10 Tips Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi

Diposting pada

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi – Salah satu bahan yang kerap digunakan untuk menghilangkan jerawat yaitu pasta gigi. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam pasta gigi dapat digunakan untuk menumpas habis jerawat. Untuk itu ketahui kandungan apa saja yang ada di dalam pasta gigi berikut cara yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

Memiliki wajah berjerawat tentunya menjadi hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang terutama wanita. Pasalnya, wajah berjerawat akan membuat penampilan kita kurang sempurna sehingga membuat kita tidak percaya diri. Jerawat pada muka memang sangat mengganggu karena akan terlihat kemerahan dan juga bengkak. Tidak heran jika pada wajah berjerawat tidak menampilkan wajah yang mulus. Belum lagi ditakuti oleh bekas jerawat yang akan membekas pada wajah dan bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Terlepas dari hal tersebut tentunya Anda perlu mencari tahu cara dan juga alternatif yang dapat Anda lakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam mencegah dan juga menghilangkan jerawat dapat dikatakan sebagai cara yang cukup sulit. Hal ini memang jerawat termasuk pada jenis masalah kulit yang sangat bandel dan juga sangat sulit untuk diatasi. Berbagai cara mungkin bisa Anda lakukan, akan tetapi kembali lagi pada jenis perawatan apa yang akan Anda lakukan, apakah bersifat alami ataukah tidak. Jika bersifat alami tentu Anda harus telaten dan juga rajin untuk melakukannya serta tidak menghabiskan biaya yang cukup mahal. Namun, jika Anda memilih melakukan perawatan wajah yang modern, mungkin Anda akan menghabiskan biaya yang terbilang tidak sedikit.

Saat ini sebagian besar orang mulai melakukan perawatan wajah untuk menghilangkan jerawat dengan menggunakan pasta gigi. Terlepas dari ampuh atau tidaknya tentu tergantung pada setiap individu yang melakukan perawatan tersebut. Berikut ini kami mencoba memberikan Anda referensi atau langkah yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi! Baca juga: Lakukan Cara Memutihkan Wajah Dengan Susu Beruang Berikut Ini

Mengenal Karakter Jerawat

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Satu hal yang perlu Anda lakukan ialah mengenal terlebih dahulu karakter jerawat yang tumbuh di wajah Anda. Hal ini dikarenakan jerawat memiliki karakter yang berbeda-beda. Seperti yang kita tahu bahwa jerawat ialah sebuah infeksi kecil yang disebabkan oleh adanya lubang pada pori-pori yang terhambat oleh kotoran.

Kondisi tersebut jika dibiarkan semakin lama, maka akan menumpuk dan memberikan peluang bagi kuman dan juga bakteri untuk berkembang biak. Sehingga tidak heran jika muncul benjolan merah kecil berupa jerawat. Hal tersebut memang terbilang menjadi sebuah proses ketika jerawat timbul di wajah kita. Meskipun memang semua kuman dan bakteri tidak terlihat, namun tetap saja jika sudah tumbuh menjadi jerawat akan sangat mengganggu Anda, bukan? Lihat juga: 10 Penyebab Munculnya Jerawat Di Dada & Cara Mengatasinya Secara Alami

Jenis-Jenis Jerawat

Pada umumnya jerawat memang memiliki beberapa karakter seperti jerawat batu, beruntus, dan jerawat kecil. Semua karakter jerawat tersebut tentunya memiliki peluang yang cukup besar dalam membuat penampilan kita semakin tidak percaya diri. Jerawat batu memang dikenal sebagai jerawat yang memiliki ukuran yang sangat besar dan seperti tumbuh di bawah permukaan kulit wajah. Dalam mengatasinya memang membutuhkan waktu yang cukup lama karena nanah tersumbat di bawah permukaan kulit.

