Cara Merawat Bibir Kering Saat Puasa yang Efektif dan Efisien

Diposting pada

Cara Merawat Bibir Kering Saat Puasa yang Efektif dan Efisien – Kurangnya asupan cairan selama puasa seringkali menyebabkan masalah bibir kering mudah terjadi. Kondisi seperti ini bisa mungkin menyebabkan kondisi yang perih dan kurang nyaman. Akan tetapi, tak perlu khawatir kali ini kami berikan cara merawat bibir kering saat puasa yang efektif dan efisien. Seperti apa? Mari kita simak informasinya dibawah ini.

Menjalani ibadah puasa selama satu bulan penuh berarti menahan lapar dan haus selama satu harian yang dilakukan secara terus menerus dalam bulan yang bersangkutan. Hal ini seringkali membawa pengaruh untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satunya adalah dengan munculnya masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Cara Merawat Bibir Kering Saat Puasa yang Efektif dan Efisien

Adapun penyebab bibir menjadi kering selama puasa adalah kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Dimana kondisi ini membuat tubuh anda menjadi kering dan kehilangan kelembabannya. Apalagi bibir adalah salah satu bagian organ yang tidak memproduksi kelenjar keringat. Sehingga masalah akan lebih rentan menyerang bibir.

Namun tak perlu khawatir untuk membantu anda mengatasi masalah ini. Berikut ini kami berikan cara merawat bibir kering saat puasa yang efektif dan efisien dibawah ini. Baca juga: Cara Melembabkan Bibir Kering Secara Alami yang Efektif

Cara Merawat Bibir Kering Saat Puasa yang Efektif dan Efisien

Maksimalkan Asupan Cairan Saat Berbuka dan Sahur

Puasa tidak berarti menghalangi anda dari memenuhi kebutuhan cairan didalam tubuh. Meski anda terjaga selama satu harian dari konsumsi air putih yang baik dan benar. Akan tetapi, hal ini tidak menjadi alasan untuk anda bisa mengabaikan asupan cairan kedalam tubuh.

Asupan cairan masih tetap dapat anda lakukan dengan baik. Karena meskipun puasa selama seharian penuh ada waktu sahur dan berbuka puasa yang masih bisa anda manfaatkan dengan baik. Nah, pada waktu ini usahakan untuk mengasup kebutuhan cairan kedalam tubuh dengan baik dan benar.

Adapun takaran air yang direkomendasikan untuk dipenuhi dengan baik adalah sekitar 8 gelas setiap harinya. Oleh karenanya, pastikan bila anda mengasup kebutuhan cairan ini dengan baik dan benar selama berpuasa. Agar demikian masalah bibir kering bisa anda atasi dengan baik.

Singkirkan Tumpukan Kulit Mati

Bibir kering dan pecah-pecah akan mungkin membuat anda kehilangan warna asli bibir yang sebenarnya. Nah, untuk mengatasi masalah yang satu ini maka solusi cara memerahkan bibir pada warna yang semula akan sangat anda butuhkan. Oleh karenanya, perhatikan kembali cara ini dengan baik.

Adapun metode yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah bibir kering adalah dengan menyingkirkan sel kulit mati. Caranya adalah dengan pengelupasan kulit bibir. Metode ini akan dapat anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan bahan yang alami.

Salah satunya adalah dengan menggunakan scrub bibir atau membuat sendiri scrub bibir dari bahan yang alami. Yakni dari gula pasir yang dicampur dengan madu atau dengan mentega. Silahkan aduk-aduk semua bahan ini secara merata. Lalu aplikasikan dan gosok-gosok secara merata pada bagian bibir. Dengan begini sel kulit mati akan dapat anda atasi dengan baik.

Gunakan Lipbalm

Masalah bibir kering dan pecah-pecah selama menjalankan ibadah puasa sebenarnya adalah masalah yang umum. Semua wanita dan pria akan pula mengalami kondisi yang satu ini selama menjalankan puasa. Adapun untuk menjaga kelembaban kulit bibir dengan lebih baik selama puasa Ramadhan adalah dengan menggunakan lipblam.

