10 Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Berlubang Dengan Bahan Alami

Diposting pada

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Berlubang – Bekas jerawat berlubang memang sangat mengganggu penampilan seseorang. Hal ini dikarenakan bopeng pada wajah memang sangat sulit untuk disembunyikan terlebih pada orang yang jarang memakai makeup. Tentu, diperlukan cara khusus untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang yang bisa Anda coba berikut ini!

Bagaimanapun juga, bopeng terlihat menjijikan karena akan tampak berlubang baik ukuran yang besar maupun kecil. Pada umumnya, bopeng ini merupakan bekas dari jerawat dengan ukuran tertentu akibat digaruk oleh tangan dan kuku bahkan dipencet dengan jari tangan. Inilah alasan mengapa jerawat yang sedang meradang pada wajah tidak boleh dipencet karena akan meninggalkan lubang yang besar. Jika sudah terjadi, maka akan sangat sulit bagi kita untuk menghilangkan bopeng tersebut.

Terlepas dari hal tersebut tentunya bopeng dapat dicegah dan juga diatasi dengan berbagai cara dan juga alternatif yang dapat dilakukan secara alami. Meskipun meberikan hasil optimal dalam waktu yang cukup lama, namun jika rutin dilakukan akan memberikan hasil yang sempurna. Disamping itu, bahan yang alami memang terkesan lebih aman dan murah dibandingkan dengan obat, krim wajah dan juag perawatan di klinik-klinik kecantikan. Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo Dengan Lidah Buaya Serta Fakta Uniknya

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Berlubang

cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang

Istilah bopeng memang sangat umum didengar, namun tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui akan definisi dari bopeng itu sendiri. Banyak orang yang mengistilahkannya dengan kata yang lebih mudah yakni bekas jerawat berlubang. Bopeng di sini dapat timbul jika kita kurang mengontrol diri untuk tidak memencet jerawat. Ketika jerawat yang sedang meradang dipencet dan belum matang sebelum waktunya. Kemungkinan besar wajah Anda nantinya akan meninggalkan bopeng.

Padahal sebenarnya jerawat yang sedang meradang akan kempes dan hilang dengan sendirinya dengan catatan Anda tidak boleh menyentuh jerawat tersebut baik hanya menyentuh bahkan sampai memencetnya. Jika Anda sering menyentuh dan bahkan memainkan jerawat tanpa sadar, maka nantinya jerawat tersebut akan meninggalkan bekas yang terbilang sulit untuk diatasi.

Jika Anda kebetulan memiliki bopeng bekas jerawat berlubang, tentu Anda jangan khawatir karena masih banyak cara dan juga alternatif yang bisa Anda lakukan. Namun, pastikan Anda untuk melakukan cara tersebut dengan rutin dan komitmen yang kuat. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang ingin memiliki wajah yang bagus, namun tidak dibarengi dengan usaha dan niat yang kuat sehingga impian tersebut hanyalah sia-sia. Lihat juga: 9 Cara Facial Ala Rumahan Dengan Bahan Alami Sebagai Cara Memutihkan Wajah

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang yang bisa Anda lakukan sekarang juga!

Madu dan Jeruk Nipis

Cara pertama yang dapat Anda lakukan ialah dengan menggunakan madu dan juga jeruk nipis. Jeruk nipis memang kerap kali digunakan sebagai bahan alami dalam perawatan wajah. Hal ini karena jeruk nipis mengandung vitamin dan juga antioksidan serta memiliki rasa yang asam sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam merawat wajah. Sedangkan madu mengandung pelembab alami yang dapat menetralisasi wajah yang kering. Sangat tepat jika menggabungkan kedua bahan ini untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang.

Cara yang dapat Anda lakukan tentu sangat mudah, diantaranya:

– Siapkan satu buah jeruk nipis dan madu secukupnya

– Potong jeruk nipis dan peras airnya, simpan pada wadah

– Campurkan madu tersebut dengan air perasan jeruk nipis tadi

– Oleskan pada wajah yang terdapat bopengnya dan tunggu hingga 30 menit sampai campuran tersebut meresap.

– Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal

Mentimun dan Buah Tomat

Kedua jenis sayuran ini memang dipercaya dapat menghilangkan bekas jerawat begitupula dengan bopeng bekas jerawat. Tomat dan juga mentimun mengandung vitamin C, B dan A serta mineral. Kandungan air yang terdapat di dalam kedua sayuran ini tentunya berperan penting sebagai penyejuk untuk wajah Anda. Jika kedua bahan ini dicampurkan, maka akan memiliki fungsi dalam merawat wajah.

