Cara Mengatasi Retakan Bibir Selama Puasa Ramadhan

Diposting pada

Cara Mengatasi Retakan Bibir Selama Puasa Ramadhan – Masalah bibir selama bulan puasa memang menjadi permasalahan yang seolah tidak ada habisnya. Kurangnya asupan cairan kedalam tubuh, ditambah dengan cuaca panas yang begitu terik saat puasa. Memang menjadi salah satu penyebab masalah retakan bibir selama puasa Ramadhan. Namun tak perlu khawatir untuk mengatasi retakan bibir selama puasa Ramadhan mari simak informasinya dibawah ini.

Berpuasa selama kurang lebih 14 jam seringkali membuat asupan cairan kedalam tubuh menjadi terkendala. Apalagi untuk sebagian orang yang seringkali mengabaikan kesehatannya. Masalah seperti ini bisa mungkin semakin membuat kondisi kurangnya asupan cairan menjadi lebih buruk.

Tahukah anda, kurangnya asupan cairan kedalam tubuh akan dapat berdampak buruk. Salah satu dampaknya adalah untuk kecantikan bibir.

Masalah retakan pada bibir pada umumnya bukan hanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan. Namun penggunaan kosmetik dan gaya hidup pun ikut andil dalam menyumbang kondisi yang satu ini.

Lalu bagaimana cara mengatasi retakan bibir selama puasa Ramadhan untuk memerahkan bibir secara alami? Maka tak perlu khawatir kita simak informasinya dibawah ini. Baca juga: Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa, Berikut Kunci Kesehatannya

Cara Mengatasi Retakan Bibir Selama Puasa Ramadhan

Cara Mengatasi Retakan Bibir Selama Puasa Ramadhan

Kondisi retakan bibir yang dialami akan mungkin menimbulkan perasaan yang kurang nyaman. Selain menimbulkan rasa perih, hal ini pun bisa mengurangi anda untuk memerahkan bibir secara alami. Retakan pada bibir bisa mungkin membuat bibir anda menjadi menghitam. Oleh karenanya, cara memerahkan bibir seperti sediakala adalah dengan cara mengatasi retakan bibir tersebut.

Mari kita simak cara mengatasi retakan bibir selama puasa Ramadhan yang akan kami berikan kali ini. Penasaran seperti apa? Simak langsung informasi menariknya dibawah ini.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Ratakan atau bibir kering selama bulan puasa adalah hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, pada beberapa orang mereka bisa mengalami kondisi ini dengan gejala yang parah. Rasa perih yang menyakitkan bahwa bibir yang mudah terluka dan berdarah bisa mungkin dirasakan. Oleh karenanya, kondisi retakan pada bibir memang penting untuk dapat diatasi dengan baik.

Salah satu cara yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi retakan bibir selama puasa Ramadhan adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan. Saat buka dan sahur maka pastikan jika anda mendapatkan asupan cairan yang baik kedalam tubuh. Ketika asupan cairan terpenuhi maka masalah ini akan perlahan dapat diatasi.

Perhatikan Penggunaan Makeup Bibir

Kondisi retakan pada bibir bukan hanya disebabkan oleh kurangnya asupan cairan saja kedalam tubuh. Namun hal ini pun dapat terjadi sebab dari efek penggunaan makeup bibir anda. Ada cukup banyak jenis makeup bibir dengan formula yang kurang tepat yang mungkin tidak cocok untuk jenis kulit bibir anda.

Sehingga ketika dipaksa digunakan maka dampaknya adalah bibir yang kering, retakan bibir dan bibir yang menghitam. Nah, ketika menghadapi kondisi ini maka segera atasi masalah ini dengan menghentikan penggunaan kosmetik atau makeup bibir yang anda gunakan.

Hindari Bergunta-Ganti Produk Makeup Bibir

Terkadang sebagai seorang wanita kita akan senang sekali mengoleksi aneka jenis lipstick. Warna-warna yang menarik dari beberapa brand yang berbeda akan senantiasa menghiasi makeup box anda. Kapan saja anda pergi, anda akan bebas mengaplikasikan produk ini dimana saja dan kapan saja. Bahkan mungkin tidak sedikit orang yang tidak segan untuk mencampur dan menyatukan beberapa produk sekaligus untuk sekali pemakaian.