Saat ini banyak produk lipbalm yang dijual di pasaran dan produk yang dibuat pun cukup beragam. Oleh karenanya, silahkan perhatikan kembali dan pertimbangkan untuk menggunakan bahan ini dengan baik.

Hindari Makanan yang Asin dan Pedas

Selama puasa sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan yang asin dan pedas. Tahukah anda dua makanan ini kurang baik untuk pencernaan anda. Ketika pencernaan bermasalah maka dampaknya akan lebih terlihat pada masalah bibir yang kering dan kusam.

Makanan asin pun seringkali menimbulkan masalah pada gigi dan mulut. Oleh karenanya, perhatikan kembali masalah ini dan hindari menyantap jenis makanan yang kurang sehat. Makanan asin pun akan membuat anda merasa lebih mudah haus selama menjalankan ibadah puasa seharian. Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan ini selama puasa.

Jaga Kesehatan Pencernaan

Masalah bibir kering selama berpuasa pun dapat disebabkan oleh masalah lain seperti pencernaan yang terganggu. Ada cukup banyak hal yang dapat membuat bagian pencernaan mengalami masalah atau gangguan. Salah satunya adalah asupan makanan yang kurang sehat yang dilakukan selama menjalankan ibadah puasa.

Masalah ini akan lebih rentan terjadi khususnya untuk anda yang mengalami masalah dengan lambung. Konsumsi makanan pedas dan berminyak juga bersantan selama ibadah puasa akan dapat membuat anda mengalami masalah ini dengan rentan.

Untuknya, perhatikan kembali asupan makanan anda selama menjalankan ibadah puasa dengan baik. Penuhi kebutuhan cairan dengan baik dan dapatkan nutrisi yang sehat dari makanan dan minuman yang baik untuk tubuh anda.

Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah bahan makanan sehat yang akan sangat dibutuhkan oleh tubuh anda. Kandungan air yang berlimpah dari buah-buahan akan sangat baik untuk pencernaan anda. Belum lagi kandungan serat dan nutrisi baik dari bahan ini akan baik dalam menutrisi tubuh sehingga masalah akan terhindar dari tubuh anda.

Oleh karenanya, jaga asupan buah dan sayur selama menjalankan ibadah puasa. Dibandingkan dengan mengasup tubuh dengan makanan yang kurang sehat. Beberapa macam buah dan sayur yang baik akan sangat dianjurkan anda konsumsi sebagai makanan sehat dan bergizi untuk tubuh anda.

Gunakan Madu

Cara selanjutnya yang akan dapat anda manfaatkan untuk mengatasi bibi kering selama puasa adalah dengan memanfaatkan madu. Bahan ini akan bisa anda dapatkan dengan mudah karena madu dijual bebas dan mudah untuk didapatkan. Jadi demikian, anda akan dapat menjumpai madu disekeliling anda. Misalkan seperti di supermarket minimarket, warung dan masih banyak lagi. Manfaat dari madu akan membantu untuk menjaga kelembaban kulit bibir dengan lebih baik.

  • Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan madu pada bibir dengan merata. Lalu setelah itu, oleskan dan lakukan pijatan dengan merata pada bibir.
  • Diamkan selama beberapa saat dan anda akan siap untuk membersihkan bagian ini dengan menggunakan air bersih.
  • Lalu setelah itu, keringkan secara merata dengan menggunakan tissue. Lakukan cara ini secara berulang dan anda akan dapat merasakan manfaat dari bahan ini dengan lebih baik.

Itulah dia beberapa hal yang dapat kami sampaikan dari pembahasan cara merawat bibir kering selama puasa yang efektif dan efisien. Semoga informasi ini membantu anda mengatasi bibir kering dengan lebih baik. Sehingga demikian ibadah puasa yang anda jalani akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan.

Pada intinya, perawatan yang baik dan menjaga asupan makanan selama menjalankan ibadah yang satu ini adalah hal penting yang perlu anda perhatikan dengan baik.