Berikut ini cara untuk membuat ramuan dari kedua bahan ini sebagai penghilang bopeng bekas jerawat, diantaranya:

– Siapkan mentimun dan tomat secukupnya

– Haluskan kedua bahan ini sampai benar-benar halus

– Oleskan campuran bahan ini pada wajah yang terdapat bopeng bekas jerawat

– Diamkan ramuan tersebut hingga 25 menit atau sampai kering

– Setelah kering, bilas dengan menggunakan air bersih

– Lakukan cara ini secara rutin setidaknya 3 kali seminggu agar hasil yang Anda dapatkan optimal

Gel Lidah Buaya

Tanaman yang terkenal dengan istilah aloevera ini memang sudah tidak diabaikan lagi akan manfaat dan juga khasiatnya untuk perawatan wajah. Aloevera ialah salah satu jenis tanaman yang banyak memiliki manfaat. Selain untuk rambut, gel lidah buaya ini juga kerap digunakan untuk menghilangkah bekas jerawat baik flek ataupun bopeng. Dengan memberikan rasa dingin pada wajah tentu tidak akan ada pertimbangan lain bagi Anda untuk memilih lidah buaya.

Cara yang dilakukan cukup mudah, diantaranya:

– Siapkan lidah buaya secukupnya

– Buang kulitnya dan kumpulkan gelnya di dalam sebuah wadah

– Lumatkan hingga lembut

– Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya untuk membuka pori-pori wajah

– Diamkan hingga kering

– Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih

– Lakukan cara ini secara rutin karena sangat mudah untuk dilakukan

Nanas

Selain jeruk nipis, buah yang memiliki rasa asam yang dapat digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat ialah nanas. Buah ini mengandung senyawa yang dinamakan dengan bromelain yang dipercaya dapat mempercepat proses penyembuhan bekas luka begitupula dengan bekas jerawat. Selain itu, kandungan bromelain yang terdapat di dalam nanas dapat menjaga kekencangan kulit wajah serta mempercepat proses penyamaran bopeng di kulit wajah. Nanas juga mengandung vitamin C yang sangat tinggo yang dapat digunakan sebagai pencerah wajah sehingga bopeng dapat dengan mudah tersamarkan.

Cara berikut ini sangat mudah untuk menggunakan nanas sebagai bahan alami penghilang bopeng, diantaranya:

– Siapkan nanas secukupnya

– Haluskan nanas dengan menggunakan blender karena sangat sulit dihaluskan dengan menggunakan alat manual

– Oleskan nanas yang sudah halus pada wajah yang terdapat bopeng

– Diamkan hingga kering. Meskipun ada sensasi perih, namun ini berarti buah nanas seadng bekerja

– Setelah kering, segera bilas nanas tersebut dengan menggunakan air hingga bersih.

Daun Sirih

Daun sirih tentunya memiliki kandungan antioksidan yangs angat tinggi serta senyawa flavonoid dan polifenol. Senyawa ini tentunya bisa mencegah peradangan jerawat yang dapat menyebabkan bopeng. Vitamin C yang terdapat di dalam sirih tentunya memiliki kemampuan dalam mencerahkan kulit wajah serta menyamarkan bopeng bekas jerawat. Daun sirih juga tentunya mengandung zat astrigent yang dapat mengusir kotoran dan juga minyak berlebih. Daun sirih tentunya dapat memicu pengelupasan sel-sel kulit mati yang ada di dalam wajah. Dengan begitu  bopeng bekas jerawat Anda akan tersamarkan dengan mudah.

Cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

– Siapkan 3 helai daun sirih, lalu haluskan daun sirih yang sudah dicuci dengan cara ditumbuk.

– Setelah halus, oleskan daun sirih tersebut pada area kulit wajah Anda yang terdapat bopeng bekas jerawatnya

– Biarkan daun sirih tersebut hingga kering sekitar 15-20 menit

– Setelah kering, bilas dengan menggunakan air hingga bersih

– Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu

Abu Lidi Aren

Selain bahan alami dalam kategori sayuran dan juga buah-buahan, ada juga beberapa alternatif lain yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat yakni dengan abu lidi aren. Lidi aren ini ialah salah satu batang ruas yang terdapat pada bagian daun aren yang biasa digunakan untuk sapu lidi. Ternyata, abu dari lidi aren ini memiliki khasiat yang tidak dapat diragukan lagi sebagai penghilang bopeng pada wajah. Cara yang dapat Anda lakukan tentu sangat mudah, diantaranya;

– Siapkan setidaknya 4 batang lidi aren yang sudah dipisahkan dari daunnya

– Keringkan lidi atau Anda bisa membeli lidi aren yang sudah jadi yang ada di toko-toko peralatan rumah tangga. Namun tentu, untuk hasil yang maksimal, Anda harus menggunakan lidi aren yang masih segar dan diperoses sendiri

– Bakar lidi aren tersebut hingga menghasilkan abu pembakaran

– Oleskan abu lidi aren tersebut pada wajah yang terdapat bekas jerawat dan bopengnya

– Diamkan hingga kulit wajah terasa perih dan juga mengeluarkan minyak

– Jika sudah banyak mengeluarkan minyak, basahi dengan air hangat untuk menetralisir minyak, kemudian dengan menggunakan air dingin

Proses pengeluaran minyak ini tentunya baik untuk dilakukan pada pagi dan juga malam hari ketika menjelang tidur. Cara ini patut untuk dicoba sebagai langkah untuk mengembalikan kelembapan kulit wajah agar tidak terlihat kusam.

