Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Diposting pada

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat – Noda bekas jerawat seringkali menjadi permasalahan yang cukup mengganggu. Betapa tidak, akibat jerawat biasanya muncul flek hitam yang dapat mengurangi kecantikan wajah. Nah, simak beberapa cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dibawah ini.

Bekas jerawat terbilang lebih sulit hilangkan dibandingkan dengan jerawatnya itu sendiri. Diperlukan perawatan yang dilakukan secara rutin serta intensif untuk anda bisa mengembalikan kulit wajah yang mulus seperti dulu. Dan umumnya, hal ini tidak dapat dilakukan dalam kurun waktu beberapa hari. Bila perawatan yang dilakukan memang dijalankan secara rutin maka akan lebih singkat waktu untuk flek hitam bekas jerawat dapat menghilang.

Sebaliknya, jika anda mengabaikan perawatan ini maka flek hitam akan menghiasi wajah anda dalam waktu yang cukup lama. Untuk itulah, menjaga kulit wajah untuk selalu terlihat cantik memang membutuhkan perawatan yang tidak mudah.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Sementara itu, kehadiran flek hitam akibat jerawat dikenal dengan sebutan ephelis dalam dunia kedokteran. Dimana ephelis adalah sekumpulan pigmen alami (melanin) yang didalamnya berisikan malanosome. Pigmen inilah yang akan menyebabkan kulit wajah anda timbul bintik-bintik hitam.

Akan tetapi sebanrnya, kehadiran flek hitam ini bukan hanya terbatas pada bagian wajah saja. Beberapa orang mungkin menjumpai bintik-bintik ini pada bagian punggung, lengan dan bahu. Untuk jenis flek yang satu ini, faktor genetik disebut-sebut memainkan peran terhadap kemunculan flek yang satu ini.

Sementara itu, pemicu munculnya flek hitam pada bagian tubuh dapat dipicu oleh banyak hal. Mulai dari hormon yang meningkat, penggunaan kosmetik dan yangb lebih umum adalah bekas jerawat. Untuk itu, mari simak beberapa poin dibawah ini sabagai cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan mudah. Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam 3 Hari

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Sebenarnya ada cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi noda flek hitam bekas jerawat. Mulai dari melakukan perawatan ke salon, dokter kulit, atau mungkin dengan jalan suntik vitamin C.

Hanya saja, segelintir cara tersebut pada umumnya bukanlah jalan yang alami dan akan besar kemungkinan memberikan efek samping untuk tubuh anda. Selain itu, harga yang anda keluarkan pun akan mungkin cukup besar. Apalagi jika mengingat prosedur kecantikan tersebut dilakukan oleh ahlinya dengan metode yang tidak biasa.

Sementara itu, untuk anda yang ingin menghilangkan flek hitam bekas jerawat dengan lebih mudah. Maka tak perlu khawatir beberapa cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat dibawah ini akan menjadi solusi mudah untuk anda. Ingin tahu seperti apa? Simak dibawah ini.

Jangan Pernah Memencet Jerawat

Kehadiran jerawat dengan benjolan dan kotoran berawarna putih dibagian tengah seringkali membuat kita gemas. Selain menghilangkan rasa percaya diri, hal ini pun tak jarang membuat kita ingin memencet jerawat dan mengeluarkan sumbatan kotoran yang terjebak didalamnya. Akan tetapi, menyentuh atau bahkan memencet jerawat ternyata bukanlah hal yang baik.

Selain menyakitkan, hal ini pun malah akan membuat noda bekas jerawat semakin buruk. Belum lagi, kita tidak dapat memastikan bahwa tangan kita setiap waktunya bersih. Kotoran yang ada pada bagian tangan yang digunakan untuk memencet jerawat dapat berbahaya. Bukan tidak mungkin hal ini pun malah membuat jerawat baru muncul pada bagian wajah lainnya.

Oleh karenanya, hindari memencet jerawat pada saat anda mengira jerawat anda sudah matang. Biarkan jerawat anda sampai kempes dengan sendirinya. Memencet bagian jerawat hanya akan membuat peradangan semakin buruk.

