5+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Diposting pada

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis – Bekas jerawat yang kerap mengganggu penampilan seseorang tentunya harus diatasi sebaik mungkin. Hal ini dikarenakan bekas jerawat terbilang sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk itu, cobalah tips alami sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis seperti yang akan kami sajikan berikut ini!

Jika kita berbicara tentang jerawat tentunya akan terlintas di otak Anda sebagai sebuah teror yang kerap menyerang penampilan seseorang. Jerawat dan juga bekas jerawat memang menjadi salah satu masalah kulit wajah yang paling menyebalkan. Hal ini dikarenakan wajah berjerawat dapat membuat penampilan seseorang menjadi terganggu dan juga tidak memiliki rasa percaya diri yang cukup tinggi.

Tumbuhnya jerawat di wajah Anda tentunya dapat disebabkan oleh beberapa faktor baik internal maupun eksternal. Selain itu juga jerawat dapat timbul secara tiba-tiba tanpa kita mengetahui penyebabnya secara pasti. Bekas jerawat yang timbul dipermukaan wajah tentunya dapat membuat riasan kita menjadi tidak maksimal. Tidak dapat dipungkiri bahwa jerawat dapat menyerang segala lapisan usia terutama ketika memasuki usia puber. Tidak jarang saat remaja mengalami banyak jerawat, namun bekasnya tetap timbul hingga dewasa. Memang jerawat kerap meninggalkan bekas terutama jerawat batu karena bagaimana juga jerawat terjadi di dalam lapisan kulit.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis

cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis

Seperti yang kita tahu bahwa bekas jerawat memang sangat sulit untuk diatasi. Jerawat dan bekas jerawat memang termasuk ke dalam gangguan wajah yang sangat mengganggu dan bandel. Tidak sedikit orang yang kerap melakukan berbagai cara untuk menghilangkan jerawat meskipun harus memakan biaya yang cukup besar.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat. meskipun cara alami memang terbilang sulit dan juga lama utuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun tentunya cara ini sangat aman dan tidak berbahaya terlebih jika Anda melakukannya secara rutin. Maka tidak menutup kemungkinan bekas jerawat Anda dapat hilang dengan mudah.

Seperti yang akan kami sajikan dibawah ini mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis yang kerap dilakukan oleh banyak orang. Bagaimanapun juga jeruk nipis memang memiliki kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang dipercaya ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk itu kami sajikan beberapa tips dan juga cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis berikut ini! Baca juga: 7 Cara Memerahkan Bibir Dengan Campuran Jeruk Nipis & Bahan Alami Lainnya

Manfaat dan Kandungan Pada Jeruk Nipis

Sebelum kita membahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis. Alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengenai kandungan dan juga manfaat yang ada di dalam jeruk nipis. Buah yang sering digunakan untuk dijadikan bahan perawatan kulit wajah dan juga tubuh ini. Memang tidak dapat diabaikan akan manfaat dan khasiatnya dalam menjaga penampilan wajah. Selain itu, jeruk nipis juga dikategorikan sebagai bahan herbal yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Lantas, apa saja kandungan dan juga manfaat yang ada di dalam jeruk nipis. Yuk kita langsung simak saja penjelasan kami berikut ini!

– Jeruk nipis memang memiliki kandungan  vitamin C yang cukup tinggi. Khasiat yang dapat Anda dapatkan dari jeruk nipis ini tentunya dapat memicu produksi kolagen yang berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah Anda dengan tepat dan juga cepat. Jika digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, maka jeruk nipis ini dikenal ampuh dalam proses penyembuhan bekas jerawat yang ada di wajah Anda. Lihat juga: 10+ Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Yang Paling Mudah

– Jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta dapat membunuh berbagai macam kuman dan juga bakteri yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

– Jeruk nipis tentunya mengandung asam sitrat yang dapat menyingkirkan debu, kotoran ataupun minyak di dalam pori-pori kulit wajah yang menempel.

– Jeruk nipis juga memiliki zat astrigen yang memiliki manfaat untuk mengencangkan kulit secara keseluruhan serta dapat berperan dalam menghaluskan kulit wajah Anda.

– Kandungan vitamin C ini tentunya dapat memicu tumbuhnya sel-sel baru sehingga bekas jerawat dan sel kulit mati yang ada di dalam wajah dapat mengelupas secara alami.

