3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gunakan Cuka Apel Untuk Obat Jerawat

Diposting pada

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gunakan Cuka Apel Untuk Obat Jerawat – Merawat kulit menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur seperti cuka apel. Belakangan menjadi sebuah hal yang lazim dilakukan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cuka apel untuk obat jerawat. Dibawah ini adalah beberapa halnya.

Meski tergolong kedalam bahan masakan yang jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun di beberapa negara luar, cuka apel menjadi bahan yang selalu hadir menemani rak dapur.

Konon katanya, cuka apel dianggap ampuh mengobati jerawat dengan cepat. Banyak pula beauty influencer yang menganjurkan penggunaan bahan yang satu ini. Namun apakah benar aman?

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gunakan Cuka Apel Untuk Obat Jerawat

Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik sebelum memutuskan menggunakan cuka apel sebagai obat jerawat.

Terdapat Beberapa Jenis Cuka Apel

Jangan asal memilih dan menggunakan cuka apel sebagai obat jerawat. Sebab pada faktanya, cuka apel sendiri punya beberapa jenis. Mulai dari jenis yang unfiltered, filtered, raw, unpasteurized dan ada juga yang organis.

Nah, bila anda berencana menggunakan bahan ini sebagai obat jerawat. Sebaiknya pilihlah jenis yang raw atau unfiltered. Atau bila memungkinkan pilihlah yang organic. Sebab jenis ini dikenal punya bakteri baik dan enzim untuk memerangi jerawat.

Memiliki Fungsi Antibakteri yang Diyakini Ampuh Mengatasi Jerawat

Sebenarnya belum ada sebuah studi yang secara signifikan memvalidasi bahwa cuka apel memang benar-benar bermanfaat untuk jerawat. Meskipun begitu, terdapat beberapa studi yang menjelaskan bahwa terdapat kandungan antibakteri dan antifungal yang amat kuat dan efektif yang terkandung dalam cuka apel.

Hal inilah yang disebut-sebut ampuh dan baik dalam mengatasi jerawat. Akan tetapi sebagaimana disebutkan diatas bahwa tentunya penggunaan cuka apel tidak bisa dipilih dan digunakan dengan sembarangan.

Harus Diencerkan Terlebih Dahulu

Selain memperhatikan jenis cuka apel yang tepat. Hal lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan dengan baik adalah penggunaannya. Hal ini dikarenakan bahan cuka apel yang akan digunakan pada kulit perlu diencerkan terlebih dahulu sebelum digunakan secara langsung. Bahkan meski cuka apel akan digunakan sebagai toner. Hal semacam ini penting untuk diperhatikan dengan baik.

Karena cuka apel memiliki kandungan dan sifat asam yang amat tinggi. Sehingga ketika anda menggunakannya secara langsung tanpa diberikan bahan campuran untuk mengencerkan. Maka hal ini akan mungkin mengundang rasa panas seperti terbakar pada wajah.

Nah, itulah dia beberapa hal yang penting untuk diperhatikan sebelum menggunakan cuka apel untuk perawatan wajah, termasuk dengan mengobati jerawat. Pada dasarnya, cuka apel meski belum ada studi jelas yang memvalidasi secara resmi manfaat dari bahan ini untuk kulit. Akan tetapi, kandungan antibakteri dan antifungal didalamnya memang mampu mengatasi permasalahan jerawat pada wajah.