Untuk jerawat beruntus memang memiliki ukuran yang sangat kecil, namun dengan jumlah yang cukup banyak akan membuat wajah Anda tampak kasar. Sekilas memang tidak terlihat seperti jerawat, namun jika dilihat dari dekat akan tampak karakter jerawat yang meradang. Terakhir ialah jerawat kecil yang mana memiliki ukuran yang sangat kecil. Akan tetapi, pada umumnya jerawat kecil ini menampilkan nanah yang kemerahan-merahan dengan sangat jelas. Semua karakter jerawat tersebut tentunya harus kita atasi sebaik mungkin karena akan menimbulkan bekas jerawat yang cukup sulit untuk diatasi.

Penyebab jerawat pada semua karakter jerawat memang beragam. Akan tetapi, yang paling sering ialah adanya ketidakseimbangan hormon, pemakaian campuran kosmetik yang salah, kebiasaan buruk dalam merawat wajah, serta banyak mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Lama atau tidaknya tentunya akan membuat jerawat benar-benar hilang pada waktu yang berbeda-beda yang dialami oleh setiap orang.

Kandungan Yang Ada Di Dalam Pasta Gigi

Tidak dapat dipungkiri lagi akan manfaat yang diberikan oleh pasta gigi sebagai cara untuk menghilangkan jerawat. Namun, ada juga sebagian orang yang justru mendapatkan efek negatif dari perawatan jerawatan dengan menggunakan pasta gigi. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu akan kandungan yang ada pada pasta gigi tersebut.

Berikut kami sajikan beberapa kandungan yang ada di dalam pasta gigi serta fakta-fakta mengenai perawatan wajah berjerawat dengan menggunakan pasta gigi, diantaranya:

  1. Kandungan pertama yang ada pada pasta gigi ialah triclosan. Ini tentunya memiliki manfaat untuk membuat gigi menjadi lebih putih. Kandungan triclosan yang ada pada pasta gigi tentunya akan membuat wajah Anda menjadi kering. Jika digunakan dalam jumlah yang sangat banyak tentu akan membuat wajah Anda menjadi kering dan tampak bersisik. Untuk itu, dalam melakukan perawatan wajah berjerawat dengan menggunakan pasta gigi, Anda harus mempertimbangkan jumlah pemakaian pada kadar tertentu. Anda tidak boleh melakukan perawatan wajah dengan menggunakan pasta gigi lebih dari dua kali dalam seminggu.
  2. Pasta gigi tentunya mengandung bahan kimia seperti bahan menthol, hidrogen peroksida, dan juga senyawa lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa bahan kimia ini akan memberikan efek yang cukup berbahaya bagi kulit wajah Anda. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda melakukan pengujian terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada wajah Anda terlebih bagi wajah yang sensitif. Dalam melakukan pengujian, Anda tentunya dapat mengambil satu tetes dan aplikasikan pada pergelangan tangan. Jika keesokannya tidak ada reaksi, maka tentu Anda bisa mencobanya pada wajah Anda.
  3. Agar lebih aman, tentunya Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung benzoil peroksida dan asam salisilat. Zat tersebut tentunya sangat ampuh dalam mengurangi reaksi iritasi dan juga dapat menyembuhkan jerawat.

Cara Aman Melakukan Perawatan Wajah Dengan Pasta Gigi

Sebagian besar orang kerap melakukan teknik memencet untuk mengeluarkan nanah dan juga kotoran dari jerawat. Banyak yang beranggapan bahwa teknik ini menjadi salah satu teknik andalan untuk menghilangkan jerawat dengan mudah dan cepat. Namun, anggapan tersebut tidaklah benar. Memencet untuk mengeluarkan kotoran tentunya akan membuat kondisi jerawat bertambah parah serta akan muncul bekas jerawat yang membandel.

Kondisi tangan yang kotor tentunya akan menambah bakteri pada jerawat semakin parah dan menyebabkan infeksi. Kotoran pada satu jerawat tentunya akan menularkannya pada bagian wajah yang lain sehingga sangat memungkinkan jerawat lebih banyak muncul pada wajah. Agar lebih aman melakukan perawatan wajah dengan menggunakan pasta gigi tentunya Anda harus mengikuti beberapa langkah yang cukup tepat.