– Jeruk memiliki zat pencerah alami yang dapat mempercepat penyembuhan bekas jerawat. Selain itu juga memiliki peran dalam menyamarkan bekas jerawat dan juga flek hitam di kulit wajah seketika.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Nipis

Setelah kita mengetahui kandungan dan juga manfaat yang ada di dalam jeruk nipis. Kita akan beranjak pada cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis. Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan jeruk nipis tentunya Anda dapat membuatnya dengan mudah serta dapat mencampurnya dengan bahan alami lainnya. berikut kami sajikan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis, diantaranya:

Masker jeruk nipis

Cara pertama yang dapat Anda lakukan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis ialah mengolahnya menjadi masker. Bagaimanapun juga, masker dikenal sebagai cara yang paling ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Hal ini dikarenakan masker jeruk nipis lebih efektif karena kandungan jeruk nipisnya dapat menyerap ke dalam pori-pori kulit. Cara dalam membuat masker jeruk nipis terbilang cukup mudah yakni dengan melakukan langkah sebagai berikut:

– Siapkan jeruk nipis 1-2 buah, kemudian belah menjadi dua bagian.

– Siapkan pula air bersih secukupnya untuk mencampurnya dengan jeruk nipis

– Setelah itu, peras jeruk nipis ke dalam air bersih tersebut hingga merata

– Kemudian aduk hingga tercampur antara jeruk nipis denngan air.

– Lalu, oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke area bekas jerawat yang ada pada wajah dengan menggunakan telunjuk ataupun cotton bud.

– Biarkan masker jeruk nipis menyerap ke dalam permukaan kulit wajah dan biarkan selama 30 menit untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

– Setelah kering, Anda bisa membersihkan sisa-sisa masker jeruk nipis tersebut dengan menggunakan air bersih.

– Lakukanlah tips dan juga cara ini setidaknya satu kali sehari atau tiga kali dalam seminggu.

Perlu Anda ingat bahwa Anda tidak dianjurkan untuk meneteskan langsung perasan jeruk nipis pada area kulit yang akan berpotensi mengalami iritasi yang nantinya akan menimbulkan efek perih di wajah Anda.

Jeruk Nipis dan Madu

Selain dibuat masker, jeruk nipis juga bisa dicampurkan dengan madu. Seperti yang kita tahu bahwa madu mengandung pelembab alami yang kerap digunakan sebagai bahan alami untuk merawat wajah dan juga tubuh. Tentunya, tidak dapat dipungkiri lagi akan khasiat dan juga manfaat madu baik bagi kesehatan maupun kecantikan, terlebih jika dicampurkan dengan jeruk nipis.

Madu mengandung antioksidan alami yang tentu dapat berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak dengan cepat. Madu juga dipercaya sebagai bahan alami untuk mempercepat proses penghilangan bekas jerawat pada kulit wajah Anda. Selain itu, madu juga menjadi salah satu bahan yang memicu produksi hidrogen peroksida yang memiliki manfaat untuk membunuh kuman dan juga bakteri yang ada pada jerawat sehingga dapat mempercepat proses penyemaran bekas jerawat pada kulit wajah Anda.

Cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis dan juga madu, diantaranya:

– Siapkan satu buah jeruk nipis dan juga madu murni secukupnya.

– Lalu, peras jeruk nipis dan campurkan pada madu murni. Aduk campuran tersebut secara merata.

– Setelah itu, Anda dapat mengoleskan campuran madu dan juga jeruk nipis kepada area kulit wajah yang ada bekas jerawatnya bisa dengan menggunakan telunjuk ataupun cotton bud.

– Biarkan jeruk nipis dan madu pada wajah, tunggu hingga kering sekitar 20 menit.

– Lalu, bilas dengan menggunakan air sampai bersih

– Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya Anda bisa melakukan cara ini paling tidak setiap 2-3 kali dalam seminggu dan harus rutin.

Jeruk Nipis dan Baking Soda

Selain madu, bahan yang kerap digunakan untuk membuat kue yakni baking soda. Bagaimanapun juga, baking soda memiliki kandungan yang hampir sama dengan putih telur yakni eksfoliate yang dapat mengusir debu, minyak berlebih, kotoran dan juga sel-sel kulit mati di dalam kulit Anda. Proses penyembuhan bekas jerawat tentunya dapat diatasi dengan baking soda. Selain itu, kandungan yang ada di dalam baking soda dapat memicu tumbuhnya kolagen. Seperti yang kita tahu bahwa kolagen memang memiliki fungsi untuk menghaluskan kulit wajah dan juga pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini tentunya bekas jerawat di dalam kulit dapat cepat menghilang dengan mudah dan juga cepat.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan juga baking soda, diantaranya:

– Siapkan jeruk nipis dan juga baking soda. Lalu, campurkan dengan perasan jeruk nipis ke dalam 2 sendok baking soda.

– Anda tentunya dapat mengoleskan jeruk nipis dan juga baking soda ke bagian area kulit yang terdapat bekas jerawatnya dengan menggunakan cotton bud atau jari telunjuk.

