10+ Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu Secara Alami

Diposting pada

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu –  Banyak orang baik pria ataupun wanita yang mulai merasa putus asa dalam menghilangkan jerawat batu ataupun bekasnya. Namun, Anda tetap saja harus menghilangkan jerawat batu tersebut karena tentu saja akan mengurangi rasa percaya diri Anda. Berikut kami sajikan beberapa tips dan cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami yang terbilang ampuh.

Tentunya, Anda pasti merasa terganggu dengan timbulnya jerawat batu di wajah Anda. Bagaimanapun juga, jerawat batu memang terlihat sangat jelas dengan bentuk yang begitu besar. Faktanya, jerawat batu memang sangat berbeda dengan jenis jerawat lainnya dimana jerawat ini dapat dibilang sebagai jerawat yang cukup bandel untuk diatasi.

Perbedaan tersebut tentu dapat kita lihat dari bentuk dan juga ukurannya. Jerawat batu memiliki ukuran yang cuku besar dan juga bersifat keras dan juga bandel sehingga sangat sulit untuk diatasi terutama jika sudah menempel pada kulit. Memiliki ukuran yang cukup besar jika dibandingkan dengan ukuran pada umumnya sehingga jerawat batu sering disebut dengan Cystic Acne. Jerawat batu merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh terjadinya peradangan di dalam kulit sehingga memang sangat sulit untuk dihilangkan baik jerawatnya maupun bekas jerawatnya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu

cara menghilangkan bekas jerawat batu

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa jerawat batu bisa disebut sebagai jenis jerawat yang memiliki suatu zat yang tentu membuatnya sulit untuk dihilangkan terutama bekasnya. Hal ini tentu menjadi suatu masalah besar yang tidak bisa diabaikan bagi penderitanya. Selain menggangu kesehatan kulit, timbulnya jerawat batu dan juga bekasnya membuat penampilan seseorang menjadi tidak percaya diri.

Jerawat batu pada umumnya mulai menyerang ketika memasuki usia remaja dan juga dewasa. Hal ini dikarenakan pada rentang usia tersebut, manusia mengalami masa pubertas yang tidak dapat diabaikan. Jika kita tidak dapat merawat wajah dengan baik pada masa tersebut, maka dimungkinkan timbulnya jerawat batu pada wajah semakin besar.

Timbulnya jerawat batu pada wajah Anda janganlah diabaikan. Jika terjadi dalam skala yang cukup besar, maka akan menjadi permasalahan yang sangat serius. Kerusakan pada sel kulit wajah lebih parah yang diakibatkan oleh jerawat batu dapat mengakibatkan terjadinya conglobata yaitu suatu pembentukan abcessess yang bersarang di dalam kulit.

Jika timbulnya jerawat batu sudah mencapai skala yang besar, tentunya Anda harus mencari cara dan melakukan cara menghilangkan jerawat batu dan juga bekasnya dengan perawatan ekstra. Tidak sedikit orang yang sudah berhasil menghilangkan jerawat batu, namun harus diberikan PR yang cukup melelahkan ketika harus menghilangkan bekas jerawatnya.

Sebelum kita beranjak pada poin cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab timbulnya jerawat batu. Dengan demikian, kita sebisa mungkin mencegah timbulnya jerawat batu dengan mudah.

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu

cara menghilangkan bekas jerawat batu

Jerawat batu umumnya timbul dengan ukuran cukup besar yang mengandung nanah meradang dan juga melebar. Untuk itu Anda harus mencegah timbulnya jerawat batu dengan mengetahui penyebab-penyebabnya berikut ini:

1. Pertumbuhan Sel Kulit Abnormal

Penyebab timbulnya jerawat batu yang pertama dikarenakan tumbuhnya sel kulit abnormal. Pertumbuhan sel kulit yang tidak normal ini tentunya tidak bisa membantu meregenerasi kulit secara cepat seperti pada kulit normal sehingga sel kulit mati lebih lambat bergenerasi. Dengan begitu kulit memiliki respon yang berlebihan sehingga menyebabkan bekas jerawat sangat sulit untuk dihilangkan. Baca juga: 10+ Tips Mencegah Timbulnya Jerawat Secara Alami Yang Paling Aman

2. Sel Kulit Mati Berlebih

Jerawat batu juga dapat ditimbulkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati yang berlebihan sehingga cepat atau lambat dapat menyebabkan banyaknya bakteri yang disebut dengan Propionibacteria. Pada umumnya, penderita jerawat batu mempunyai kelenjar minyak yang sangat berlebih sehingga timbulnya jerawat batu yang mengandung nanah sangat cepat.