Meskipun ada beberapa efek yang timbul dari pasta gigi, namun beberapa buti menunjukkan bahwa pasta gigi memang paling ampuh dalam mengatasi jerawat. Berikut fakta bahwa jerawat dapat digunakan sebagai cara yang paling aman dan juga mapuh untuk menghilangkan jerawat, diantaranya:

  1. Pasta gigi ternyata mengandung baking soda yang dapat menyembuhkan jerawat tanpa meninggalkan bekas jerawat sama sekali. Perawatan wajah dengan baking soda tentunya sudah banyak dilakukan oleh orang-orang pada jaman dulu dan sudah terbukti ampuh. Namun, Anda harus tetap mempertimbangkan pemakaian pasta gigi agar tidak menimbulkan efek yang buruk pada wajah.
  2. Dengan pasta gigi tentunya akan membuat bekas jerawat menjadi lebih cepat kering. Hal ini dikarenakan pasta gigi mengandung bahan kimia seperti bahan menthol, triclosan, hidrogen peroksida dan juga senyawa minyak esensial. Jika diaplikasikan pada jerawat ataupun luka bekas jerawat tentunya akan membuat luka jerawat menjdai lebih cepat kering.
  3. Anda tentunya harus memakai pasta gigi dengan kadar yang tidak berlebih karena akan membuat bakteri penyebab jerawat mati. Untuk itu, jangan sampai Anda memakai pasta gigi secara berlebihan.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pasta Gigi

cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi

Setelah kita mengetahui kandungan yang ada pada pasta gigi serta perawatan yang tepat dengan menggunakan pasta gigi. Sekarang kita akan beranjak pada cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi. Cara merawat wajah berjerawat dengan pasta gigi dapat dilakukan dengan sangat mudah. Anda tentunya hanya mengaplikasikan pasta gigi pada bagian wajah yang berjerawat. Akan tetapi, agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah 1

Pada langkah pertama tentunya Anda harus membersihkan permukaan wajah terlebih dahulu dengan menggunakan produk pembersih yang pastinya sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Anda tentunya dapat menghindari produk kosmetik yang mengandung alkohol. cara ini tentunya untuk mengurangi iritasi yang terjadi pada kulit wajah Anda. Jiak iritasi terjadi, maka akan membuat wajah Anda merah dan terasa sakit.

Langkah 2

Setelah semua bagian wajah dibersihkan, Anda dapat menggunakan air hangat sebagai uap alami untuk wajah Anda. Langkah ini tentunya untuk membuka pori-pori wajah agar tidak kaku. Namun, jangalah menggunakan air yang terlalu panas karena akan membuat wajah menjadi lebih kering.

Langkah 3

Langkah selanjutnya setelah membuka pori-pori, tentunya Anda bisa memilih jenis pasat gigi yang tidak mengandung senyawa kimia berlebih. Alangkah baiknya jika Anda memakai pasta gigi yang mengandung baking soda, hidrogen peroksida, menthol, triclosan dalam jumlah yang sedikit.

Langkah 4

Dalam menggunakan pasta gigi tentunya Anda bisa menghindari jenis pasta gigi yang berbentuk gel karena hanya dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan juga kaku. Selain itu, pasta gigi berbentuk gel akan sulit menghilangkan jerawat, namun mengeringkan wajah.

Langkah 5

Setelah kita memilih jenis pasta gigi yang terbaik. Saatnya kita ambil pasta gigi sebesar ujung jari saja dan jangan terlalu banyak. Oleskan pasta gigi hanya pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawatnya. Anda dapat melakukan jenis perawatan ini ketika malam hari agar kandungan yang ada pada pasta gigi dapat menyerap ke dalam kulit.