– Diamkan campuran jeruk nipis dan juga baking soda hingga mengering. Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

– Lakukan tips ini sebagai cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis dan baking soda setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Jeruk Nipis dan Putih Telur

Selain madu dan juga baking soda, tentunya putih telur juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bekas jerawat. Putih telur memang dikenal sebagai bahan alami untuk memiliki manfaat dan juga khasiat untuk menghilangkan komedo. Namun ternyata putih telur juga memiliki peranan yang cukup penting dalam menghilangkan bekas jerawat pada wajah.

Putih telur memiliki sifat eksfoliate yang tentu dapat mengusir berbagai macam sel kulit mati, debu dan juga kotoran penyebab jerawat pada wajah. Kandungan pada putih telur juga dapat menjadi sumber alami dari vitamin B yang tentu berfungsi untuk menjaga kesehatan sel kulit pada wajah serta dapat memperbaiki sel kulit yang rusak sehingga dapat cepat menghilang dari kulit wajah Anda. Selain itu, putih telur juga dapat menyerap minyak berlebih yang ada pada wajah sehingga dapat mencegah terjadinya jerawat yang semakin parah di kemudian hari akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak berlebih.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan jeruk nipis dan juga putih telur, diantaranya:

– Siapkan 1 buah jeruk nipis dan jug a1 butir telur.

– Pisahkan kuning dan juga putih telur pada wadah, sementara itu, peras jeruk nipis.

– Lalu, campurkan perasan jeruk nipis ke dalam wadah berisi putih telur.

– Setelah tercampur, oleskan campuran jeruk mipis dan juga putih telur tersebut ke dalam wajah yang terdapat bekas jerawatnya bisa dengan menggunakan telunjuk ataupun cotton bud.

– Biarkan campuran jeruk nipis dan juga putih telur semalaman agar tererap ke dalam kulit.

– Kemudian bilas dengan menggunakan air bersih di pagi harinya.

– Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan campuran jeruk nipis dan juga putih telur tersebut setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Jeruk Nipis dan Timun

Timun memang sudah terkenal sebagai bahan alami yang kerap digunakan untuk merawat wajah dan juga tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam timun terdapat kandungan vitamin E yang dapat membuat timun sehingga memiliki khasiat dalam mengatasi masalah jerawat di kulit wajah Anda. Timun juga memiliki antioksidan yang dapat mencegah peradangan yang terjadi akibat timbulnya jerawat serta daat membantyu proses penyembuhan bekas jerawat yang ada di kulit wajah Anda.

Selain kaya akan kandungan vitamin E, timun juga memiliki sifat astrigent yang dapat membunuh bakteri dan juga kuman penyebab jerawat. Tidak dapat dipungkiri bahwa jerawat dapat menimbulkan luka dan bekas jerawat nantinya. Cara yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan jeruk nipis dan juga timun, diantaranya:

– Siapkan jeruk nipis dan juga mentimun.

– Potong-potong mentimun hingga terbentuk irisan kecil.

– Lalu, blender mentimun sampai halus

– Campurkan jeruk nipis dan juga mentimun yang telah diblender, lalu aduk rata.

– Anda tentunya dapat mengoleskan campuran jeruk nipis dan juga mentimun ke dalam bekas jerawat dengan menggunakan jari telunjuk dan cotton bud.

– Biarkan campuran jeruk nipis dan juga mentimun kurang lebih 20 menit, lalu segera bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan dengan segera.

– Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda tentunya dapat menggunakan perasan jeruk nipis dan juga mentimun setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

Oleskan Daging Jeruk Nipis

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan bekas jerawat yaitu dengan mengoleskan daging buah jeruk nipis secara langsung ke wajah Anda. Cukup dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian oleskan daging buah jeruk nipis tersebut langsung ke wajah Anda. Cara ini tentunya menjadi cara yang paling mudah tanpa harus mengolah jeruk nipis terlebih dahulu.

Selain mudah, tentunya dengan langsung mengoleskan daging buah kepada wajah yang memiliki bekas jerawat. Tentunya, tidak menghilangkan kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis tersebut. Vitamin C tentunya dapat bekerja denagn sangat baik di kulit wajah Anda. Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan jenis kulit yang Anda miliki, apakah termasuk ke dalam jenis kulit yang sensitif ataukah tidak. Hal ini dikarenakan jika jeruk nipis langsung dioleskan pada kulit wajah yang sensitif. Maka akan berdampak iritasi, gatal-gatal, kulit wajah kemerahan serta rasa perih yang hebat. Anda tentunya dapat mencampurkannay dengan bahan-bahan lain seperti madu, mentimun dan putih telur yang memiliki sifat mendinginkan.

Demikianlah tips dan juga cara menghilangkan bekas jerawat dengan jeruk nipis yang bisa Anda lakukan sekarang juga. Selamat mencoba!