3. Faktor Keturunan

Timbulnya jerawat pada wajah seseorang tidak dapat dilepaskan dari faktor genetik atau keturunan. Jerawat batu yang timbul bisa saja disebabkan oleh genetik yang mengalir dari orangtuanya. Jika memang jerawat batu yang timbul dikarenakan faktor genetik, maka kemungkinan besar sangatlah sulit untuk dihilangkan.

4. Kelenjar Minyak Berlebih

Selain faktor genetik, biasanya, seseorang yang menderita jerawat memiliki kelenjar minyak berlebih pada kulit wajahnya. Jika Anda termasuk orang dengan produksi minyak berlebih pada wajah, maka sangatlah rentan mengalami timbulnya jerawat batu pada wajah Anda. Hal ini disebabkan kulit wajah tertutup oleh kelenjar minyak sehingga jika terus terjadi penumpukan, maka timbulnya jerawat batu sangatlah mudah.

5. Paparan Sinar Matahari Langsung

Jika Anda terbiasa membuat wajah Anda terpapar sinar matahari langsung, maka jangan kaget jika tiba-tiba jerawat batu atau jerawat jenis lainnya muncul di wajah Anda. Tentunya, terdapat sebagian orang yang memiliki jenis kulit yang sensitif sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat batu semakin cepat.

6. Penggunaan Kosmetik

Jangan abaikan akan penyebab timbulnya jerawat batu yang satu ini. Terkadang kita tidak menyadari bahwa permasalahan kulit yang timbul dikarenakan oleh penggunaan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit kita. Tentunya, jerawat batu sering muncul dikarenakan oleh sisa-sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dengan sempurna. Hal ini menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Tentunya, Anda harus selektif dalam memilih jenis kosmetik, jangan menggunakan makeup dengan berbahan minyak karena akan memperburuk kondisi wajah Anda.

7. Pengunaan Penutup Wajah Yang Terlalu ketat

Jika Anda diharuskan untuk melakukan aktifitas diluar ruangan, tentunya Anda akan memakai penutup wajah dan juga kepala. Namun, harus Anda tahu bahwa penutup kepala yang terlalu ketat dapat menimbulkan gosokan atau gesekan pada kulit wajah. Tidak menutup kemungkinan bahwa penutup wajah tersebut mengandung kotoran yang bersentuhan langsung dengan wajah Anda. Maka dari itu, penggunaan penutup wajah yang tidak terlalu ketat sangatlah dianjurkan.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Batu Secara Alami

cara menghilangkan bekas jerawat batu

Setelah kita mengetahui apa saja penyebab timbulnya jerawat batu, tentunya kita harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami pada wajah Anda. Kenapa kita memilih cara yang alami, hal ini dikarenakan bahwa bahan-bahan alami terbukti aman jika digunakan pada wajah.

Memang,  tidak bisa dipungkiri bahwa cara yang alami membutuhkan waktu yang lama dan juga menguras tenaga. Akan tetapi, jika kita rajin dan telaten, maka hasil yang kita inginkan pun dapat terwujud. Jika dibandingkan dengan cara yang modern, tidak sedikit orang yang justru mendapatkan hasil yang lebih memperburuk keadaan wajahnya. Untuk itu, berikut cara-cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami yang tentu saja bisa Anda lakukan di rumah.

