9 Cara Facial Ala Rumahan Dengan Bahan Alami Sebagai Cara Memutihkan Wajah

Diposting pada

Cara Facial Ala Rumahan- Facial memang menjadi salah satu cara yang kerap dilakukan oleh banyak orang terutama wanita. Selain di salon, ternyata facial juag dapat dilakukan di rumah yang dilakukan oleh Anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Untuk itu kami sajikan beberapa langkah sebagai cara facial ala rumahan dengan bahan alami. Yuk kita langsung simak saja!

Mempunyai kulit wajah yang putih dan juga bersih memang menjadi salah satu impian bagi setiap orang. Tentunya, tidak semua orang bisa memiliki kulit yang cerah dan juga terhindar dari berbagai masalah kulit seperti komedo dan juga jerawat. Hal ini dikarenakan kondisi dari setiap orang berbeda-beda. Namun, banyak orang yang justru melakukan apapun demi mendapatkan kulit putih, bersih dan juga halus. Mulai dari perawatan di rumah, memakai krim siang dan juga malan bahkan melakukan perawatan di salon.

Saat ini sedang tren akan salah satu jenis perawatan yang ada di salon yang digadang-gadang sebagai cara yang paling ampuh untuk memiliki kulit yang putih dan juga sehat. Mungkin Anda sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata ‘facial’. Ya, salah satu teknik perawatan di salon ini memang menjadi salah satu pilihan terutama bagi wanita ketika melakukan perawatan wajah. Hal ini dikarenakan dengan teknik facial, maka kulit akan lebih putih dan ajuga terawat.

Sebagian besar wanita tentunya ingin melakukan facial di salon untuk mendapatkan kulit yang mereka inginkan. Namun, tentunya ia harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukan teknik tersebut. Untuk mensiasati hal tersebut tentunya diperlukan alternatif lain yang tentu tidak kalah efektifnya dengan facial yang ada di salon. Yuk kita langsung simak saja beberapa cara facial ala rumahan dengan bahan alami. Baca juga: Ketahui Khasiat & Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Minyak Zaitun

Cara Facial Ala Rumahan Dengan Bahan Alami

cara facial ala rumahan

Facial yang dilakukan di rumah memang tidak seperti teknik facial yang dilakukan di salon. Hal ini dikarenakan teknik facial di salon dilakukan oleh tenaga yangn sudah profesional dan juga menggunakan alat dan juga bahan yang modern. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tidak setiap orang bisa melakukan facial. Hal ini bisa disebabkan oleh waktu yang tidak cukup, biaya yang terbatas ataupun keraguan yang ada di dalam hati akan hasil dari facial yang dilakukan di salon.

Untuk memberikan solusi kepada mereka yang mengalami beberapa hal tersebut. Ternyata, ada teknik facial yang bisa dilakukan di rumah dengan menggunakan alat seadanya dan juga bahan alami serta skincare yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Meskipun memang facial di rumah tidak sebagus dengan facial yang dilakukan di salon. Namun, setidaknya Anda bisa melakukan facial sebagai langkah yang cukup aman untuk mendapatkan kulit yang putih dan juga bersih.

Tanpa perlu ribet dan tidak perlu menggunakan alat yang banyak serta modern, berikut kami sajikan beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan sebagai cara facial ala rumahan, diantaranya:

Lihat juga: 10+ Cara Menghilangkan Kulit Wajah Belang Secara Alami

Tahap 1 – Pembersihan Kulit Wajah

Cara pertama yang bisa Anda lakukan ketika hendak melakukan facial ala rumahan ialah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu. Apapun jenis perawatan pada wajah, namun langkah yang paling penting ialah dengan membersihkan wajah sebagai tahap yang paling utama dan tidak boleh dilupakan. Mencuci wajah tentunya sangat penting untuk memudahkan Anda membersihkan zat-zat, kotoran dan juga debu yang ada dan juga menumpuk pada wajah.