Akan tetapi, kondisi ini tentunya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan secara berulang-ulang. Meskipun lipstick dengan warna yang sama atau jenis lipstick yang serupa. Akan tetapi tetap saa, formula yang dibuat untuk setiap jenis dan brand lipstick mungkin berbeda-beda.

Mengkombinasikan satu pemakaian dari beberapa jenis dan produk yang sama bisa mungkin menimbulkan keluhan pada bibir anda. Diantaranya adalah masalah bibir yang panas, terbakar dan alhasil bibir yang hitam akan sangat sulit untuk dihindarkan.

Gunakan Lipbalm

Berbeda halnya dengan penggunaan lipstick, lipbalm adalah moisturizer yang akan dapat membantu melembabkan bibir dengan lebih mudah. Hal ini pun akan membantu masalah retakan pada bibir menjadi perlahan lebih baik. Hanya saja, untuk bulan puasa cuaca yang panas akan mungkin membuat anda membutuhkan lipbalm dengan kandungan moisturizer yang lebih banyak.

Untuk itulah, ketika siang hari bibir anda terasa kering atau perih. Maka segera aplikasikan lipbalm untuk dapat mengatasi kondisi ini dengan lebih baik dan lebih cepat menghilang. Apalagi saat ini lipbalm sudah banyak dijual di pasaran atau di toko kosmetik. Sehingga anda akan dapat dengan mudah menjumpai bahan yang satu ini dimana saja.

Manfaatkan Khasiat Es Batu Saat Buka dan Sahur

Cara alami lain yang akan dapat anda manfaatkan khasiatnya untuk mengatasi retakan bibir selama puasa adalah dengan es batu. Bahan yang satu ini memiliki khasiat dan manfaat untuk dapat melembabkan bibir yang kering. Hanya saja, untuk menghindari agar anda tidak batal saat menggunakan perawatan ini. Maka lakukan perawatan ini pada saat waktu berbuka atau pada saat sahur.

Caranya cukup dilakukan dengan menggunakan potongan es batu dan langsung aplikasikan pada bibir. Pelahan silahkan gosok-gosokan dan lakukan pemijatan secara merata. Hal ini akan perlahan mampu mengelupas sel kulit mati yang menyebabkan retakan pada bibir terjadi.

Perhatikan Asupan Makanan

Makanan dan gizi selama puasa menjadi hal penting yang harus senantiasa anda perhatikan dengan baik. Hal ini dikarenakan jadwal makan anda selama puasa, berbeda dengan waktu biasanya. Dimana anda akan dapat dengan mudah menyantap makanan kapan saja dan dimana saja.

Terbatasnya waktu makan ini bisa mungkin membuat asupan nutrisi kedalam tubuh menjadi terkendala. Oleh karenanya, manfaatkan waktu berbuka dan sahur dengan mengasup makanan sehat.

Ketika asupan makanan sehat kedalam tubuh terjaga dengan baik. Maka nutrisi dari makanan akan dapat membuat tubuh mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Sehingga masalah kesehatan dan keluhan akan dapat dihindari, termasuk terjadinya retakan pada bibir selama puasa Ramadhan.

Hindari Makanan Pedas, Beminyak dan Asam

Makanan pedas, beminyak dan asam memang menjadi pilihan yang sangat menggoda selama puasa. Tak jarang sebagian besar orang akan selalu menyertakan makanan gorengan dan makanan lainnya berasa pedas di meja makan saat buka. Namun beberapa jenis makanan ini hanya akan membahayakan kesehatan anda, termasuk menyebabkan masalah pencernaan.

Ketika pencernaan anda bermasalah maka dampaknya pun akan muncul pada bagian bibir. Termasuk dengan retakan bibir dan bibir kering serta pecah-pecah. Selain itu, jenis makanan ini pada umumnya akan membuat anda mudah merasa haus.

Hal ini dikarenakan jenis makanan ini mengkonsumsi lebih banyak cadaran mineral didalam tubuh. Untuknya, perhatikan kembali untuk menghindari makanan pedas, berminyak dan juga makanan asam selama bulan puasa.