Bawang Putih

Bahan alami yang satu ini tentu sangat mudah untuk kita dapatkan karena termasuk salah satu bumbu dapur yang selalu kita konsumsi setiap hari. Tentunya, Anda jangan mengabaikan akan khasiat si putih kecil ini karena pada bawang putih terdapat kandungan senyawa yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat batu. Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu dengan melakukan cara berikut ini:

  1. Siapkan minimal 3 siung bawah putih.
  2. Potong-potong atau tumbuk halus menjadi ukuran sangat kecil yang menyerupai pasta.
  3. Lalu, oleskan secara merata pada area wajah yang terdapat bekas jerawat batunya. Namun, bila dipotong, bisa dioleskan langsung pada area wajah yang berjerawat.
  4. Tunggu sampai permukaan basah pada wajah mengering, setelah itu basuh dengan menggunakan air hingga bersih.
  5. Setidaknya, lakukan tips ini secara rutin minimal 3 haru berturut-turut sampai bekas jerawat batu memudar bahkan menghilang.

Mentimun

Bahan alami yang kedua memang tidak bisa diabaikan lagi akan manfaat dan khasiatnya dalam merawat kulit wajah. Mentimun memiliki kandungan air yang dapat meregenerasi sel-sel kulit mati sehingga dapat membantu proses menghilangkan bekas jerawat batu. Terlebih lagi kandungan air pada mentimun dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan juga terasa lebih kencang. Mentimun dapat digunakan sebagai masker wajah dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan 1 batang mentimun, iris tipis atau sesuai kebutuhan.
  2. Lalu, tempelkan irisan mentimun tersebut pada area wajah terutama area wajah dengan bekas jerawat batu yang membandel.
  3. Diamkan mentimun minimal 20-30 menit sampai air pada mentimun tersebut dapat menyerap pada kulit wajah.
  4. Lepaskan irisan mentimun tersebut, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.
  5. Ulangi cara menghilangkan bekas jerawat batu ini secara rutin sampai bekas jerawat tersebut hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis memang selalu dimasukkan kedalam kategori bahan alami dalam merawat kulit wajah. Hal ini dikarenakan jeruk nipis mengandung senyawa yang bersifat antiseptik dan juga antibakteri yang dapat mencegah terjadinya peradangan akibat timbulnya jerawat batu. Kandungan tersebut tentu saja dapat membantu proses pemulihan pada bekas jerawat batu di wajah. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam cara menghilangkan bekas jerawat batu dengan jeruk nipis:

  1. Siapkan satu buah jeruk nipis, potong menjadi dua bagian.
  2. Oleskan satu potong jeruk nipis bagian dalam secara merata sambil dipijat-pijat pada kulit wajah terutama pada area yang terdapat bekas jerawat batunya.
  3. Diamkan minimal 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan tips dan cara menghilangkan bekas jerawat batu ini minimal 2 kali dalam seminggu.
  4. Hati-hati ketika menggunakan cairan jeruk nipis pada wajah, karena akan menimbulkan rasa perih. Namun, jangan khawatir karena jeruk nipis ini sedang bereaksi pada wajah Anda.

Lidah Buaya

cara menghilangkan bekas jerawat batu

Tanaman alami yang satu ini memiliki segudang manfaat yang tidak bisa diabaikan lagi akan khasiatnya dalam merawat wajah dan merawat rambut. Kandungan gel yang terdapat didalam daun memiliki khasiat untuk mengatasi bekas jerawat batu. Lidah buaya dipercaya mampu mengangkat penumpukan sel kulit mati sehingga lambat laun dapat menghilangkan bekas jerawat batu secara permanen. Cara menggunakan lidah buaya sebagai cara menghilangkan bekas jerawat batu bisa dengan melakukan langkah berikut, diantaranya:

  1. Siapkan satu batang daun lidah buaya, kemudian potong kulitnya yang tersisa hanya gel nya.
  2. Oleskan gel lidah buaya pada area wajah terutama yang terdapat bekas jerawat batunya.
  3. Diamkan gel tersebut sampai mengering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.
  4. Lakukan cara ini setiap pagi dan sore hari secara rutin demi mendapatkan hasil yang maksimal. Cepat atau lambat, bekas jerawat batu tersebut akan mengelupas tanpa tersisa.