Tidak dapat dipungkiri jika wajah yang bersih sangat mudah menyerap vitamin dan juga zat lain yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit wajah Anda. Untuk melakukan facial ala rumahan pada wajah Anda, tentunya tidak diperlukan pembersih khusus. Tentunya, Anda bisa menggunakan pembersih yang biasa Anda gunakan sehari-hari. Pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang memang cocok dengan jenis kulit wajah. Jangan sampai Anda ingin menggunakan produk yang cukup mahal dan diduga bisa memberikan hasil yang maksimal. Akan tetapi, tidak cocok dengan kulit wajah Anda yang justru akan membuat wajah Anda menjadi bermasalah.

Tahap 2 – Pembersihan Sel Kulit Mati Dengan Teknik Scrubbing

Tahap kedua ini juga tidak kalah pentingnya dimana Anda harus melakukan teknik ini untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada kulit wajah Anda. Ketika Anda selesai membersihkan wajah Anda, tahap berikutnya ialah pembersihan sel kulit mati dengan teknik scrubbing. Teknik scrubbing ini memang kerap dilakukan untuk mengangkat sel kulit mati yang terlalu banyak dan menumpuk di wajah Anda.

Teknik scrubbing ini memiliki fungsi untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit bisa bernafas kembali dan beregenerasi dengan sangat baik. Dalam melakukan teknik ini tentunya Anda tidak perlu bingung, karena banyak produk dari face scrub yang bisa Anda beli atau bahkan sudah Anda gunakan. Namun, dalam memilih face scrub jangan sembarangan, pilihlah jenis face scrub yang memang cocok dengan kulit wajah Anda.

Namun, ada beberapa langkah aman yaitu dengam cara membuat scrub di rumah dengan menggunakan bahan alami. Hasil yang di dapat tentunya tidak kalah dengan face scrub yang banyak dipasaran. Beberapa scrub alami yang bisa Anda buat dirumah, diantaranya:

  1. Scrub gula dengan pembersih wajah yang biasa Anda gunakan. Cukup mencampurkan satu teh krim pembersih wajah dengan dua sendok teh gula dan oleskan campuran tersebut ke pada wajah secara merata.
  2. Scrub teh hijau, madu dan juga gula. Campurkan ketiga bahan tersebut dengan takaran secukupnya agar wajah terolesi dengan sempurna dan juga merata.
  3. Scrub minyak kelapa, lemon dan gula. Anda bisa menuangkan setengah gelas minyak kepala, tambahkan dua sendok makan gula dan satu sendok perasan lemon. Gunakan campuran ketiga bahan tersebut dan kemudian oleskan ke seluruh wajah secara merata.
  4. Scrub beras, madu dan lemon. Giling beras menjadi tepung dan masih sedikit kasar. Campurkan dengan madu hingga berbentuk pasta kental. Gunakan potongan lemon sebagai alat untuk menggosokkan scrub beras ke seluruh wajah atau Anda juga bisa dengan menggunakan tangan.
  5. Gula pasir, air mawar dan minyak zaitun. Caranya cukup mudah hanya dengan mencampurkan ketiga bahan tersebut, kemudian oleskan kepada wajah secara menyeluruh.

Tahap 3 – Penguapan Wajah

Teknik selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan uap wajah. Pada umumnya, teknik ini memang dilakukan di salon dengan menggunakan alat yang modern. Namun jika Anda melakukan facial di rumah, Anda tentunya bisa menguap wajah dengan menggunakan air panas. Cukup dengan mendidihkan air secukupnya, kemudian tuangkan ke dalam wadah anti panas. Kemudian, ambil handuk untuk menutupi wajah Anda dan juga kepala. Cara ini agar uap dari air panas tersebut tidak kemana-mana dan hanya terpapar kepada wajah Anda saja.

Langkah steaming ini tentunya dilakukan untuk membuka pori-pori kulit wajah sehingga memudahkan dalam mengeluarkan dan juga mencari komedo yang tersembunyi serta kotoran yang ada di dalam pori-pori kulit wajah. Dekatkan wajah dengan uap panas tadi sekitar 20 cm dan biarkan hingga 5-10 menit. Setelah itu, Anda bisa mengeringkan wajah secara perlahan dengan menggunakan tisu wajah kering ataupun dengan menggunakan handuk.

Tahap 4 – Mencari Komedo

Tahapan ini tentunya sering disebut sebagai tahapan yang paling seru dimana Anda harus mencari dan juga menghilangkan komedo yang menumpuk di dalam pori-pori kulit. Tahapan dari facial ini tentunya paling ditunggu-tunggu untuk mengeluarkan komedo yang bandel dan juga bersembunyi di balik kulit wajah Anda. Mencari dan juga menghilangkan komedo itu memang susah-susah gampang terlebih untuk sekitar dagu dan juga pipi. Sedangkan untuk sekitar hidung tentunya Anda bisa membeli produk ‘pore pack’ yang banyak beredar di pasaran.

Untuk daerah sekitar pipi dan juga dagu tentunya Anda bisa menggunakan alat khusus yang banyak dijual di toko kosmetik ataupun di tokok aksesoris. Alat dengan harga yang murah ini tentunya bisa digunakan untuk menghilangkan komedo secara cepat. Namun, tentunya Anda harus berhati-hati dalam menggunakan alat ini karena alat ini karena jika digunakan secara sembarangan akan menyebabkan kulit wajah menjadi terluka. Jika komedo sudah dikeluarkan dengan menggunakan aklat tersebut, langsung segera lap dengan tisu yang kering. Jangan biarkan komedo yang sudah berhasil di buang, tersimpan lama di permukaan kulit wajah karena akan menyebabkan bakteri dan juga kuman di dalam komedo tersebut tumbuh di dalam bagian wajah yang lain.

Tahap 5 – Mencuci Wajah

Setelah kita berhasil mengeluarkan komedo, tentunya wajah Anda akan kotor kembali. Sebelum ke tahap selanjutnya dalam home facial, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa-sisa komedo. Dalam membersihkan wajah ini, Anda tidak perlu menggunakan sabun pembersih, cukup dengan air bersih tentunya sudah bisa  meresap ke dalam kulit wajah untuk hidrasi.

Tahap 6 – Proses Masker Wajah

Jika Anda melakukan facial tentunya akan sangat kurnag jika jika tidak melakukan proses masker pada wajah. Setelah kita bersakit-sakit dalam tahapan menghilangkan komedo, tentunya inilah saatnya wajah untuk disegarkan dengan masker baik dengan menggunakan masker yang dijual dipasaran ataupun dengan menggunakan masker yang bisa dibuat di rumah. Dalam hal ini memang dilakukan untuk mendapatkan kandungan dari bahan yang digunakan di dalam masker tersebut.

Masker wajah tentunya memiliki fungsi dan juga manfaat yang cukup banyak dalam membuat kulit wajah menjadi cerah, kencang dan juga ternutrisi. Masker wajah yanng bisa Anda gunakan ini tentunya sudah banyak dan juga beredar dipasaran yang tersedia dalam berbagai macam produk dan juga merk yang siap pake. Jika Anda menggunakan masker wajah yang sudah Anda beli di supermarket. Oleskan masker wajah tersebut ke seluruh wajah dan leher Anda kecuali mata dan juga bibir. Untuk bagian mata Anda bisa menutupnya dengan menggunakan timun segar. Diamkan masker tersebut pada wajah selama 15-20 menit ataupun lebih agar dapat meresap ke dalam pori-pori wajah Anda. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Meskipun masker wajah banyak beredar di pasaran, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk membuat masker buatan Anda sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami diantaranya:

1. Masker dari alpukat

Masker yang satu ini memang menjadi pilihan yang paling tepat bagi kita. Buah alpukat memang kaya akan kandungan vitamin A yang tentu memiliki khasiat dalam membersihkan sel kulit wajah yang mati. Selain itu, buah alpukat juga mengandung asam amino yang bisa melindungi wajah dari sinar matahari. Cara yang dapat Anda lakukan cukup mudah, yaitu:

– Sediakan satu buah alpukat, kuning telur dan susu seperempat cangkir.