Kacang Kedelai

Bahan alami selanjutnya yang bisa Anda gunakan ialah kacang kedelai. Tanaman ini termasuk pada tanaman polong-polongan yang banyak ditemukan di Asia Timur. Kacang kedelai ini juga banyak ditemukan pada produk olahan makanan seperti tempe, tahu dan kecap. Kacang kedelai ini kaya akan protein yang sangat baik untuk kesehatan. Tidak hanya kesehatan, kacang kedelai juga dipercaya ampuh dalam menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Cara yang dapat Anda lakukan cukup sederhana, diantaranya:

– Siapkan kacang kedelai secukupnya

– Rendam kacang kedelai selama beberapa menit atau sekitar 15 menit

– Haluskan kacang kedelai dengan menggunakan tumbuk atau ulekan

– Setelah halus, tambahkan air secukupnya sampai berbentuk pasta

– Oleskan tumbukan halus kacang kedelai ini pada wajah yang terdapat bopeng bekas jerawatnya

– Diamkan hingga beberapa menit atau sampai kering

– Setelah kering, bilas dengan menggunakan air hangat untuk membersihkan masker kacang kedelai tersebut

– Langkah terakhir, bilas dengan menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah

Jagung Muda

Mungkin banyak orang yang aneh dengan memasukkan jagung muda sebagai bahan alami untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang. Namun ternyata, di balik jagung muda tersebut tersimpan beberapa manfaat yang tentu tidak kalah dengan bahan yang lainnya. Di dalam jagung tentunya mengandung asam salisilat  yang sangat bermanfaat untuk memicu pengelupasan serta menumbuhkan kembalu sel-sel kulit yang baru. Jagung juga tinggi akan kandungan vitamin C karena berperan sebagai bleaching atau pemutih wajah. Kandungan vitamin A yang terdapat di dalam jagung sangat mudah untuk menjaga kekenyalan dan menyamarkan bopeng bekas jerawat.

Berikut ini cara yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan jagung sebagai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat, diantaranya:

– Siapkan jagung muda secukupnya

– Lalu, kelupas kulitnya dan cuci hingga bersih

– Lalu, parut jagung hingga lembut dan simpan pada wadah yang bersih

– Setelah jagung halus, tambahkan air sedikit hingga berbentuk pasta, namun terkadang jagung yang sudah dicuci akan terdapat air sehingga tidak perlu lagi menambahkan air

– Oleskan jagung yang sudah dihaluskan tadi pada wajah yang terdapat bopeng bekas jerawat – Diamkan hingga kering sekitar 20 menit

– Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hingga bersih

– Lakukan cara ini setidaknya 1 minggu sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal

Jus Lemon

Sudah tidak asing lagi jika jenis buah yang satu ini memang kerap digunakan sebagai perawatan wajah. Hal ini dikarenakan di dalam lemon terdapat beberapa kandungan yang berfungsi untuk menghilangkan flek, noda bahkan bopeng bekas jerawat. Tentu, saudah banyak orang yang membuktikan akan hal ini dimana menggunakan lemon sebagai bahan alami untuk menyamarkan bopeng bekas jerawat.

Cara yang dapat Anda lakukan sangatlah mudah, diantaranya:

– Siapkan lemon secukupnya

– Peras air lemon dan masukkan ke dalam blender

– Buatlah jus lemon, namun pastikan untuk membuat jus lemon yang kental dan tidak encer serta tidak perlu menambahkan air yang banyak

– Setelah itu, oleskan lemon pada bagian wajah yang terdapat bopeng bekas jerawatnya

– Gunakan lemon sebagai masker

– Diamkan hingga 15 menit atau sampai kering

– Bilas dengan menggunakan air bersih

– Anda dapat melakukannya secara rutin setidaknya 3-4 minggu sekali

Cuka Apel

Cuka apel memang terkenal akhir-akhir ini karena khasiatnya yang ampuh sebagai bahan untuk merawat wajah. Saat ini banyak sekali produk cuka apel yang beredar di pasaran.  Selain untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat, cuka apel juga kerap digunakan sebagai cara untuk mengecilkan pori-pori. Dalam menggunakan cuka apel tentunya wajah akan terasa perih dan juga terlihat merah, namun cuka apel tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Cara yang dapat Anda gunakan untuk menggunakan cuka apel yaitu sebagai berikut:

– Siapkan cuka apel

– Alangkah baiknya jika Anda menyimpan cuka apel pada botol spray agar mudah untuk digunakan

– Semprotkan cuka apel pada kapas atau bisa langsung pada wajah dan dapat digunakan sebagai toner setelah Anda mencuci muka

– Diamkan hingga beberapa saat, lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih

– Lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu

Kita semua tahu bahwa menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang memang sangat sulit. Hal ini dikarenakan proses pemulihan wajah yang berbekas pada jerawat akan sangat lama. Untuk itu, kita harus benar-benar rutin dan juga teratur untuk melakukan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang secara alami. Pastikan Anda untuk selalu memiliki niat yang kuat untuk memiliki wajah yang bersih, putih, mulus dan juga terawat. Demikianlah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat berlubang yang harus Anda lakukan sekarang. Selamat mencoba!