Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa, Berikut Kunci Kesehatannya

Diposting pada

Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa, Berikut Kunci Kesehatannya – Menjaga kecantikan wajah selama puasa tak cukup hanya dengan menerapkan makeup saja. Pada faktanya masalah pada bibir lebih sering dialami pada saat anda menjalankan ibadah puasa dibandingkan dengan masalah wajah lainnya. Bibir yang kering akan terasa kurang nyaman dan menyakitkan. Dibawah ini adalah tips agar bibir tetap lembab saat puasa yang penting untuk diketahui.

Selama puasa, ada banyak perubahan yang terjadi dengan rutinitas yang anda jalankan sehari-harinya. Secara otomatis hal ini pun akan menuntut tubuh untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi perubahan siklus yang dijalani pada masa ini. Menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam lamanya akan mungkin berpengaruh pada tubuh, termasuk dengan kecantikan.

Salah satunya permasalahan yang sering terjadi pada saat puasa adalah bibir yang kering dan pecah-pecah. Bukan hanya menyerang orang dewasa, anak-anak yang ikut puasa pun bisa mungkin mengalami kondisi ini. Bahkan seringnya kondisi bibir kering dialami selama puasa. Banyak orang menganggap bahwa bibir kering menjadi ciri seseorang berpuasa atau tidak. Baca juga: Cara Merawat Bibir Kering Saat Puasa yang Efektif dan Efisien

Nah, untuk membantu agar bibir tetap lembab selama puasa demi menjaga penampilan dan kesehatan. Maka tak perlu khawatir berikut ini kami berikan beberapa informasinya untuk anda.

Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa, Berikut Kunci Kesehatannya

Agar Bibir Tetap Lembab Saat Puasa, Berikut Kunci Kesehatannya

Bibir yang kering dan pecah-pecah selama puasa bukan hanya akan membuat anda kurang percaya diri dengan kondisi ini. Namun hal ini pun bisa menyebabkan rasa yang tidak nyaman dan bahkan pada gilirannya hal ini akan pula menyebabkan rasa sakit dan perih. Selain itu, bibir kusam akan nampak semakin memperburuk kondisi ini.

Nah, untuk memerahkan bibir kering dan pecah-pecah serta melembabkannya. Mari kita simak informasinya dibawah ini.

Hindari Makanan Pedas Selama Puasa

Cara memerahkan bibir dan melembabkannya selama puasa adalah dengan menghindari konsumsi makanan pedas. Meski memiliki cita rasa yang nikmat saat dikonsumsi pada waktu berbuka puas. Akan tetapi, makanan pedas bukanlah solusi yang baik dalam mengatasi bibir kering selama puasa.

Justru sebaliknya, asupan makanan seperti ini akan dapat membuat bibir kering dan masalah pencernaan selama puasa menjadi lebih buruk. Hal ini dikarenakan kandungan pedas pada makanan tersebut akan dapat merusak pencernaan. Ketika pencernaan anda terganggu, bibir kering bisa menjadi salah satu gejala yang tidak nyaman dirasakan.

Oleh karenanya, kurangi konsumsi makanan pedas selama bulan puasa. Cobalah beralih pada jenis makanan yang lebih baik dan lebih sehat. Hal ini akan membantu anda untuk tetap dapat menjalankan ibadah puasa yang lancar dan lebih sehat.

Hindari Terlalu Banyak Makanan Asin

Selain makanan dengan cita rasa pedas yang nikmat dikonsumsi selama puasa. Makanan lain yang tak kalah nikmat pun adalah makanan dengan kandungan garam yang banyak. Salah satunya adalah cemilan asin pedas yang menjadi primadona hidangan makanan saat puasa yang selalu banyak diserbu orang.

Namun konsumsi makanan asin selama bulan puasa adalah ide yang kurang baik untuk dilakukan. Hal ini bukan hanya akan membuat anda merasa kurang nyaman. Akan tetapi, kandungan asin yang terlalu banyak akan dapat menyerap pasokan mineral dalam tubuh. Hal ini pun akan dapat membuat anda lebih rentan dengan yang namanya dehidrasi.

