Awas! 12 Kebiasaan Buruk Yang Memicu Pori-Pori Semakin Besar

Diposting pada

Kebiasaan Buruk Yang Memicu Pori-Pori Semakin Besar – Ukuran pori-pori yang bertambah besar kerap disebabkan oleh beberapa hal termasuk kebiasaan yang cukup sulit untuk kita hindari. Besarnya pori-pori tentunya berkaitan erat dengan bagaimana Anda merawat wajah Anda sehari-hari. Apakah wajah Anda terawat dengan baik ataukah tidak? Berikut ini kami sajikan beberapa kebiasaan yang kerap dilakukan oleh banyak orang terutama wanita yang dapat memicu pori-pori semakin berukuran besar!

Masalah wajah yang dirasakan setiap orang memang tidak akan ada habisnya. Hal ini dikarenakan banyak sekali permasalahan wajah yang kerap dialami oleh setiap orang. Namun tentunya permasalahan wajah yang dialami oleh setiap orang berbeda. Sebagian orang ada yang mengeluh akan masalah jerawat dan juga komedo yang dianggapnya cukup sulit untuk diatasi. Namun, tidak sedikit pula orang yang mengalami masalah wajah lain seperti misalnya pori-pori wajah yang besar. Baik wanita ataupun pria memiliki pori-pori yang besar tentu menjadi hal yang sangat mengganggu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang ingin tampil dengan wajah yang sempurna. Namun pada kenyataanya tidaklah demikian. Banyak sekali orang yang melakukan berbagai cara agar wajah yang ia miliki bisa putih, bersih dan juga kinclong. Akan tetapi, wajah yang sempurna tidak hanya didapatkan dari perawatan yang kita lakukan. Namun berhubungan pula dengan kebiasaan yang kita lakukan saat merawat wajah. Begitupula dengan pori-pori yang besar dimana kebiasaan tertentu dapat memicunya menjadi semakin membesar. Baca juga: 15 Cara Agar Bibir Tetap Lembap Yang Bisa Anda Lakukan

Kebiasaan Buruk Yang Memicu Pori-Pori Semakin Besar

kebiasaan buruk yang memicu pori-pori semakin besar

Masalah wajah yang satu ini kerap menyita perhatian dan juga pikiran seseorang. Pasalnya, pori-pori yang besar sangat sulit untuk diatasi dibandingkan dengan jerawat. Meskipun memang banyak sekali orang yang mengeluhkan akan gangguan masalah jerawat pada wajah. Pori-pori yang besar tentunya menjdai masalah yang sangat mengganggu penampilan kita. Tidak sedikit orang yang kehilangan kepercayaan dirinya dikarenakan memiliki pori-pori wajah yang besar. Terlebih jika Anda melibatkan penampilan yang sempurna pada aktivitas Anda sehari-hari.

Sebenarnya pori-pori yang besar dapat disebabkan oleh kesalahan kita dalam merawat wajah. Ditambah dengan beberapa kebiasaan buruk yang ternyata sangat sulit untuk diubah. Bagi Anda yang secara kebetulan memiliki masalah wajah dengan besarnya pori-pori. Tentu, alangkah baiknya bagi Anda untuk mengetahui beberapa penyebab serta kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu pori-pori semakin besar. Beberapa kebiasaan buruk yang memicu pori-pori semakin besar , diantaranya:

Lihat juga: 15 Cara Memutihkan Wajah Dengan Cuka Apel Berikut Langkah Mudah

Sering Mengonsumsi Lemak

Kebiasaan pertama yang mungkin sangat sulit untuk dihindari yakni seringnya mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi. Beberapa jenis makanan berlemak lainnya yang dapat memicu besarnya pori-pori diantaranya susu, mentega, gorengan dan juga makanan junk food lainnya. Bagaimanapun juga, makanan dengan lemak yang tinggi akan membuat wajah rentan berminyak. Tidak heran jika makanan yang berminyak dan juga berlemak akan membuat wajah Anda berkemodo. Jika sudah terjadi, maka pori-pori wajah akan semakin terbuka lebar dan juga besar. Jangan heran bagi Anda penyuka gorengan akan sangat rentan mengalami pori-pori yang membesar.

Sering Terkena Sinar Matahari

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan tentunya sangat memungkinkan bagi Anda untuk terus terpapar sinar matahari secara langsung. Wajah yang terpapar sinar matahari tanpa memakai perlindungan apapun seperti sunblok ataupun topi, tentu berisiko tinggi terjadinya pelebaran pori-pori. Tidak hanya pori-pori yang membesar, namun juga memicu masalah wajah lainnya seperti jerawat dan juga flek hitam.

Cenderung cuek terhadap penampilan dan juga sinar matahari tanpa memakai perlindungan apapun tentu akan merusak produksi kolagen sehingga wajah Anda akan kendur dan juga menua. Dengan kondisi seperti ini, maka ujung-ujungnya pori-pori akan terbuka lebar. Untuk itu, mulai sekarang jangan ada perasaan malas untuk memakai sunblock agar dpat terhindar dari risiko kanker kulit. Jangan abaikan sinar matahari karena cukup jahat untuk kulit Anda.

Sering Melapisi Wajah Dengan Makeup

Jika Anda sering melapisi wajah Anda dengan menggunakan makeup tebal, tentu saja memberikan kesempatan kepada pori-pori untuk terbuka lebar. Penggunaan kosmetik yang tebal tentunya sangat berpotensi memperbesar pori-pori wajah. Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa tampil tanpa makeup, tentunya Anda berisiko pula untuk mengalami berbagai masalah pada kulit, tidak terkecuali pori-pori wajah.

Produk-produk makeup yang sangat berpotensi untuk menutup pori-pori diantaranya concealer, bedak, highlighter dan juga foundation. Maka dari itu, bahan-bahan tersebut sebaiknya Anda hindari dan jangan dipakai setiap hari. Tidak dapat dipungkiri bahwa di dalam makeup terdapat beberapa bahan kimia yang dapat meningkatkan risiko penuaan dini dan meningkatkan risiko pori-pori semakin bertambah besar. Terlebih lagi jika Anda memiliki kebiasaan tidak membersihkan wajah sampai tuntas sehingga komedo akan semakin menjadi dan tersumbat.

Sering Memencet Komedo

Komedo memang dapat hilang jika kita melakukan facial ataupun memencetnya secara manual. Namun, jika bukan pada ahlinya, maka kebiasaan buruk ini harus Anda hindari. Memencet komedo dengan menggunakan tangan justru akan membuatnya iritasi. Bekas memencet komedo tentunya akan membuat pori-pori menjadi besar. Jika Anda tidak mengetahui bagaimana untuk menutup kembali pori-pori setelah memencetnya. Maka, alangkah baiknya bagi Anda untuk berhenti melakukan kebiasaan yang satu ini.

Sebenarnya memencet komedo akan membuat wajah iritasi dan justru akan membuat pori-pori menjadi terluka dan meninggalkan luka parut pada wajah Anda. Mengeluarkan komedo dengan cara yang tidak tepat serta tidak menutup dan membersihkan wajah sampai tuntas tentu akan membuat pori-pori wajah Anda akan terlihat lebih besar dan juga lebar. Jika Anda tidak bisa menutup kembali pori-pori setelah memencet komedo, maka pori-pori Anda akan terisi lagi oleh bakteri dan juga kotoran. Untuk itu, mulai sekarang alangkah baiknya bagi Anda untuk menghindari diri dari makanan berlemak.

Malas Membersihkan Muka

Kebiasaan selanjutnya yang dipercaya dapat memicu semakin besarnya pori-pori yakni sering malasnya membersihkan wajah setelah makeup. Bagaimanapun juga, wajah yang sering terkena makeup seperti bb cream, foundation, bedak ataupun concealer akan rentan mengalami pelebaran pori-pori. Apalagi jika Anda malas dan sering menunda waktu untuk membersihkan wajah. Makeup yang tertunda dalam waktu yang cukup lama pada wajah tentunya lama-kelamaan akan menumpuk dan menyumbat pori-pori sehingga akan timbul komedo ataupun juga jerawat.

Wajah yang tidak sering memakai makeup saja sudah sangat rentan mengalami pelebaran pori-pori, apalagi pada wajah yang sering memakai makeup. Perlu Anda tahu bahwa BB cream, foundation dan juga bedak mengandung bahan kimia yang tentu efeknya sangat besar bagi wajah Anda. Semakin seringnya Anda menggunakan produk makeup, maka semakin berisiko pula pori-pori wajah Anda membesar. Pori-pori Anda akan terlihat membesar karena tersumbar oleh minyak dan juga kotoran penyebab komedo.

Malas Memakai Pelembap

Kebiasaan buruk lainnya yang harus Anda hindari yakni rasa malas memakai pelembap wajah. Tidak dapat dipungkiri bahwa pelembap menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kulit wajah tetap lembap. Pelembap juga memiliki peran dalam menjaga kulit dari penuaan dini yang kemungkinan akan menyerang Anda kapan saja, terlebih jika Anda termasuk orang yang malas untuk memakai pelembap wajah. Bagaimanapun juga, pelembap harus menjadi pelengkap yang Anda gunakan dalam merawat wajah. Jika wajah Anda sering tidak menggunakan pelembap, maka jangan harap Anda mendapatkan wajah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Sering Mencuci Muka

Mencuci muka memang bagus untuk kesehatan dan juga kesegaran wajah. Namun ternyata sering mencuci muka juga menjadi kebiasaan buruk yang cukup fatal untuk Anda. Sering mencuci wajah dengan niat ingin kinclong dan juga cepat bersih, justru memiliki efek yang buruk terhadap wajah. Wajah yang sering dicuci dan juga dibersihkan ternyata akan rentan mengalami kering dan juga kusam. Selain itu, bisa juga kemungkinan Anda mengalami iritasi pada wajah hingga lekas menua. Maka, bukannya bersih, namun wajah yang sering dibersihkan ternyata dapat membuat pori-pori bertambah besar sehingga wajah akan rentan kering dan juga hilang minyak alaminya. Untuk itu, jangan sampai kebiasaan buruk ini Anda lakukan dalam waktu ke depannya.

Malas Untuk Melakukan Perawatan Di Klinik

Kebiasaan buruk lain yang sering Anda lupakan yakni tidaknya melakukan perawatan di klinik-klinik kecantikan. Komedo memang harus dihilangkan dan juga dirawat di sebuah klinik yang profesional setidaknya sebulan sekali. Bagaimanapun juga, komedo termasuk pada salah satu gangguan wajah yang sangat sulit untuk diatasi sehingga membutuhkan treatment khusus akan perawatan yang satu ini. Salah satu yang menjadi penyebab dimana pori-pori cukup besar yakni tersumbatnya pori-pori wajah.

Namun perlu Anda perhatikan pula yakni jangan sampai Anda membersihkan wajah di salon yang belum berstandar operasional medisnya. Hal ini jika Anda melakukan perawatan komedo di salam yang belum profesional, maka dikhawatirkan justru akan memperparah keadaan wajah Anda. Menjadwalkan diri Anda untuk melakukan perawatan di salah satu klinik terpercaya tentu menjadi sebuah keharusan bagi Anda. Mulailah dari sekarang membuat jadwal akan waktu yang akan Anda gunakan untuk melakukan perawatan.

Sering Menyentuh Wajah

Jika Anda berpikir bahwa menyentuh wajah menjadi hal yang wajar dan tidak memberikan efek apapun. Ternyata Anda salah besar dimana sering menyentuh wajah dapat membuat kotoran dapat dengan mudah masuk ke dalam pori-pori wajah. Hal ini disebabkan oleh kotoran yang ada di dalam tangan ikut terkena pada kulit wajah Anda. Menyentuh wajah ternyata menjadi sebuah aktivitas fisik dimana sangat berpotensi besar untuk menularkan bakteri, virus dan juga benda kotoran lainnya pada wajah Anda.

Tidak dapat dipungkiri bahwa wajah yang sering tertular kotoran akan berpeluang besar terjadinya penyumbatan pada pori-pori wajah. Maka, tidak dalam waktu yang lama, penyumbatan pori-pori tersebut akan menjadi komedo sehingga cukup mudah menyebabkan pori-pori wajah Anda menjadi lebih besar. Menurut pakat kesehatan dan juga kecantika tentunya ada cara yang bisa Anda lakukan yakni dengan meminta teman dan juga kerabat Anda untuk mengingatkan jikalau Anda lupa saat melakukan kebiasaan buruk ini. Maka, lambat laun kebiasaan buruk Anda akan lupa dan Anda akan mudah ingat bahwa sering menyentuh wajah memiliki efek buruk terhadap wajah Anda.

