Cara Mengatasi Wajah Kering Saat Bulan Puasa dengan Metode yang Sederhana

Diposting pada

Cara Mengatasi Wajah Kering Saat Bulan Puasa dengan Metode yang Sederhana – Salah satu permasalahan kecantikan yang umum dihadapi pada saat bulan puasa adalah masalah wajah kering. Hal ini wajar, mengingat pada saat bulan puasa asupan cairan seringkali lebih sedikit dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Belum lagi, udara yang kering dengan cuaca yang ekstrim seolah memperburuk kondisi yang satu ini. Namun tenang, berikut ini kami berikan cara mengatasi wajah kering saat bulan puasa.

Tak terasa, bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari. Ini artinya seluruh umat Muslim di dunia akan segera menjalankan ibadah puasa. Pada saat puasa, anda tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Dimana pada saat ini tubuh anda pun akan ikut menyesuaikan dengan siklus yang berubah.

Puasa seringkali menyebabkan masalah kulit kering dan kusam mudah terjadi. Hal ini pada umumnya lebih sering disebabkan karena kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Dimana kondisi ini akan dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi. Baca juga: Cara Merawat Wajah Kencang dan Awet Muda yang Praktis dan Ekonomis

Selain berdampak pada tubuh, masalah dehidrasi pun akan dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam. Bahkan untuk anda yang bekerja didalam ruangan berAC maka masalah ini akan lebih rentan anda hadapi. Namun tak perlu khawatir berikut ini cara mengatasi wajah kering saat bulan puasa yang dapat anda simak.

Cara Mengatasi Wajah Kering Saat Bulan Puasa dengan Metode yang Sederhana

Cara Mengatasi Wajah Kering Saat Bulan Puasa dengan Metode yang Sederhana

Menghadapi masalah wajah kering selama bulan puasa bukan hanya akan membuat anda merasa kurang percaya diri dengan kondisi ini. Namun hal ini pun akan pula berdampak pada kondisi yang tidak nyaman yang ditimbulkan dari keluhan ini.

Akan tetapi, selain menggunakan bantuan dokter untuk dapat mengatasi masalah wajah kering. Cara merawat wajah kali ini akan dapat anda simak dengan baik. Penasaran seperti apa? Mari kita simak cara mengatasi wajah kering selama bulan puasa dengan metode yang sederhana dibawah ini.

Cukupi Kebutuhan Mineral

Dehidrasi selama puasa tidak dapat dijadikan alasan untuk anda melewatkan ibadah wajib yang satu ini. Hal ini dikarenakan sebenarnya masalah dehidrasi akan dapat diatasi dengan baik dengan sendirinya. Dehidarasi adalah kondisi kesehatan yang terjadi sebab tubuh mengalami kurangnya asupan mineral dari air putih. Kondisi seperti ini biasanya akan menimbulkan gejala seperti pusing, lemas, dan bahkan menyebabkan diare.

Nah, selama puasa tentunya anda diberikan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan baik. Ada waktu berbuka dan sahur yang bisa anda lakukan untuk mengasup kebutuhan tubuh akan cairan dengan baik. Waktu ini dapat anda manfaatkan dengan baik sehingga tidak ada lagi alasan yang membuat anda melewatkan konsumsi cairan.

Asupan cairan yang terpenuhi dengan baik pun akan dapat mengatasi masalah wajah kering. Jadi demikian, pastikan anda mengasup tubuh anda dengan mineral air putih yang cukup dengan lebih baik.

Hindari Konsumsi Makanan Berminyak Terlalu Banyak

Makanan yang berminyak memang kentara dengan suasana puasa yang begitu khas. Tak heran bila banyak orang lebih senang mengkonsumsi makanan garing yang digoreng. Akan tetapi, tidak sebaiknya puasa anda dihiasi dengan makanan yang digoreng dengan minyak yang banyak setiap harinya.

Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng akan dapat menyebabkan masalah dehidrasi mudah terjadi. Asupan lemak yang ada pada makanan tersebut akan dapat menyerap cairan dari dalam tubuh dengan lebih banyak. Hal inilah yang akan cenderung membuat anda mudah merasa haus.

Kurangnya pasokkan cairan didalam tubuh akan tentu berpengaruh terhadap kesehatan kulit dan wajah anda. Wajar yang kering dan kusam bisa mungkin lebih buruk pengaruhnya. Oleh karenanya, kurangi konsumsi makanan yang digoreng selama bulan puasa untuk hindari masalah ini pada tubuh.

Asupi Kebutuhan Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting didalam tubuh yang akan dapat menjaga kesehatan kulit. Vitamin ini pun akan dapat mencegah anda dari kekeringan dan dehidrasi kulit agar tetap halus. Untuk itu, memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh akan menjadi hal penting untuk anda perhatikan dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi vitamin A dari makanan yang sehat seperti sayur dan buah.

Atau bila perlu asupi kebutuhan vitamin ini dari suplemen tambahan. Bahan ini akan dapat anda konsumsi pada saat berbuka atau sahur. Tentunya asupan vitamin A yang terjaga akan dapat menghindarkan anda dari masalah wajah kering selama bulan puasa.

Gunakan Pelembab Wajah

Menggunakan pelembab wajah akan dapat menjaga kulit wajah agar tetap sehat. Hal ini pun akan dapat menjaga anda dari masalah wajah kering dan kusam. Apalagi selama bulan puasa umumnya cahaya sinar matahari selalu terasa lebih terik dan panas. Masalah ini akan mungkin membuat kondisi kulit kering pada wajah menjadi lebih buruk.

Oleh karenanya, perhatikan kembali untuk tidak melewatkan penggunaan krim pelembab wajah dengan lebih baik. Bila perlu gunakan pelembab wajah dengan kandungan SPF yang tinggi agar kulit anda terlindungi dengan baik. Hanya saja, perhatikan penggunaan produk yang anda pilih. Sebaiknya gunakan produk yang cocok untuk jenis kulit anda.

Hindari Penggunaan Makeup Berlebihan

Menggunakan makeup memang bukan hal yang dilarang selama bulan puasa. Akan tetapi, kelembaban kulit pada saat puasa akan cenderung lebih sedikit dan berkurang. Hal ini terjadi karena kurangnya asupan cairan ditambah dengan cuaca terik yang dirasakan. Penggunaan makeup terutama dari bahan yang menggunakan formula air yang sedikit akan cenderung membuat kulit wajah menjadi lebih kering.

Pada gilirannya wajah anda akan Nampak lebih kusam dan menghilangkan kecantikan wajah. Adapun cara merawat wajah untuk kondisi seperti ini dapat anda lakukan dengan mengurangi penggunaan makeup yang berlebihan. Sebaliknya, menggunakan produk perawatan wajah dan cukup melapisinya dengan bedak akan dapat menghindarkan anda dari masalah wajah yang besar.

Perhatikan Perawatan Wajah Malam Hari

Selama puasa penting sekali untuk anda memperhatikan perawatan wajah pada saat malam hari dengan baik. Hal ini akan membantu anda terhindar dari masalah wajah kering dan kusam pada saat siang hari. Selain itu, perawatan wajah pada malam hari akan pula membantu proses regenerasi kulit berjalan dengan lebih cepat.

Dengan demikian, sel atau jaringan kulit wajah yang rusak akan dapat lebih cepat diperbaiki. Sehingga kulit wajah akan Nampak lebih segar dan lebih kenyal. Jadi demikian, selama bulan puasa baiknya tidak melewatkan perawatan wajah pada saat malam hari dengan lebih baik.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan dari pembahasan cara mengatasi wajah kering selama bulan puasa kali ini. Semoga ibadah puasa yang anda jalani akan dapat berjalan dengan lancar dan masalah wajah akan dapat dihindari dengan lebih baik.