Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Jerawat Pada Wajah

Diposting pada

Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Jerawat Pada Wajah – Kehadiran jerawat bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Selain itu, kondisi ini bisa mungkin merusak mood anda dan membuat segalanya menjadi berantakan. Namun tahukah anda ternyata beberapa kebiasaan buruk ini bisa picu jerawat pada wajah semakin buruk. Ingin tahu seperti apa? Mari simak beberapa informasinya dibawah ini dengan mudah. 

Timbul dan terjadinya jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk faktor genetik dan kebiasaan buruk yang dilakukan. Selain itu, seringkali kita tergoda untuk memencet jerawat saat muncul bagian putih pada tengah jerawat. Akan tetapi, rupanya memencet jerawat bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebab masalah ini bisa mungkin membuat jerawat semakin banyak dan memburuk. Baca juga: Cara Mencegah Jerawat Timbul Lagi Pada Wajah dan Tubuh

Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Jerawat Pada Wajah

Nah, rupanya selain beberapa hal diatas. Dibawah ini ada beberapa kebiasaan buruk yang mungkin tidak anda sadari seringkali dilakukan. Padahal beberapa kebiasaan ini akan mungkin membuat jerawat yang dialami semakin parah dan akibatnya semakin buruk. Ingin tahu seperti apa? Mari simak informasinya dibawah ini.

Kebiasaan Buruk yang Dapat Memicu Jerawat Pada Wajah

Siapa yang tidak kesal dengan hadirnya jerawat pada bagian wajah dan tubuh lainnya? Selain mengganggu, perasaan nyeri yang ditimbulkan dari jerawat akan mungkin merusak mood baik anda. Dalam waktu yang bersamaan pembengkakan jerawat bisa mungkin menimbulkan masalah percaya diri yang besar.

Namun tak perlu khawatir mari kita identifikasi beberapa hal dibawah ini yang akan mungkin memicu jerawat. Ingin tahu seperti apa? Simak informasinya dibawah ini.

Sering Menelpon

Menghabiskan waktu yang lama dengan telpon genggam atau telpon rumah bisa jadi menjadi pemicu jerawat. Pembicaraan yang panjang dan waktu lama yang dihabiskan dengan telpon yang menempel pada wajah akan mungkin berakibat jerawat yang mengganggu. Masalah seperti ini mungkin terkesan sepele dan kecil. Akan tetapi, dampak yang dirasakan dari masalah ini akan cukup besar dan merugikan. Masalah jerawat akan dapat menjadi lebih buruk.

Hal ini dikarenakan sebagian wajah yang tertutupi oleh ponsel dan radiasi panas dari ponsel akan dapat menghasilkan keringat. Begitupula dengan debu, kotoran dan bakteri yang secara tidak disadari akan berpindah dari ponsel pada wajah. Apalagi ketika masalah ini terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama. Maka masalah bekas jerawat akan sulit untuk dihindari. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik.

Hindari menggunakan ponsel terlalu lama. Atau bila anda terpaksa menggunakan ponsel maka tempatkan tissu pada bagian pipi. Atau anda pun bisa menyelangi dengan menggunakan fitur Loud Speaker agar anda tidak terus-terusan harus menempelkan ponsel pada pipi.

Mandi dengan Air Hangat Terlalu Lama

Mandi dengan air hangat memang menyenangkan dan hal ini akan dapat membuat anda merasa nyaman dengan hal ini. Akan tetapi, jika anda menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mandi dengan menggunakan air hangat hal ini pun tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah yang semakin buruk.

Hal ini dikarenakan penggunaan air hangat yang terus menerus untuk kulit akan menyebabkan kulit menjadi kering dan memerah. Selain itu, kondisi ini pun akan dapat membuat anda merasakan gatal. Oleh karenanya, sebaiknya hindari terlalu sering mandi dengan menggunakan air hangat.

Bila anda merasa sering kedinginan atau bermasalah dengan air dingin ketika mandi malam. Maka mulai saat ini hindari mengulur waktu mandi terlalu larut. Sebaiknya, luangkanlah waktu untuk mandi dengan cepat menggunakan air dengan suhu ruangan atau air dengan suhu yang biasa.