Sering Lupa Menghapus Makeup Saat Tidur

Inilah kebiasaan buruk yang benar-benar harus Anda hindari. Hal ini dikarenakan jika Anda sering lupa dan juga malas untuk menghapus makeup sebelum  tidur, maka adanya kemungkinan wajah Anda mengalami penyumbatan pori-pori yang hebat. Menghapus makeup sebelum Anda hendak pergi tidur tentu menjadi tahapan ritual yang sangat penting untuk Anda lakukan. Bagaimanapun juga, menghapus makeup sebelum tidur bertujuan untuk mencegah terjadinya polutan, minyak berlebih dan juga makeup yang mengendap di dalam pori-pori wajah. Tidak hanya itu, makeup yang tersumbat juga dapat menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat dan juga penuaan dini sehingga berkontribusi besar dalam membuat pori-pori wajah menjadi lebih membesar.

Menggunakan Makeup Yang Salah

Dalam memakai makeup tentunya wanita akan sering tergoda dengan penggunaan produk-produk yang beredar di pasaran. Memang memakai concealer untuk menutupi pori-pori wajah yang besar menjadi hal yang cukup mudah bagi Anda, Namun ternyata apapun jenis produk makeup yang bersifat komedogenik atau menyembat pori-pori kulit menjadi hal yang harus Anda hindari. Untuk itu, hindarilah oleh Anda beberapa produk dengan wax, minyak dan juga butter di dalam formula makeup yang Anda gunakan. Banyak para pakar kesehatan dan juga kecantikan yang merekomendasikan beberapa kandungan mineral di dalam makeup terutama untuk Anda yang sering berjerawat. Hal ini dikarenakan makeup berbahan dasar mineral sangat cocok untuk semua jenis kulit seperti pada kulit berjerawat, psoriasis dan juga rosacea dengan tanpa meninggalkan efek samping apapun.

Tidak Menggunakan Krim Pengecil Pori-Pori

Bagaimanapun juga, pori-pori wajah yang membesar dapat Anda atasi dengan menggunakan krim wajah yang berfungsi untuk menutup pori-pori pada wajah. Retinol dipercaya sebagai salah satu bahan khusus yang kerap digunakan untuk membuat pori-pori tampak lebih kecil. Retinol sendiri mengandung bahan yang akan mendongkrak produksi glycoaminoglycans pada kulit wajah sehingga cukup membantu untuk mengencangkan kulit disekitar pori-pori wajah sehingga dapat menyempurnakan penampilan Anda.

Setidaknya hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk retinol agar bisa menyerap dan juga bekerja secara optimal ke dalam pori-pori wajah Anda. Lambat laun, kotoran yang menumpuk di dalam pori-pori tersebut dapat terangkat dengan mudah. Namun, jangan sampai Anda menggunakannya dengan sering, cukup hanya dua kali dalam seminggu. Sedangkan dalam hal ini retinol dapat mengecilkan pori-pori yang besar dikarenakan retinol bekerja untuk mengusir beberapa bakteri dan juga kotoran penyebab komedo dan juga jerawat. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menggunakan produk yang satu ini.

Melewatkan Eksfoliasi

Cara terbaik yang bisa Anda gunakan ialah selalu melakukan eksfoliasi. Teknik ini dilakukan dengan tujuan membersihkan pori-pori wajah. Hal ini dikarenakan banyak sekali produk cleanser ataupun facial wash yang tidak bekerja secara optimal dalam mengangkat kotoran pada pori-pori kulit wajah Anda. Setidaknya Anda diharuskan untuk melakukan eksfoliasi sekali ataupun dua kali dalam seminggu sehingga cara ini dapat membantu Anda untuk mengangkat kotoran yang dapat menimbulkan jerawat, komedo dan juga membuat pori-pori wajah Anda menjadi lebih kecil.

Perlu Anda tahu bahwa selain dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan tentu pori-pori yang besar pada wajah juga dapat disebabkan oleh faktor genetik yang terbilang cukup sulit untuk Anda hindari. Namun dengan beberapa cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah tentu setidaknya Anda dapat menghindarkan diri dari masalah wajah tersebut. Itulah beberapa kebiasaan buruk yang memicu pori-pori semakin besar . Semoga bermanfaat!