Langkah 6

Jika tidak diaplikasikan pada malam hari, biarkan pasta gigi berada di atas wajah berjerawat cukup lama setidaknya sekitar 20-30 menit.

Langkah 7

Ketika pagi harinya atau sudah kering, usap semua pasta gigi dari wajah dengan menggunakan handuk yang sudah direndam terlebih dahulu menggunakan air hangat.

Langkah 8

Anda jangan sampai menghilangkan pasta gigi dengan menggunakan tangan yang kering karena akan menyebabkan bekas luka pada jerawat semakin parah.

Langkah 9

Setelah membersihkan sisa pasta gigi, tentunya Anda bisa juga menggunakan pembersih atau pelembap wajah untuk jerawat yang tentu harus sesuai dengan jenis kulit Anda.

Langkah 10

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sedikit madu pada bagian wajah yang berjerawat jika memang jenis kulit wajah Anda cenderung kering.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Bagaimanapun juga jerawat memang sangat memalukan dan menyebabkan krisis percaya diri bagi seseorang. Tidak heran jika Anda merasa penampilan Anda tidak sempurna ketika harus berada di depan umum. Untuk itu, jika Anda tidak ingin mengalami yang namanya krisis percaya diri, lakukanlah hal-hal sebagai berikut sebagai cara untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah, diantaranya:

Tips 1

Anda tentunya dapat merawat wajah dengan mulai mencuci wajah secara teratur sebelum dan juga sesudah memakai produk kosmetik. Jangan sampai sisa-sisa produk kosmetik menyumbat pori-pori wajah Anda.

Tips 2

Pastikan untuk memilih jenis produk kosmetik yang sesuai dengan tipe kulit yang Anda miliki. Lakukanlah pengujian terlebih dahulu sebelum Anda memakainya. Langkah ini tentunya menjadi langkah yang sanagt berharga untuk mencegah jerawat.

Tips 3

Usahakan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari atau sesuai dengan kebutuhan asupan cairan pada tubuh Anda. Minuman ajaib yang satu ini memang dapat meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh serta dapat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dengan mudah melalui air seni.

Tips 4

Anda tentunya harus menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh karena akan membuat kulit tampak lebih berminyak sehingga sangat rentan terkena jerawat. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah dan juga sayuran untuk membuat kulit wajah Anda tampak sehat dan terawat.

Tips 5

Anda juga tentunya dapat memakai produk pelembap kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagaimanapun juga, pelembab kulit akan sangat membantu wajah Anda menjadi lebih lembut dan tahan terhadap cuaca panas dan juga dingin.

Tips 6

Agar lebih maksimal, lakukanlah olahraga atau latihan ringan menggerakkan tubuh. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa stres atau pikiran yang tertekan. Bagaimanapun juga, stres memang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang tentu memicu tumbuhnya jerawat.

Tips 7

Aplikasikan makeup secara sederhana dan jangan berlebihan. Cara ini memang sangat penting bagi Anda terutama yang suka berdandan secara berlebihan. Alangkah baiknya jika Anda memilih jenis makeup yang menghasilkan tampilan dan juga warna-warna yang natural. Selain terlihat lebih simpel, warna natural juga sangat mudah untuk dibersihkan sehingga tidak menempel pada wajah.

Tips 8

Jangan sering mengusap wajah karena kita tidak tahu bagaimana kondisi sebenarnya wajah kita. Tangan yang kotor tentunya dapat menyebarkan bakteri dan juga menimbulkan iritasi pada wajah. Jangan sampai menyentuh wajah karena akan menimbulkan infeksi dan juga jaringan parut.

Tips 9

Jangan terpapar langsung sinar matahari karena akan membuat wajah Anda lebih berminyak dan kusam sehingga akan mudah timbulnya jerawat.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui dan juga lakukan dalam cara menghilangkan jerawat dengan pasta gigi yang saat ini mulai dilirik. Pastikan untuk melakukan perawatan wajah yang teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!