Sering Mengalami Stress

Stress adalah salah satu pemicu timbulnya jerawat yang paling sering dan tidak disadari adalah stress. Oleh karenanya, hindari stress sedapat mungkin dengan baik. Stress lebih sering dialami oleh orang dewasa dan remaja. Ketika tekanan terlalu besar dan kemampuan untuk mengatasi masalah kecil maka stress akan bisa dialami dengan lebih mudah.

Selain itu, perasaan jenuh akibat aktivitas yang monoton yang itu-itu saja akan mungkin membuat anda mudah mengalami stress. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik dan hindari stress dengan baik. Cobalah alihkan perhatian anda pada hal-hal yang akan dapat mengembalikan mood senang anda.

Contohnya adalah dengan membaca buku, menari, bernyanyi atau berbelanja untuk kaum perempuan. Ketika mood senang anda kembali maka dengan otomatis stress akan dapat diredam dengan baik. Oleh karenanya, penting sekali mengetahui bagaimana meredam stress dan mengelolanya dengan baik.

Kurang Menjaga Kebersihan Aksesoris

Pada umumnya, perempuan lebih sering menggunakan banyak peralatan dan perlengkapan. Seperti misalkan, kerudung, helm, jepit rambut, topi dan lain sebagainya, termasuk dengan poni rambut. Menggunakan poni rambut dibagian kening memang akan membuat tampilan anda semakin menarik. Hanya saja, ketika kebersihan rambut kurang dijaga dengan baik maka hal ini akan mungkin menimbulkan masalah yang besar.

Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk senantiasa menjaga kebersihan aksesoris dan perlengkapan yang anda miliki. Perhatikan untuk selalu membersihkan helm dan mengganti kerudung yang sudah kotor. Kotoran dan bakteri yang ada pada kerudung dan peralatan lainnya bisa berpindah pada wajah dan tubuh. Akibatnya masalah ini akan mungkin menyebabkan jerawat menjadi lebih buruk.

Jaga Kebersihan Kacamata

Untuk anda yang berkacamata sebaiknya perhatikan kembali kebersihan peralatan ini dengan baik. Seringkali kita tidak menyadari bahwa penyebaran kuman dan bakteri dari kacamata yang kotor akan membuat masalah jerawat timbul. Keringat dan debu yang menempel pada kacamata yang tidak segera dibersihkan akan masuk kedalam pori dan perlahan menumpuk. Masalah ini akan membuat jerawat muncul dan memburuk.

Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dengan baik. Hindari penggunaan kacamata yang kotor dan selalu bersihkan bagian ini dengan mengelapnya menggunakan tissue basah. Bila perlu gunakan pembersih kacamata khusus yang memang diperuntukan untuk membersihkannya.

Sering Menyentuh Wajah

Terlalu sering menyentuh wajah akan pula menjadi penyebab masalah jerawat dapat timbul pada bagian wajah. Hal ini dikarenakan kita tidak selalu dapat memastikan bagian tangan kita higienis dan terbebas dan kuman dan bakteri.
Tangan yang kotor dan menyentuh bagian wajah akan membuat bakteri berpindah pada wajah. Perlahan kondisi ini akan menyebabkan masalah timbul pada wajah dan jerawat menjadi hal yang tidak dapat dihindari kemunculannya.

Mengelap Wajah dengan Sembarang Handuk

Tidak sedikit orang yang masih melakukan kebiasaan buruk ini dengan menggunakan sembarang handuk untuk mengelap wajahnya. Termasuk handuk yang digunakan untuk tubuh yang dengan mudah digunakan untuk mengelap wajahnya. Kotoran dan kuman yang tidak kasat mata akan berpindah pada wajah. Akibatnya masalah jerawat akan cenderung mudah terjadi.

Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk tidak menggunakan sembarang handuk untuk mengelap wajah anda. Gunakan handuk khusus dan pastikan handuk yang bersih dan higienis. Bila anda kesulitan menemukan handuk khusus karena alasan tertentu. Maka gunakan tissue untuk mengelap wajah yang memiliki daya serap lebih tinggi.