Dengan demikian, masalah bibir kering dan pecah-pecah pun akan menjadi kondisi lanjutan dari masalah ini. Oleh karenanya, hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berasa asin pada saat berbuka dan sahur. Akan lebih baik bila anda mengurangi kandungan garam dalam tubuh demi menjaga kesehatan anda.

Gunakan Scrub Bibir

Masalah bibir kering memang menjadi permasalahan yang umum dihadapi pada saat bulan puasa. Sayangnya, kondisi ini akan mungkin menjadi hal yang mengganggu dan dapat menyebabkan kondisi yang tidak nyaman pada saat dirasakan. Belum lagi pada beberapa kondisi tertentu masalah ini akan dapat membuat anda merasa perih saat bibir kering sudah masuk tahapan pengelupasan.

Nah, untuk mengatasi masalah ini anda akan dapat mengobatinya dengan menggunakan scrub bibir. Ada bahan alami yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah ini dengan baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan madu dengan gula pasir. Hanya saja, demi menjaga agar anda tidak membatalkan puasa anda saat melakukan perawatan ini. Maka sebaiknya lakukan perawatan ini pada saat berbuka puasa saja.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Bibir kering yang pecah-pecah bisa diakibatkan karena pencernaan anda mengalami masalah. Dimana kondisi ini menjadi hal yang umum terjadi pada saat bulan puasa. Akan tetapi, masalah gangguan pencernaan umumnya akan dapat anda atasi dengan lebih baik dan lebih mudah. Caranya dengan mengasup kebutuhan nutrisi dalam tubuh dengan makanan sehat.

Sayur dan buah akan menjadi pilihan makanan yang bijak dalam hal ini. Hal ini dikarenakan sayur dan buah memiliki kandungan serat yang banyak. Dimana zat ini akan dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dengan lebih baik.

Oleh karenanya, selama puasa jangan lupakan hidangan sayur dan buah untuk anda masukkan dalam menu makanan anda setiap berbuka dan sahur. Dengan begini maka puasa yang anda jalankan akan terasa lebih sehat karena menu yang anda konsumsi adalah makanan yang aman.

Gunakan Masker Timun

Selain melakukan beberapa hal diatas, hal lain yang akan dapat anda upayakan agar bibir tetap lembab saat puasa adalah dengan menggunakan timun. Bahan ini tentu akan bisa anda dapatkan dengan lebih mudah. Timun memiliki zat alami yang akan dapat memberikan anda perasaan lebih tenang. Hal ini dikarenakan zat air dalam timun yang banyak akan dapat membantu melembabkan bibir secara alami.

Adapun cara yang dapat anda lakukan untuk menggunakan timun sebagai pelembab bibir adalah dengan memotongnya. Setelah itu, silahkan aplikasikan secara langsung bahan ini pada bagian ini. Oleskan dan lakukan dengan merata, tunggu selama beberapa saat. Dan lakukan perawatan ini dengan rutin baik pada saat berbuka ataupun saat sahur.

Minum Air Putih

Salah satu penyebab bibir yang rentan kehilangan kelembabannya selama puasa adalah kurangnya asupan cairan kedalam tubuh. Selain itu, bibir adalah salah satu bagian tubuh yang tidak memproduksi kelenjar keringat sendiri. Sehingga demikian, masalah sedikit saja akan cukup fatal dampaknya untuk bibir anda. Termasuk dengan kurangnya asupan cairan kedalam tubuh dengan baik.

Untuk itulah, agar bibir tetap lembab saat puasa maka perhatikan asupan cairan anda kedalam tubuh. Penuhi kebutuhan cairan sebanyak 8 gelas atau dengan takaran yang dianjurkan. Agar bibir tetap lembab saat puasa pun anda perlu untuk menjaga kesehatan dengan baik.

Itulah dia beberapa tips agar bibir tetap lembab saat puasa dengan metode yang sederhana. Semoga bermanfaat dan akan dapat membantu anda mengatasi masalah bibir kering selama puasa.