– Campurkan sampai merata, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker.

– Biarkan sampai kering hingga 15-20 menit

– Bilas dengan menggunakan air bersih.

2. Masker tomat

Tomat memiliki kandungan anti oksidan yang cukup tinggi sehingga memiliki sifat melawan radikal bebas. Buah tomat juga digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan jug awajah berjerawat. Cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat masker tomat,diantaranya:

– Ambil satu buah tomat, haluskan tomat

– Oleskan tomat yang telah dihaluskan tadi ke seluruh wajah Anda

– Biarkan sekitar 15-20 menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Masker dari lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki peran dalam mengatasi kulit wajah yang berminyak. Cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat masker lidah buaya, diantaranya:

– Sediakan lidah buaya dan madu

– Kupas lidah buaya dan ambil cairan lidah buaya tersebut

– Campurkan dengan madu

– Oleskan campuran madu dan juga lidah buaya ke seluruh wajah hingga merata

– Biarkan beberapa menit hingga meresap

– Kemudian, bilas dengan menggunakan air bersih.

4. Masker beras

Beras tentunya menjadi salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk masker. Beras memang memiliki manfaat karena memiliki kandungan asam ferullic dan juga allantoin yang tentunya berguna sebagai antioksidan alami pada kulit wajah. Cara yang dapat Anda lakukan ialah sebagai berikut:

– Sediakan beras putih dan juga madu

– Rendam beras minimal 2 jam untuk hasil yang terbaik bisa direndam semalaman.

– Tumbuk beras dengan sampai halus hingga kering

– Kemudian campurkan dua sendok tepung beras dengan dua sendok madu hingga tercampur rata

– Setelah tercampur, gunakan masker dengan mengoleskannya pada bagian wajah dan juga leher Anda.

– Tunggu hingga 25 menit dan setelah kering bilas dengan menggunakan air hingga bersih

– Gunakan masker beras alami ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tahap 7 – Penutupan Pori-Pori Wajah

Tentunya langkah ini jangan sampai Anda lupakan dimana pori-pori yang terbuka tadi tidak bisa menutup kembali bahkan menjadi lebih besar. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya setelah Anda menggunakan masker, inilah saatnya bagi Anda untuk menyegarkan wajah Anda. Cara yang dapat Anda lakukan untuk menutup pori-pori di kulit wajah tentunya bisa dengan menggunakan es batu. Cukup hanya 1 balok es batu saja, maka Anda sudah bisa menutup pori-pori wajah dengan sempurna. Oleskan es batu ke seluruh wajah sampai habis. Lalu, biarkan air menyerap dengan sendirinya ke dalam kulit tanpa perlu di lap dengan tisu. Air dingin ini tentunya tidak hanya memberikan kesegaran, namun juga memiliki peran dalam menutup pori-pori dan juga membuat kulit tetap terhidrasi.

Tahap 8 – Oleskan Serum & Pelembap Wajah

Ini tentunya menjadi tahap terakhir sebagai cara facial ala rumahan. Meksipun wajah Anda sudah segar, namun jangan lupa untuk mengoleskan serum dan juga pelembap wajah sebagai langkah terakhir. Bagaimanapun juga, serum dapat membuat wajah terhindar dari flek hitam dan juga noda hitam. Tentunya, jangan sampai Anda melupakan langkah yang satu ini.

Melakukan facial memang menjadi salah satu keinginan setiap wanita. Namun, karena terbatasnya budget dan juga waktu untuk melakukan facial menjadi alasan untuk melakukan facial di rumah. Itulah beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan sebagai cara facial ala rumahan dengan menggunakan bahan dan juga alat seadanya tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Selamat mencoba!