Gunakan Bengkoang

Bahan alami pertama yang bisa anda gunakan untuk obat penghilang flek hitam bekas jerawat adalah bengkoang. Sudah sejak lama bahan ini digunakan sebagai obat kecantikan yang alami. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya produk kecantikan yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utama produknya.

Bengkoang adalah buah yang memiliki kandungan mineral alami. Dimana zat ini akan dapat bekerja untuk membantu mencerahkan wajah. Dengan begini maka flek hitam bekas jerawat akan dapat diatasi dengan lebih baik. Adapun untuk menggunakan bahan ini sebagai obat jerawat dapat anda simak dibawah ini. Yuk, simak beberapa halnya dibawah ini.

  • Siapkan satu buah bengkoang yang sudah dikupas secara merata. Lalu bersihkan dengan air bersih.
  • Parut bengkoang dengan menggunakan parutan yang steril. Lalu tampung dalam wadah.
  • Peras sari bengkoang dengan menggunakan kain bersih dengan serat yang terbuka.
  • Endapkan sari bengkoang selama semalaman. Lalu gunakan endapan ini untuk digunakan sebagai masker pada wajah anda.
  • Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

Gunakan Susu

Sama halnya seperti bengkoang, manfaat susu memang sudah sejak lama dipercaya sebagai bahan alami untuk kecantikan kulit. Hal ini pun banyak dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan ternama yang menggunakan manfaat susu untuk perawatan kecantikan.

Susu memiliki sifat melembabkan kulit karena kandungan lemak baik didalamnya. Kandungan protein yang melimpah pada susu pun akan baik anda gunakan sebagai bahan alami untuk menyamarkan flek hitam bekas jerawat. Nah, untuk menggunakan susu sebagai bahan alami penghilang flek hitam bekas jerawat. Anda bisa menyimaknya dibawah dibawah ini.

  • Sediakan kira-kira satu gelas susu murni. Lalu tambahkan dengan 2 sendok makan madu. Aduk-aduk semua bahan ini secara merata.
  • Setelah itu, gunakan bahan alami ini untuk dioleskan pada bagian wajah secara merata. Hanya saja, pastikan wajah anda dibersihkan terlebih dahulu.
  • Tunggu sekitar 30 menit secara merata agar manfaat susu dapat meresap kedalamnya dengan merata.
  • Bila sudah selesai, anda dapat membilas wajah anda dengan air bersih. Dan keringkan dengan handuk.

Gunakan Semangka

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam adalah semangka. Buah dengan kandungan air yang banyak ini akan dapat memberikan efek menenangkan untuk wajah anda.

Selain itu, buah semangka dapat meremajakan kulit dengan lebih baik. Dengan demikian, flek hitam bekas jerawat akan dapat disamarkan dengan lebih cepat. Adapun cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan buah semangka dapat dilakukan dengan cara:

Haluskan secukupnya buah semangka yang masih segar dengan menggunakan mesin blender.

  • Setelah itu, campurkan sedikit maduk kedalamnya. Lalu aduk-aduk semua bahan ini sampai agak mengental merata.
  • Setelah itu, oleskan bahan ini pada bagian wajah dengan diberikan pijatan yang lembut.
  • Diamkan selama beberapa saat sampai bahan ini meresap kedalam kulit.
  • Terakhir bilas wajah dengan air bersih secara merata. Lalu keringkan dengan menggunakan handuk bersih.

Itulah dia beberapa cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang dapat kami sampaikan kalin ini. Selain memanfaatkan beberapa hal diatas, penting sekali untuk anda melakukan pencegahan jerawat dengan baik. Pastikan bila setelah membilas muka untuk menghindari penggunaan handuk yang sembarangan.

Sebaliknya, gunakanlah handuk yang memang dikhususkan untuk membilas wajah. Handuk yang digunakan untuk sembarang mengelap anggota tubuh bisa menjadi media penyebaran bakteri dan membuat jerawat mudah menyerang bagian wajah.