Kentang

Bahan makanan yang berjenis umbi-umbian ini memang sangat mudah untuk kita dapatkan. Kentang selain mengandung karbohidrat yang berguna untuk kebutuhan harian kita, juga memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas jerawat. Kentang juga berfungsi untuk menghaluskan kulit wajah sehingga bekas jerawat dapat teratasi. Cara yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan kentang sebagai masker penghilang bekas jerawat batu, diantaranya:

  1. Siapkan kentang minimal dua buah, lalu kupas kulitnya dan potong-potong.
  2. Kemudian, haluskan dengan ditumbuk atau diblender menjadi halus berbentuk seperti pasta.
  3. Masker kentang tersebut kemudian dioleskan ke area wajah secara merata terutama pada bekas jerawat batu.
  4. Diamkan masker kentang tersebut selama 15-20 menit sampai mengering.
  5. Kemudian, bilas dengan menggunakan air bersih, disarankan menggunakan air hangat.
  6. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat batu ini secara rutin minimal dua kali dalam seminggu.

Tomat

Seperti yang kita tahu bahwa tomat mengandung vitamin C yang sangat diperlukan oleh tubuh. Tomat sebagai bahan alami tentu memiliki khasiat dalam mengangkat sel kulit dan juga mengangkat kotoran yang menumpuk pada kulit. Dengan menggunakan tomat sebagai masker alami dalam cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami memang tidak dapat kita abaikan. Tomat dapat membantu proses penyembuhan bekas jerawat batu meskipun yang sudah meradang. Berikut cara yang dapat Anda lakukan dalam menggunakan masker tomat, diantaranya;

  1. Siapkan satu buah tomat dan potong menjadi dua bagian
  2. Oleskan bagian dalam buah tomat tersebut pada wajah terutama area dengan bekas jerawat batu yang cukup parah.
  3. Diamkan minimal 15-20 menit, lalu bilas denganair bersih. Lakukan cara ini secara rutin demi mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Selain digunakan sebagai masker, tomat juga dapat dijadikan jus buah yang mengobati langsung dari dalam dengan cara berikut:

  1. Siapkan satu buah tomat segar
  2. Lalu, haluskan dengan ditumbuk atau diblender dengan menggunakan air secukupnya.
  3. Saring hasil blender dan tumbukan tadi sampai yang tersisa hanya airnya saja. Anda dapat menambahkan gula dan juga madu sebagai penambah cita rasa.

Madu

Sudah tidak dapat diragukan lagi akan khasiat dan juga manfaatnya dalam menjaga stamina tubuh dan juga kulit. Mengatasi bekas jerawat batu dengan madu bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Siapkan madu minimal satu sendok teh makan
  2. Kemudian, oleskan madu pada wajah secara merata terutama pada area bekas jerawat batu.
  3. Diamkan selama 15 menit atau sampi madu mengering. Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.
  4. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat batu ini setidaknya sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Gula

Bumbu dapur yang mempunyai rasa manis ini ternyata memiliki khasiat dalam cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami. Dengan menggunakan gula sebagai scrub, tentu Anda sudah dapat mengikis sel kulit mati terutama pada bekas jerawat batu. Berikut cara yang dapat Anda lakukan, diantaranya:

  1. Buatlah pasta dari satu sendok makan gula dengan mencampurkannya dengan satu sendok minyak zaitun.
  2. Oleskan pada wajah secara merata pada area bekas jerawat dan pijat minimal 3-5 menit.
  3. Kemudian, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Baking Soda

Selain gula, bahan dapur yang terbukti ampuh dalam menghilangkan bekas jerawat batu adalah baking soda. Baking soda yang dapat digunakan sebagai bahan kue tersebut terbukti dapat menghilangkan bekas jerawat batu secara alami. Anda dapat menggunakannya sebagai masker dengan melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan setengah sendok makan baking soda yang dicampurkan dengan garam dan air.
  2. Aduk hingga berbentuk pasta, lalu oleskan pada wajah secara merata pada area bekas jerawat batu.
  3. Diamkan masker tersebut selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air sampai bersih. Lakukan cara menghilangkan bekas jerawat batu ini secara rutin demi mendapatkan hasil yang optimal.

Jika dilakukan dengan rutin, cara menghilangkan bekas jerawat batu secara alami ini dapat memberikan hasil optimal yang Anda inginkan. Itulah beberapa tips dan cara yang dapat Anda lakukan. Jangan mudah menyerah jika hasil yang Anda inginkan belum sesuai dengan yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat!