut.

Sementara itu, pada kasus komedo hitam sumbatan folikel tersebut menyumbat bagain pori-pori kulit. Sebaliknya, untuk kasus komedo putih dimana sumbatan follikel tersebut berada tidak jauh dibawah permukaan kulit yang menciptakan timbulnya benjolan.

Kondisi jerawat dan komedo pada dasarnya tidak dapat dianggap sebagai kondisi yang enteng. Karena hal ini pun bukan tidak mungkin dapat berkembang menjadi jerawat yang parah. Misalkan menjadi pastula, papula atau bahkan menjadi nodul. Dimana kondisi ini pada umumnya adalah kondisi kembali dari sumbatan folikel yang turut terjangkiti oleh bakteri yang ada pada kulit. Nah, dibawah ini adalah pemicu timbulnya jerawat yang lain pada tubuh dan wajah.

Pemicu Timbulnya Jerawat

Ada beberapa faktor yang dapat memicu atau meningkatkan resiko seseorang terkena dengan jerawat. Beberapa hal dibawah ini akan dapat anda simak dengan mudah.

Perubahan Hormon

Penyebab timbulnya jerawat yang pertama adalah adanya perubahan hormon. Diperkirakan jerawat yang menyerang orang-orang dewasa timbul akibat adanya perubahan hormon. Sekitar 8 dari sebanyak 10 kasus jerawat pada orang dewasa, terutama wanita lebih rentan terjadi pada kondisi-kondisi tertentu dimana hormonlah yang menyebabkan kondisi ini terjadi.

Contohnya seperti menstruasi dan kehamilan yang menyebabkan kondisi ini dapat terjadi. Jerawat memang rentan menyerang wanita pada saat menjelang menstruasi. Sementara pada ibu hamil, kondisi ini dapat muncul pada 3 bulan pertama kehamilannya. Untuk jerawat jenis ini bisanya kondisi ini akan dapat kembali normal dengan sendirinya. Jadi demikian, tidak dibutuhkan penanganan tertentu untuk mengatasi kondisi jerawta yang satu ini.

Masa Pubertas

Masalah lain yang juga dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah adalah masa pubertas. Kondisi ini pada umumnya lebih sering dialami oleh anak remaja. Ketika masa pubertas, sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak akan meningkat yang mana kondisi ini akan seiring dengan diproduksinya hormone testosteron. Selain itu, terkadang kondisi ini pun diproduksi melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh kulit. Sehingga demikian, kondisi jerawat menjadi lebih mudah muncul.

Efek Samping Penggunaan Kosmetik

Kondisi lain yang juga menyebabkan jerawat dapat muncul adalah akibat dari penggunaan kosmetik. Beberapa bahan kimia berbahaya yang ada dalam kosmetik yang digunakan akan dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Apalagi saat ini ada ada cukup banyak produk kosmetik yang menggunakan bahan minyak atau lemak sebagai bahan utamanya. Kandungan bahan inilah yahng akan dapat membuat sumbatan minyak dan bakteri pada pori menjadi lebih buruk. Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk lebih selektif dalam memilih produk kosmetik yang anda gunakan sehari-hari.

Iritasi Akibat Benda yang Dikenakan

Bintik jerawat dapat pula muncul sebagai akibat dari gesekan atau tekanan dari material yang dikenakan pada bagian wajah. Contohnya, ketika anda menggunakan ikat kepala atau menggunakan poni rambut yang dibentuk pada bagian kening kepala.

Kotoran dari rambut atau keringat yang ada didalamnya akan mungkin menyebar pada bagian kulit wajah. Sehingga bila kondisi ini terus-terusan terjadi maka akibatnya jerawat menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Oleh karenanya, pertimbangkan kembali ketika anda hendak menggunakan beberapa benda atau memasang poni pada bagian depan kening anda.

Cara Mengatasi Jerawat

Jerawat memang menjadi salah satu permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Oleh karenanya, penting sekali mencari cara untuk dapat mengatasi masalah ini dengan baik. Nah, dibawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi jerawat dengan mudah.

Rajin Membersihkan Wajah

Sumbatan keringat yang bercampur dengan bakteri pada bagian wajah akan dapat menimbulkan jerawat yang mudah menyerang. Masalah ini akan dapat anda atasi dengan selalu mencuci wajah dengan rutin. Utamanya setelah anda melakukan aktivitas yang cukup banyak.

Hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah sumbatan keringat dan bakteri yang terjebak pada bagian pori kulit. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan produk pencuci wajah yang aman dan cocok dengan jenis kulit anda. Agar minyak dapat dibersihkan dari wajah dengan merata dan lebih mudah.

Selektif Memilih Jenis Kosmetik

Penggunaan kosmetik wajah memang tidak dilarang, akan tetapi mengingat saat ini ada banyak jenis kosmetik yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah. Maka sudah semestinya anda lebih waspada memilih model kosmetik dengan baik. Hindari memilih produk kosmetik dengan kandungan minyak yang banyak.

Sebaliknya, penggunaan kosmetik yang aman dari bahan herbal organic akan sangat baik untuk anda pilih. Selain itu, hindari pula penggunaan bahan kimia atau obat jerawat yang berbahaya. Sebab hal ini malah akan menimbulkan efek ketergantungan untuk anda.

Jangan Terlalu Sering Menyentuh Kulit Wajah

Menyentuh wajah dengan terlalu sering dapat menjadi pemicu munculnya jerawat dengan lebih mudah pada bagian wajah. Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk tidak melakukan hal ini terlalu sering pada bagian wajah anda.

Hal ini dikarenakan kita tidak bisa selalu memastikan bahwa tangan kita selalu bersih dan higienis. Paparan bakteri bisa masuk dari tangan kedalam pori kulit saat anda menyentuh wajah anda. Jadi demikian, mulai saat ini hindari terlalu sering menyentuh bagian wajah anda.

Itulah dia beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan kali ini. Pada intinya, menjaga kebersihan wajah adalah tindakan paling ampuh untuk mencegah agar masalah kulit wajah tidak terjadi.